Comscore Tracker

Telah Teruji, Ini 10 Mobil Paling Aman untuk Dikendarai di 2021 

Ada mobil favoritmu di sini?

Ada banyak pertimbangan yang harus dilakukan sebelum memilih sebuah kendaraan, khususnya mobil. Mulai dari menentukan merek mobil, desain bentuk, performa mesin, fitur-fitur canggih, hingga tingkat keamanan dan keselamatan.

Euro NCAP (European New Car Assestment Program) sebagai organisasi yang menguji tingkat keamanan dan keselamatan setiap model mobil baru, menilai tingkat perlindungan orang dewasa, anak, pejalan kaki, keaktifan fitur bantuan keselamatan, hingga perlindungan bagi kendaraan lain.

Berdasarkan hasil pengujian Euro NCAP, terdapat sepuluh mobil paling aman untuk dikendarai di 2021. Mau tahu apa saja? Lihat selengkapnya di bawah ini.

1. Polestar 2 

Telah Teruji, Ini 10 Mobil Paling Aman untuk Dikendarai di 2021 businessinsider.com

Sebagai anak perusahaan Volvo Cars, Polestar juga ingin dikenal sebagai manufaktur yang memproduksi mobil dengan kualitas keselamatan terbaik. Hal ini dibuktikannya melalui model Polestar 2.

Mobil listrik ini mendapatkan skor 92% untuk perlindungan penumpang dewasa dan 89% untuk penumpang anak-anak. Pada pengujian lainnya, Polestar 2 mendapat skor 90% untuk perlindungan pejalan kaki dan 86% untuk fitur bantuan keselamatan.

Hingga saat ini, Polestar 2 menjadi mobil teraman versi pengujian Euro NCAP. Di Amerika Serikat mobil ini dibanderol mulai dari 59.900 dolar AS.

2. Cupra Formentor 

Telah Teruji, Ini 10 Mobil Paling Aman untuk Dikendarai di 2021 mobile.de

Saatnya SUV compact Cupra Formentor yang mengisi daftar ini. Meski tidak begitu familier di Indonesia, Cupra merupakan merek performa tinggi dari SEAT yang juga bagian dari Volkswagen Group.

Dari tes Euro NCAP, Cupra Formentor dinilai sebagai SUV teraman dengan skor 92% untuk perlindungan penumpang dewasa dan 88% untuk perlindungan anak. Untuk fitur bantuan keselamatan, mobil ini mendapat skor 80%.

Sayangnya Cupra Formentor hanya mendapat skor 68% untuk tingkat keselamatan pejalan kaki. Meski begitu mobil ini tetap bisa menjadi pilihan SUV teraman kamu.

3. Volkswagen ID.3 

Telah Teruji, Ini 10 Mobil Paling Aman untuk Dikendarai di 2021 autocar.co.uk

Hatchback listrik dari VW ini cukup menuai pujian dengan skor yang didapatkannya dari pengujian Euro NCAP. Dengan skor 87% untuk perlindungan penumpang dewasa dan skor lebih tinggi 89% perlindungan anak, membuat Volkswagen ID.3 cocok jadi mobil keluarga kecilmu.

Untuk keselamatan pejalan kaki mobil ini mendapatkan skor 71% dan 88% untuk fitur bantuan keselamatan. Dibanderol dengan harga 33.000 dolar AS untuk pasar Amerika dan Eropa, mobil ini menjadi pilihan hatchback yang tepat.

4. SEAT Leon (2020)

Telah Teruji, Ini 10 Mobil Paling Aman untuk Dikendarai di 2021 carscoops.com

SEAT Leon menjadi mobil dengan skor perlindungan penumpang dewasa tertinggi versi Euro NCAP yaitu 92%. Sedangkan untuk perlindungan anak, mobil ini cukup melampaui standar yaitu 88%.

Meski tidak unggul dalam performa dan desain mobil, SEAT Leon bisa dibanggakan karena mendapat nilai tinggi untuk fitur bantuan keselamatan 80% dan 71% untuk keselamatan pejalan kaki.

5. Mazda MX-30 

Telah Teruji, Ini 10 Mobil Paling Aman untuk Dikendarai di 2021 autonews.com

Mobil listrik pertama buatan Mazda ini menjadi salah satu mobil listrik teraman berdasarkan pengujian Euro NCAP. Mazda MX-30 mendapatkan skor 91% untuk perlindungan penumpang dewasa dan 87% untuk penumpang anak-anak.

Sayangnya skor untuk keselamatan pejalan kaki cukup timpang, yaitu 68%. Sedangkan untuk keaktifan fitur bantuan keselamatan, Mazda MX-30 mendapatkan skor 73%.

Baca Juga: Mobil-mobil Imut Tapi Gesit Ini Dibanderol Kurang dari Rp100 Juta

6. Kia Sorento (2021)

Telah Teruji, Ini 10 Mobil Paling Aman untuk Dikendarai di 2021 kicker.de

Salah satu SUV besar yang masuk daftar ini adalah Kia Sorento. Mobil asal Korea Selatan mendapatkan skor 82% untuk perlindungan penumpang dewasa dan 85% untuk anak-anak. Tentunya mobil dengan tujuh penumpang ini cukup aman sebagai mobil liburan keluarga.

Fitur bantuan keselamatan yang ada membuat mobil ini mendapat skor 87%. Meski untuk tingkat keselamatan pejalan kaki Kia Sorento hanya mendapat skor 63%.

7. Land Rover Defender (2020)

Telah Teruji, Ini 10 Mobil Paling Aman untuk Dikendarai di 2021 autocar.co.uk

Keselamatan dan keamanan tentunya terkait dengan ketangguhan sebuah mobil, daftar ini tak lengkap jika tidak memasukkan Land Rover Defender yang merupakan pelopor mobil off-road ke dalam daftar ini.

Dengan skor 85% untuk perlindungan penumpang dewasa maupun anak-anak. Land Rover Defender juga dilengkapi banyak fitur bantuan keselamatan yang membuat mobil ini berhasil meraih skor 79%.

Meski dengan bodi mobil yang terkesan solid dan tangguh, Land Rover Defender masih mendapatkan skor 71% untuk keselamatan pejalan kaki.

8. Honda Jazz (2021)

Telah Teruji, Ini 10 Mobil Paling Aman untuk Dikendarai di 2021 autonews.fr

Salah satu hatchback dengan populasi terbanyak di Indonesia, Honda Jazz edisi terbaru menjadi salah satu mobil teraman.

Mobil ini mendapatkan skor 87% untuk penumpang dewasa dan 83% untuk penumpang anak-anak. Sedangkan untuk keaktifan fitur bantuan keselamatan, mobil ini mendapatkan skor 76% dan 80% untuk keselamatan pejalan kaki.

9. Audi A3 Sportback (2021)

Telah Teruji, Ini 10 Mobil Paling Aman untuk Dikendarai di 2021 audi-mediacenter.com

Dari beberapa mobil Eropa yang ada di daftar ini, mungkin Audi A3 menjadi mobil yang paling familiar. Model dari line-up hatchback Audi ini, dalam pengujian Euro NCAP memiliki skor yang hampir sama dengan Mazda MX-30.

Mobil Jerman ini mendapatkan skor 89% untuk perlindungan penumpang dewasa dan 81% untuk penumpang anak-anak. Sedangkan untuk keaktifan fitur bantuan keselamatan, mobil ini mendapatkan skor 73% dan 68% untuk keselamatan pejalan kaki.

10. Toyota Yaris (2021)

Telah Teruji, Ini 10 Mobil Paling Aman untuk Dikendarai di 2021 carscoops.com

Toyota Yaris terbaru dinilai berhasil melewati pengujian Euro NCAP dengan baik. Mobil ini mendapatkan skor 86% untuk perlindungan penumpang dewasa dan 81% untuk anak-anak. Keaktifan fitur bantuan keselamatan mobil ini diberi skor 85%. Sedangkan untuk keselamatan pejalan kaki, Toyota Yaris mendapatkan skor 78%.

Tingkat keselamatan mobil ini susah cukup membuat hatimu tenang selama perjalanan berkeliling kota.

Pengujian Euro NCAP dibuat untuk mengetahui tingkat keselamatan ketika mobil mengalami kecelakaan. Dan tentunya hal ini akan memudahkanmu untuk menentukan risiko dan keuntungan mobilmu ketika terjadi hal yang tidak diinginkan. Jadi bagaimana sudah tentukan pilihanmu?.

Baca Juga: Toyota Jadi Mobil Terlaris di Dunia, Volkswagen Menatap Mobil Listrik!

Aryo Phramudhito Photo Verified Writer Aryo Phramudhito

Yohoo, let's be friends @_yophrm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya