Comscore Tracker

Canggih, Pahami Fitur-fitur Semi Otonom yang Makin Marak di Mobil Baru

Mengemudi semakin nyaman, aman, dan praktis

Perkembangan teknologi tak bisa dihindari. Semua unsur kehidupan perlahan terjamah oleh keberadaan teknologi yang makin maju. Termasuk dalam transportasi, khususnya kendaraan roda empat. Selain spesifikasi mesin dan fitur-fitur kenyamanan yang meningkat, ada satu lagi fitur yang kini sangat menarik untuk dibahas.

Fitur semi otonom, atau yang biasa disebut semi autonomous driving, secara singkat mampu membuat keputusan-keputusan yang dikendalikan oleh komputer yang memudahkan pengemudi dalam berkendara, bahkan seakan dapat menyetir sendiri! Jika kamu mengenal pabrikan otomotif Tesla yang masyur berkat Autopilot-nya, pasti kamu tak asing mendengar nama ini.

Lalu bagaimana bila fitur-fitur canggih tersebut sebentar lagi akan mudah ditemukan di mobil-mobil mainstream? Yang marak digunakan oleh masyarakat banyak? Pasti akan menakjubkan dan tentu saja memudahkan. Sebelumnya, mari kenali fitur canggih ini lebih dalam, berikut adalah beberapa fitur semi autonomous driving yang perlu kamu ketahui! 

1. Lane keep assist

Canggih, Pahami Fitur-fitur Semi Otonom yang Makin Marak di Mobil Baruautoevolution.com

Berkendara tentu saja membutuhkan konsentrasi yang tinggi, melamun sebentar saja, bisa jadi membuat celaka. Untuk mengurangi hal-hal tak diinginkan tadi, industri otomotif menciptakan teknologi terkini bernama lane keep assist. Lantas, apa yang dilakukan fitur ini? Fitur lane keep assist akan membantu kendaraanmu untuk tetap melaju stabil agar tak keluar dari lajur asal.

Dengan memanfaatkan fitur radar, sistem komputer akan membaca marka jalan di depan dan apabila terjadi intrusi dari pengemudi, sistem akan memperingatkan dengan membunyikan peringatan bahkan melakukan interupsi dengan membelokkan setir agar kembali ke jalur semula.

2. Adaptive cruise control

Canggih, Pahami Fitur-fitur Semi Otonom yang Makin Marak di Mobil Barubuyacar.co.uk

Cruise control mungkin sudah menjadi fitur yang wajar bagi sebagian kendaraan. Namun berkat pengembangan lebih lanjut, ditemukan fitur adaptive cruise control yang membuat pengendara makin merasa nyaman. Tak hanya terbebas dari menginjak pedal dan tinggal membiarkan mobil melaju dengan kecepatan konstan, salah satu fitur semi otonom ini juga mampu mengendalikan kecepatan sesuai kondisi jalanan.

Fitur adaptive cruise control membaca pergerakan mobil yang melaju di depan dengan menggunakan radar, kemudian memanfaatkan data tersebut untuk menyesuaikan laju dan jarak kendaraanmu dengan variasi kecepatan yang aman.

3. Auto emergency braking

Canggih, Pahami Fitur-fitur Semi Otonom yang Makin Marak di Mobil Barueuroncap.org

Pernahkah kamu menginjak rem mendadak di saat ada sebuah peristiwa atau objek yang tiba-tiba terjadi pada saat mengemudi? Dengan fitur semi otonom bernama auto emergency braking, kejadian ini bisa sedikit diredam karena sistem komputer akan  mengerem kendaraan secara otomatis apabila sensor radar mendeteksi ada objek asing di depan kendaraan.

Baca Juga: Menilik Mobil-mobil Russia, Gak Kalah Sama Mobil Jerman dan Jepang!

4. Parking assistant

Canggih, Pahami Fitur-fitur Semi Otonom yang Makin Marak di Mobil Barubmwusa.com

Menggunakan sensor-sensor parkir yang tersebar di sekujur sisi kendaraan, termasuk dengan keberadaan kamera pantau, fitur parking assistant membuat kamu tak perlu bersusah payah mengendalikan mobil ke dalam area parkir. Dengan fitur semi otonom ini, kamu hanya perlu mengontrol pedal gas dan rem untuk melajukan dan menghentikan kendaraan, sementara sistem komputer akan memutar kemudi sesuai ruang parkir yang tersedia. Canggih, ya?

Baca Juga: 5 Perusahaan Mobil Terkenal Ini Awalnya Gak Bikin Mobil

Baree Photo Verified Writer Baree

All about mobile tech

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria
  • Novaya

Berita Terkini Lainnya