Comscore Tracker

Mobil Sering Parkir di Luar? Lakukan 3 Hal Ini Biar Catnya Gak Kusam

Karena mobil itu mencerminkan kepribadianmu, lho!

Jakarta, IDN Times – Kalau kamu punya mobil, idelnya kamu juga punya garasi. Sehingga kamu gak perlu memarkir mobilmu di pinggir jalan. Sebab, selain mengambil hak pengguna jalan lain, memarkir mobil di pinggir jalan juga bisa berimbas buruk terhadap mobilmu, lho!

Pertama, mobilmu bisa jadi korban tangan jahil pengguna jalan. Kedua, rawan dicuri. Ketiga, kalau terlalu sering pakir di tempat terbuka seperti di pinggir jalan, cat mobilmu pun pasti bakal cepat kusam. 

Tapi, karena beberapa hal, ada kalanya kita terpaksa memarkir mobil di pinggir jalan atau tempat terbuka. Nah kalau kamu mengalami hal ini, lakukan tiga hal ini agar mobilmu tetap kinclong dan keren:

1. Parkir di ruang terbuka bikin mobil cepat kusam

Mobil Sering Parkir di Luar? Lakukan 3 Hal Ini Biar Catnya Gak KusamUnsplash/ Jeff Qian

Mobil yang sering terpapar langsung sinar matahari pasti akan lebih cepat kusam dibandingkan mobil yang dipakir di tempat tertutup. Sebab paparan sinar matahari yang panas, kotoran, dan embun, bahkan air hujan akan memengaruhi kualitas cat mobil.

Karena itu sangat penting menutupi mobil dengan cover atau selimut. Cover mobil bisa mencegah cat mobil terpapar langsung sinar matahari. Oya, sinar matahari selain bisa membuat cat mobil menjadi kusam, juga bisa membuat karet-karet mobilmu menjadi getas, lho.

Baca Juga: Rupiah Terus Melemah, Ini Daftar Mobil Bekas Kurang dari Rp 100 Juta

2. Mencuci mobil pakai air saja

Mobil Sering Parkir di Luar? Lakukan 3 Hal Ini Biar Catnya Gak KusamUnsplash/Christian Wiediger

Kalau mobilmu selalu pakir di ruang terbuka, idealnya mobil itu harus dicuci setiap hari. Namun mencucinya tanpa menggunakan sampo mobil, melainkan cukup dengan air saja. Mencuci menggunakan air bisa membersihkan sisa-sisa embun yang menempel pada bodi mobil.

3. Jangan terlalu sering menggunakan sampo

Mobil Sering Parkir di Luar? Lakukan 3 Hal Ini Biar Catnya Gak KusamUnsplash/NeONBRAND

Ternyata terlalu sering mencuci mobil dengan sampo mobil juga tidak baik, lho. Karena tidak semua jenis sampo memiliki kadar keasaman yang sesuai dengan karakter cat mobil. 

Idealnya mencuci mobil dengan shampoo dilakukan seminggu sekali saja. Tapi akan lebih ideal lagi jika mobilmu di pakir di garasi. Sebab, masa bisa beli mobil tapi gak bisa bikin garasi?

Baca Juga: Ini Daftar Mobil yang Desainnya Mirip Mitsubishi Xpander

Topic:

  • Angela Monica
  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya