Comscore Tracker

7 Hal yang Harus Kamu Pertimbangkan Sebelum Beli Mobil Sport

Punya mobil sport keren sih, tapi...

Halo, sobat otomotif! Wah, ada keinginan atau impian untuk punya mobil sport nih? Lagian siapa juga sih yang gak ingin keanggunan maksimal dalam berkendara? Bayangkan aja, kamu keluar dari Lamborghini yang bukaan pintunya gak perlu takut untuk menyenggol mobil sebelah atau mengarungi jalanan dengan seakan spotlight terus mengikutimu. Duh, naik kelas!

Sudah membayangkan memiliki mobil sport? Nah, selain dari sisi indahnya memiliki kendaraan mewah ini, kamu juga perlu mempertimbangkan tantangan yang kamu hadapi. Ibaratnya seperti memutuskan untuk membesarkan hewan peliharaan mahal yang perawatannya ribet banget. Dilansir dari thenewswheel.com dan philkotse.com, ini beberapa pertimbangan yang harus kamu pikirkan sebelum membeli mobil sport!

1. Sadari bahwa kamu bukan sekadar menginginkannya, tapi membutuhkannya

7 Hal yang Harus Kamu Pertimbangkan Sebelum Beli Mobil Sportpxhere.com

Keinginan dan kebutuhan tidak sama loh, kamu pasti tahu itu. Kalau kegiatanmu berkisar pada berangkat kerja, antar jemput anak-anakmu ke sekolah, belanja ke supermarket atau pergi ke mall, kamu gak benar-benar butuh kendaraan yang lebih dari 200 horsepower, suspensi khusus, dan semua karakteristik mobil sport.

Mungkin kamu berpendapat karena YOLO, kamu perlu merasakan punya mobil sport. Pikirkan lagi baik-baik. Ini baru pertimbangan pertama. Yuk, lanjut!

2. Sebagian besar tempat duduknya sangat rendah, jauh terasa berbeda dengan mobil konvensional pada umumnya

7 Hal yang Harus Kamu Pertimbangkan Sebelum Beli Mobil Sportpxhere.com

Kamu benar-benar harus merasakannya sendiri. Bukan hanya duduk di dalamnya ya, tapi merasakan test drive. Mobil sport bukan untuk semua orang, termasuk dampak fisiknya. Rasakan berkendara secara langsung dengan itu. Apakah kamu baik-baik saja? Atau kamu merasa gak nyaman, bahkan sampai ada sensasi mabuk?

Bayangkan perasaan yang kamu dapat itu harus kamu alami setiap mengendarainya. Kalau kamu tidak masalah menahan rasa tak nyaman itu atau kamu tidak ada rasa ketidaknyamanan sama sekali, you’re good to go. Namun kalau kamu terlalu tidak nyaman, sampai akhirnya sangat jarang kamu pakai dan kamu biarkan saja di garasimu. Pikir-pikir lagi deh!

3. Menghabiskan bahan bakar lebih banyak daripada mobil konvensional

7 Hal yang Harus Kamu Pertimbangkan Sebelum Beli Mobil Sportpxhere.com

Bukan hanya harga mobilnya yang mahal, tapi karena penggunaan bahan bakarnya lebih boros dari mobil biasa, kamu harus siap untuk merogoh kocek lebih rutin dari memiliki mobil biasa. Kamu tidak masalah dengan itu? Kamu bisa lanjut.

Baca Juga: Sering Merokok Di Mobil? Lakukan 5 Hal Ini Agar Mobil Tak Bau Rokok

4. Suku cadang yang mahal dan sulit didapatkan

7 Hal yang Harus Kamu Pertimbangkan Sebelum Beli Mobil Sportpxhere.com

Tak cuma mobil sport yang diproduksi dalam jumlah terbatas dengan harga mahal, tapi juga termasuk suku cadangnya. Dengan memiliki mobil biasa, kamu bisa dengan mudah maintenance mobilmu dengan pergi ke bengkel atau service center yang tersebar di mana-mana.

Namun, meskipun ada tempat service mobil sport kamu di Indonesia, belum tentu suku cadangnya tersedia dan harus memesan dari negara produksinya, yang akan memakan waktu. Suku cadang tak selalu distok karena memang pengguna mobil sport di Indonesia tergolong sedikit.

5. Kamu memiliki resource yang baik untuk merawat mobil sport, bukan cuma uang

7 Hal yang Harus Kamu Pertimbangkan Sebelum Beli Mobil Sportpxhere.com

Selain uang untuk membeli dan merawat mobil sport, sumber daya dan kamu sebagai pemilik juga perlu mumpuni untuk memilikinya. Minimal kamu memiliki garasi tertutup yang cukup untuk menampung mobil kesayanganmu ini. Kamu tak punya garasi dan memutuskan untuk parkir di udara terbuka di rumahmu? Jangan deh! Sekuat-kuat atau sebagus-bagusnya cat mobilmu, dengan terik matahari Indonesia, kondisinya akan dengan cepat memudar dan rusak.

Kamu sebagai pemiliki juga perlu mengetahui seluk beluk mobil, terutama mobil sport impianmu itu. Kamu perlu punya peralatan maintenance kecil-kecilannya, Kamu perlu tahu cara mengganti ini itunya atau setidaknya perlu tahu solusi sederhana saat ada masalah umum pada mobilmu. Tidak seperti mobil biasa, kamu tidak bisa asal bawa ke sembarang bengkel. Memangnya mau, mobilmu dijadikan objek malapraktik?

6. Kondisi lingkungan tempat kamu akan memiliki dan mengendarai mobil sport harus mendukung

7 Hal yang Harus Kamu Pertimbangkan Sebelum Beli Mobil Sportpxhere.com

Jakarta dengan macet dan potensi banjirnya, Surabaya dengan panas teriknya yang luar biasa, Denpasar dengan jalanannya yang tidak lebar dan kota manapun kamu berada, itu perlu kamu pertimbangkan. Kondisi jalanan yang padat dan tingkat pengendara kendaraan bermotor yang ugal-ugalan juga perlu jadi bahan pertimbangan.

Mobil biasa saja sering mengalami lecet atau bermasalah dengan pengendara lain. Ingat bahwa ketika mobil sport kamu bermasalah, solusinya tidak semudah mobil konvensional.

7. Kontrol dan spesifikasi mobil sport yang ingin kamu beli harus kamu perhatikan

7 Hal yang Harus Kamu Pertimbangkan Sebelum Beli Mobil Sportpxhere.com

Setelah kamu riset tentang mobil sport yang ingin kamu miliki, kamu perlu menganalisis kontrol dan detailnya. Observasi mobil sport tersebut seperti ahli perhiasan mengobservasi berlian. Investigasilah setiap bagian mobilnya: roda, setir, pijakannya, pastikan sesuai dengan gaya mengemudimu.

Selain itu, horsepower, torsi dan jumlah silinder harus kamu pertimbangkan sebelum membuat keputusan akhir. Kamu perlu terkoneksi dengan mobilmu sepenuhnya.

Nah, itulah tadi beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan sebelum memiliki mobil sport. Kalau kamu sudah mantap, selamat menikmati pengalaman mengemudi yang elegan!

Baca Juga: 5 Komponen Penyebab Mesin Mobil 'Overheat'

Bayu Dewey Photo Verified Writer Bayu Dewey

a Disney dude who want to fulfill the purpose of life like Desmond Doss. story teller in an uncertain gaea.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya