Comscore Tracker

Langka, Mobil Yamaha Limited Edition Ini Diburu Kolektor

Supercar yang hanya dibuat 3 unit

Yamaha dikenal sebagai produsen otomotif yang memang berfokus pada sepeda motor. Ini berbanding terbalik dengan kompatriotnya, Toyota, yang cenderung ogah memproduksi kendaraan roda dua.

Namun, pada tahun 2015 lalu, Yamaha dikabarkan siap banting setir dan bersaing di segmen roda empat. Lalu, konsep mobil bikinan pabrikan berlogo garpu tala sempat dipamerkan dalam gelaran Tokyo Motor Show 2017.

Tetapi, gak banyak yang tahu, di dekade 1990-an silam, perusahaan ini juga pernah merilis mobil berkategori supercar. Ini fakta mobil bikinan Yamaha yang jumlahnya sangat terbatas, cuma 3 unit di dunia.

1. Bernama Yamaha OX99-11

Langka, Mobil Yamaha Limited Edition Ini Diburu Kolektormotor1.com

Mobil ini dinamakan Yamaha OX99-11 yang diproduksi oleh Ypsilon Technology, anak usaha Yamaha. Kendaraan ini sendiri dibuat pada awal dekade 1990-an setelah pabrikan menerima mesin Formula 1.

2. Berdesain nyentrik

Langka, Mobil Yamaha Limited Edition Ini Diburu Kolektoren.wheelsage.org

Secara tampilan, Yamaha OX99-11 membawa desain bodi yang terbilang nyentrik. Produk ini punya sasis tabung berbahan karbon fiber buatan DPS Composite, berkonsep single seater, dengan bodi pipih layaknya mobil F1.

Baca Juga: 6 Fakta Tentang Mobil yang Wajib Kamu Tahu, Apa Saja?

3. Jantung pacu dahsyat

Langka, Mobil Yamaha Limited Edition Ini Diburu Kolektorsupercars.net

Di bagian dapur pacu, perusahaan membekali mobil ini dengan mesin V12 berkapasitas 4.500cc, spesifikasi yang juga dipakai banyak mobil F1 kala itu. Daya yang dihasilkan 400 HP dengan top speed diklaim menembus angka 322 km per jam.

4. Dibikin terbatas

Langka, Mobil Yamaha Limited Edition Ini Diburu Kolektorglobal.yamaha-motor.com

Sayangnya, produksi mobil ini sangat terbatas. IAD, rekanan awal Yamaha, hanya mampu membuat 2 prototipe Yamaha OX99-11 karena masalah bujet. Sementara, Ypsilon Technologies, bahkan cuma bisa membuat 1 unit model produksi.

5. Dilelang miliaran rupiah

Langka, Mobil Yamaha Limited Edition Ini Diburu Kolektormotor1.com

Karena masalah anggaran, Yamaha pun akhirnya menutup proyek mobil ini pada tahun 1994 silam. Dengan unit yang sangat terbatas, kendaraan ini sekarang lantas menjadi buruan banyak kolektor.

Tersedia hanya 3 unit di dunia, Yamaha kala itu menawarkan mobil ini dengan harga USD 800 ribu. Saat ini, supercar limited edition ini dilelang dengan harga mencapai USD 1,3 juta atau sekira Rp18,8 miliar.

Nah, itu dia deretan mobil produksi Yamaha. Jadi gak cuma motor, ya!

Baca Juga: 5 Mobil Harga 200 Jutaan yang Besar, Bisa Muat Banyak Barang!

Binar Photo Verified Writer Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You