Comscore Tracker

5 Fakta Ferrari Roma 2021, Terkecil Tapi Paling Canggih? 

Yakin masih mau lirik Ferrari lama?

Masih di kuartal pertama tahun 2021, Ferrari S.P.A. tidak hanya memperkenalkan SF90 Stradale dalam jajaran supercar buatan mereka, namun juga Ferrari Roma yang menjadi model sepenuhnya baru dari sebuah Ferrari.

Diambil dari nama sebuah kota bersejarah di Italia, Ferrari Roma mengusung konsep yang berbeda dari banyak jajaran mobil Ferrari. Jika orientasi mobil Ferrari adalah supercar dengan mesin buas dan dimensi besar, Roma justru hadir dengan desain mobil yang lebih sederhana, compact, namun tetap modern.

Lalu apa sajakah yang menarik dari Ferrari Roma 2021? Model Ferrari terkecil yang katanya juga tercanggih. Lihat daftarnya di bawah ini!

1. Mesin bertenaga, serupa dengan Ferrari SF90 Stradale 

5 Fakta Ferrari Roma 2021, Terkecil Tapi Paling Canggih? Di dalam kap mesin yang panjang Ferrari Roma, terdapat mesin V8 3.900 liter turbocharged (topgear.com)

Di dalam kap mesin yang panjang Ferrari Roma, terdapat mesin V8 3.900 liter turbocharged yang ditempatkan hampir ke tengah bagian mobil. Mesin buas khas Ferrari ini mampu menghasilkan tenaga hingga 612 hp dan torsi 561lb-ft yang mampu mendorong Ferrari Roma dari 0-100 km/h hanya dalam 3,2 detik saja. Hadir dengan transmisi otomatis kopling ganda delapan kecepatan dan sudah lebih dulu diaplikasikan Ferrari pada SF90 Stradale.

2. Super kencang tapi hemat bahan bakar

5 Fakta Ferrari Roma 2021, Terkecil Tapi Paling Canggih? Ferrari super kencang tapi hemat bahan bakar (autoblog.com)

Kombinasi mesin bertenaga dengan dimensi bodi yang lebih compact, jelas akan membuat mobil lebih efisien dalam pengolahan bahan bakarnya. EPA atau Environmental Protection Agency memperkirakan konsumsi bahan bakar Ferrari Roma 2021 mencapai 8-10 km/l bukan yang terhemat memang, namun untuk sebuah Ferrari hal ini sangat menguntungkan.

Baca Juga: Yuk Intip Garasi Bintang-bintang BTS, Ada Ferrari hingga Porsche 

3. Bukan 2 seater! Tapi 2+2 yang ramah keluarga

5 Fakta Ferrari Roma 2021, Terkecil Tapi Paling Canggih? 2+2 setaer yang ramah keluarga (autodius.com)

Inilah bagian yang menarik, dari semua jajaran supercar Ferrari hanya Roma yang berkonsep fastback. Mobil dengan konsep ini berciri panjang pada bagian depan dan melengkung di bagian belakang, sehingga tersedia cukup ruang yang tersisa di bagian kabin.

Karena konsep fastback ini pula Ferrari Roma mampu menampung hingga empat penumpang, di antaranya dua penumpang dewasa dan dua penumpang anak di bawah tujuh tahun.

Pada bagian kabin, didominasi material kulit yang dibalut faux-suede dengan desain dashboard mengambang yang kontras dengan kebanyakan model Ferrari sebelumnya.

4. Teknologi terbaru dalam sebuah Ferrari

5 Fakta Ferrari Roma 2021, Terkecil Tapi Paling Canggih? Ferrari Roma dilengkapi dengan banyak fitur entertaiment dan konektivitas lebih lengkap dibandingkan model Ferrari lainnya (carindigo.com)

Ferrari Roma menjadi penanda revolusi dari sebuah Ferrari. Mengganti panel instrumen biasa dengan layar lengkung 16 inci yang sudah lebih dari cukup untuk mengakomodasi semua informasi berkendara.

Ferrari Roma dilengkapi dengan banyak fitur entertaiment dan konektivitas lebih lengkap dibandingkan model Ferrari lainnya.Terdapat dua layar entertaiment lain yang terletak pada bagian tengah dashboard dan depan bangku penumpang. Jika dilihat kembali, sulit menemukan tombol mekanik dalam sebuah Ferrari Roma.

Ketersediaan blind-spot monitoring system dengan rear cross-traffic alert, adaptie cruise control, dan lane departure warning tentunya sudah menjadi standar.

5. Garansi dan perawatan terjamin 

5 Fakta Ferrari Roma 2021, Terkecil Tapi Paling Canggih? Meski telah dirilis secara global sejak tahun 2020 lalu, Ferrari Roma baru dipasarkan dan sampai ke tangan konsumen pada tahun 2021. (architecturaldigest.com)

Memiliki sebuah Ferrari tentunya berbeda dengan membeli sebuah mobil Jerman yang cukup eksklusif sekalipun. Untuk membantu konsumen dalam merawat sebuah Ferrari, mereka menyediakan garansi terbatas untuk tiga tahun, garansi powertrain untuk tiga tahun, dan perawatan gratis hingga tujuh tahun.

Fastback dari Ferrari ini layak menjadi wajah baru sebuah Grand Tourer masa kini yang bertenaga namun tidak berlebihan. Meski telah dirilis secara global sejak tahun 2020 lalu, Ferrari Roma baru dipasarkan dan sampai ke tangan konsumen pada tahun 2021.

Dibanderol 222 ribu dolar AS untuk base modelnya, harga ini tentunya akan berbeda sesuai dengan konfigurasi yang dipilih oleh konsumen.

Aryo Phramudhito Photo Verified Writer Aryo Phramudhito

Yohoo, let's be friends @_yophrm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya