Comscore Tracker

Deretan 5 Sedan Compact Premium yang Siap Keliling Kota! 

Dari hatchback jadi sedan!

Selain hot hatchback dan crossover, sedan compact menjadi varian baru di kelas mobil premium. Keberadaan sedan compact menggantikan sedan premium yang dimensinya semakin membesar di setiap generasi. Untuk memberikan keasyikan mengemudi tanpa harus terbebani dengan dimensi yang besar khas mobil premium.

Sayangnya masih sedikit pilihan sedan compact di kelas mobil premium, beberapa dantaranya bahkan menggunakan basis dari model hatchback mereka. Lalu apa saja deretan mobil sedan compact di kelas premium? Lihat daftarnya di bawah ini!

1. Mercedes Benz CLA Coupe

Deretan 5 Sedan Compact Premium yang Siap Keliling Kota! mercedes-benz.co.uk

Mercedes Benz CLA merupakan sedan coupe yang menggunakan basis sama dengan A-Class dan B-Class. Ada 2 varian standar dari CLA yaitu, CLA 180 dan CLA 200. Varian lainnya akan hadir dalam model AMG 35 dan 45 yang super kencang.

CLA dibekali mesin bensin 1.332 cc 4 silinder 1,3 liter dengan turbo, mesin berpenggerak roda depan ini menghasilkan tenaga 161 hp dan torsi 250 Nm untuk model CLA 200. Dengan mesin ini, CLA mampu mencatat waktu akselerasi dari nol hingga100 km/jam hanya dalam waktu 8,2 detik, angka yang cukup impresif.

Dimensi CLA lebih besar dan rendah dari A-Class hatchback, namun tetap tidak lebih besar dari sedan C-Class. Eksterior mobil ini terlihat serupa dengan Mercedes Benz CLS yang dijual dengan harga berkali lipat dari mobil ini. Memiliki tarikan garis yang dinamis dan atap coupe, membuat CLA jauh lebih menarik dibanding model A-Class lainnya.

Namun desain yang keren ini mengurangi ruang kepala penumpang, konsekuensi dari atap coupe yang landai. Tetapi pengemudi dijamin tidak akan bosan, karena interior CLA yang sporty, dilengkapi jok bucket, dan entertainment system MBUX, siap menemani dalam menjelajah kemacetan ibu kota. Dan tentunya bentuk eksotis coupe yang tidak akan pernah membosankan. Mercedes Benz CLA Coupe dibanderol mulai dari Rp865 juta.

2. BMW M235i xDrive Gran Coupe 

Deretan 5 Sedan Compact Premium yang Siap Keliling Kota! bmw.co.id

Menggunakan basis dari BMW seri 2, M235i merupakan sedan coupe yang posisinya ada di bawah seri 3. Sedan compact ini ditenagai mesin BMW Twin Power Turbo 4 silinder 1.998 cc yang mampu menghasilkan tenaga 306 hp dan torsi 450 Nm, dan menyalurkan tenaganya ke keempat roda.

BMW M235i xDrive mencatat waktu akselerasi dari nol hingga100 km/jam hanya dalam waktu 4,8 detik. Mesin M Performance BMW membuktikan keseriusannya pada setiap line up-nya.

Menggunakan basis dari hatchback BMW 135i, secara dimensi sedan compact ini juga masih lebih kecil dari seri 3. Hadir dengan M Sport seat integrated, BMW Live Cockpit Professional dengan layar instrumen 10,25 inci, frameless door, dan double kidney grills baru. Mobil ini memiliki gaya kekinian khas millenials, meski harus dibayar dengan harga yang cukup tinggi yaitu, Rp1,3 miliar.

Baca Juga: Wow! Sedan-sedan Eropa Ini Harga Bekasnya Kurang dari Rp50 Juta  

3. Mercedes Benz A-Class Sedan 

Deretan 5 Sedan Compact Premium yang Siap Keliling Kota! autocarindia.com

Mercedes Benz A-Class Sedan, satu varian lain dari seri A-Class yang masih menggunakan basis serupa dengan Mercedes Benz CLA. Mesin yang digunakan juga sama yaitu, mesin bensin berpenggerak roda depan 1.332 cc 4 silinder 1,3 liter dengan turbo yang menghasilkan tenaga 163 hp dan torsi 250 Nm.

Meski memiliki dimensi lebih kecil dari CLA, A-Class sedan menawarkan akomodasi ruang yang lebih baik. Hal ini dikarenakan bentuk atap sedan yang konvensional, sehingga ruang kepala tetap memadai.

Sama dengan CLA, A-Class dilengkapi dengan fitur keselamatan premium, pengaturan elektrik 4 arah pada jok yang tidak dimiliki CLA, automatic climate control, run-flat tires, active parking assist, dan banyak fitur canggih Mercedes Benz lainnya.

A-Class menjadi pilihan menarik untuk pengemudi yang mengutamakan akomodasi dalam sebuah mobil. Mercedes Benz A-Class Sedan dibanderol dengan harga Rp800 jutaan.

4. Lexus IS 2021 

Deretan 5 Sedan Compact Premium yang Siap Keliling Kota! lexus.com

Mobil premium tidak lagi didominasi pabrikan Eropa, khususnya Jerman saja. Lexus IS 2021, mobil Jepang yang sudah bertransformasi menjadi salah satu dari jajaran sedan compact premium.

Lexus membekali IS 2021 dengan mesin 2.000 cc dengan turbo yang menghasilkan tenaga 241 hp dan torsi 350Nm, disalurkan ke 2 roda belakang. Lexus juga menghadirkan varian mesin V6 untuk performa yang lebih kencang.

Dari profil eksterior sudah jelas bahwa IS membawa gaya desain Lexus terbaru yang sudah lebih dulu diterapkan pada seri ES dan LS. Meski sudah terlihat garang dari depan, Lexus menggunakan konstruksi atap sedan konvensional untuk akomodasi ruang yang lebih baik. Pilihan ini berbeda dari kebanyakan pabrikan yang menggunakan atap coupe untuk memberi efek dinamis pada mobilnya.

Lexus IS 2021 menjadi pilihan anti-mainstream dari kebanyakan mobil premium Jerman lainnya. Mobil ini bisa dibawa pulang mulai dengan harga Rp 850 juta.

5. Audi A3 Sedan 2021    

Deretan 5 Sedan Compact Premium yang Siap Keliling Kota! audi-mediacenter.com

Satu lagi sedan compact  premium yang mengambil basis dari sebuah hatchback, Audi A3 Sedan 2021. Mobil ini menggantikan generasi sebelumnya yang diluncurkan pada 2012. Audi A3 Sedan menggunakan mesin inline 3 silinder yang menghasilkan tenaga 110 hp dan torsi 250 Nm.

Pada sisi eksteriornya Audi A3 Sedan mengikuti gaya desain Audi terbaru yang lebih menyudut dan tegas. Grill heksagonal yang besar dengan desain lampu baru seperti yang dapat ditemui di Audi Q3.

Pada bagian interior khususnya pada sisi pengemudi, Audi A3 Sedan sudah menggunkan Virtual Cockpit Audi yang canggih dengan kombinasi pilihan layar 10,3 inci atau 12,3 inci yang dilengkapi dengan head-up display juga.

Audi A3 Sedan mampu menyaingi sedan compact premium lainnya dengan harga yang jauh lebih ramah di kantong yaitu mulai dari Rp 678 juta.

Dengan dimensi lebih ringkas namun kebutuhan tetap terakomodasi tanpa harus mengorbankan kenyamanan, sedan compact premium menjadi pilihan tepat mobil harian di perkotaan.

Baca Juga: 4 Sedan Bermesin Diesel yang Mengaspal di Indonesia

Aryo Phramudhito Photo Verified Writer Aryo Phramudhito

Yohoo, let's be friends @_yophrm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya