Comscore Tracker

Jakarta-Jogja Sekali Charging? 5 Fakta BMW iX 

Akhinya BMW punya SUV listrik sendiri 

Berbagai produsen otomotif saat ini mulai gencar mengembangkan kendaraan listrik. Sama halnya dengan BMW yang baru-baru ini meluncurkan SUV listrik pertamanya. Mengambil konsep dari Vision iNext yang pertama kali diperkenalkan pada 2018 lalu. SUV listrik milik BMW ini diberi nama iX, gabungan dari dua nama seri BMW yaitu 'i' untuk model listrik dan 'X' yang merupakan model SUV-nya.

Mobil yang mulai dipasarkan pada awal tahun 2022 ini memiliki berbagai teknologi canggih yang disematkan di dalamnya. Penasaran dengan teknologi apa saja dan hal menarik apa lagi yang ada di SUV listrik pertama BMW ini? Berikut ini lima fakta seputar BMW iX.

1. Dimensi besar khas SUV 

Jakarta-Jogja Sekali Charging? 5 Fakta BMW iX Dimensi besar BMW iX mirip dengan X5 dan X6 (bmw.co.id)

BMW iX memiliki kemampuan untuk menipu secara visual. Jika mobil ini dilihat dari foto-foto yang beredar, BMW iX lebih menyerupai Crossover dibandingkan sebuah SUV. Namun sebenarnya mobil ini memiliki dimensi yang cukup besar, bahkan hampir sama dengan SUV besar BMW lain seperti X5 dan X6. Meski berdimensi besar, mobil ini lebih ringan karena menggunakan material carbon fiber reinforced plastic pada bodi-bodinya.

Secara garis besar desain mobil ini masih selaras dengan bahasa desain yang diterapkan pada BMW X lainnya. Beberapa tarikan garis dengan aksen menyudut, serta headlamp yang sipit tetap berhasil membuat BMW iX tampil futuristik.

2. Interior kabin yang futuristik 

Jakarta-Jogja Sekali Charging? 5 Fakta BMW iX BMW iX memiliki dua instrumen layar yang melengkung (bmw.co.id)

Pada interiornya BMW iX memberikan kesan mobil listrik masa depan yang sebenarnya. Desain dashboard yang sederhana juga bersih, membuat mobil ini tampak begitu modern dari dalam. Dua instrumen layar melengkung berukuran 12,3 inci dan 14,9 inci yang menghiasi dashboard, kini telah menggunakan software terbaru BMW yaitu iDrive 8. Layar ini juga siap untuk dikoneksikan dengan smartphone melalui Apple CarPlay juga Android Auto. BMW juga meningkatkan pengalaman audio pada mobil ini dengan menyematkan hingga 30 speaker Bowers & Wilkins pada tipe tertingginya.

Desain lingkar kemudi berbentuk heksagonal dan juga jok bucket yang sangat ergonomis, sudah cukup membuat BMW iX semakin tampil futuristik. Tidak berhenti disitu, tambahan fitur sunroof panoramik dengan teknologi elektrokromatik yang memungkinkan kaca transparan berubah menjadi gelap juga ada di mobil ini.

3. Sensor besar dan sensitif di balik grill baru 

Jakarta-Jogja Sekali Charging? 5 Fakta BMW iX Dibalik grill BMW iX terdapat berbagai sensor pendukung mengemudi (press.bmwgroup.com)

Grill besar yang tampak seperti jaring tiga dimensi pada BMW iX ini ternyata menggunakan material plastik yang datar. Aneh, namun hal ini perlu dilakukan, karena dibalik grill besar tersebut BMW menyematkan kamera hingga berbagai sensor yang yang akan membaca kondisi jalan. Pentingnya bagian grill membuat BMW memutuskan untuk menggunakan material plastik polyurethane yang dapat 'memperbaiki' dirinya sendiri ketika ada kerusakan, seperti goresan. Tidak hanya itu, pada grill ini BMW juga menyematkan teknologi pemanas untuk melelehkan es yang menutupi grill iX saat musim dingin.

Sensor inilah yang membantu agar fitur-fitur keselamatan di BMW iX dapat bekerja dengan baik. Seperti pengereman darurat secara otomatis, pendeteksi pejalan kaki, lane keep assist, hingga adaptive cruise control. Oleh karena itu juga BMW iX berhasil mendapatkan lima bintang pada tes uji keselamatan Euro NCAP.

Baca Juga: Siap Beli BMW Bekas, BMW Astra Used Car Siapkan Rp100 Miliar

4. Sekali pengisian baterai untuk 600km

Jakarta-Jogja Sekali Charging? 5 Fakta BMW iX Untuk pengisian10-80% BMW iX hanya membutuhkan 35 menit (bmw.co.id)

Saat ini BMW iX memiliki tiga varian, yaitu xDrive40, xDrive50, dan M60 untuk varian performa kencangnya. Pada BMW iX xDrive50 sebagai model pertama yang diluncurkan, motor listriknya menghasilkan tenaga hingga 516hp. Dan dengan tenaga tersebut, mobil ini mampu melaju dari 0-100km/h hanya dengan waktu 4,4 detik saja. BMW juga membekali iX dengan baterai berkapasitas 106,3kWh yang menurut klaimnya dapat menempuh jarak hingga 600km atau sama dengan jarak Kota Jakarta ke Yogyakarta.

Menariknya, baterai iX ini memiliki kemampuan pengisian daya yang super cepat. Dari 10-80% BMW mengklaim iX hanya membutuhkan waktu pengisisan 35 menit saja, namun dengan syarat aliran listrik yang digunakan sebesar 200kW.

5. Harga lebih tinggi dari rival di kelasnya 

Jakarta-Jogja Sekali Charging? 5 Fakta BMW iX BMW iX dibanderol dengan harga mulai dari 84 ribu dolar AS (bmw.co.uk)

Meski merupakan SUV listrik pertama, BMW berani untuk memasarkan iX dengan harga yang sedikit lebih tinggi dari rival-rival dikelasnya. Pada BMW iX xDrive50 yang merupakan varian tengah dari iX dibanderol dengan harga mulai dari 84 ribu dolar AS, atau setara 1,2 miliar rupiah. Sedangkan rival lain seperti Audi e-tron yang dibanderol dengan harga 66 ribu dolar AS atau setara 950 juta rupiah dan Mercedes-Benz EQC yang hanya 68 ribu dolar AS atau setara 1 miliar rupiah saja.

Angka ini bahkan masih bisa lebih tinggi lagi ketika masuk ke Indonesia. Mengingat pajak mobil CBU dan ketiadaan keringanan pajak bagi mobil yang ramah lingkungan di Indonesia.

Mobil listrik memang memberikan pengalaman mengemudi yang berbeda dari mobil konvensional lainnya. Seperti halnya BMW iX yang menghadirkan masa depan melalui SUV listrik yang canggih. Jadi itulah lima fakta seputar BMW iX, tertarik untuk memilikinya?

Baca Juga: Mulai dari Rp1 Miliaran, 5 BMW M Termurah di Indonesia

Aryo Phramudhito Photo Verified Writer Aryo Phramudhito

Yohoo, let's be friends @_yophrm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya