Comscore Tracker

Mitos atau Fakta: Menggoyang Mobil di SPBU Bisa Bikin Lebih Irit?

Bisa memicu kebakaran loh

Jakarta, IDN Times - Banyak mitos berkeliaran di sekeliling kita, termasuk di Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum (SPBU). Mitos di SPBU adalah menggoyang-goyang kendaraan saat mengisi bahan bakar. 

Konon menggoyang mobil atau motor saat mengisi bensin atau solar bisa membuat aliran bahan bakar menjadi lebih lancar sehingga performa mesin pun menjadi lebih jos. Konsumsi bensin pun diklaim menjadi lebih irit. Namun benarkah demikian?

1. Bensin merupakan zat cair

Mitos atau Fakta: Menggoyang Mobil di SPBU Bisa Bikin Lebih Irit?IDN Times/Dwi Agustiar

Bensin atau solar merupakan zat cair. Karena itu bensin atau solar akan mengalir dari daerah yang tinggi ke daerah yang lebih rendah. Dengan begitu, tanpa digoyang-goyang pun, bensin dan solar akan dengan sendirinya memenuhi tangki bahan bakar.

Baca Juga: Pom Bensin Shell di Jalan Daan Mogot Terbakar, Api Berhasil Dipadamkan

2. Dapat menyebabkan mobil terbakar

Mitos atau Fakta: Menggoyang Mobil di SPBU Bisa Bikin Lebih Irit?Ilustrasi SPBU. IDN Times/Dwi Agustiar

Dengan menggoyang-goyangkan mobil atau motor saat mengisi bensin, maka nozzel bensin otomatis akan bergesekan dengan lubang bensin. Pada saat yang sama uap bensin yang terperangkap di tangki akan berusaha keluar melalui lubang bensin. Nah, kombinasi gesekan nozzel dengan uap bensin ini berpotensi memicu kebakaran, loh!

3. Tidak sesuai SOP yang berlaku

Mitos atau Fakta: Menggoyang Mobil di SPBU Bisa Bikin Lebih Irit?(Ilustrasi) IDN Times/Dwi Agustiar

Ada baiknya melakukan pengisian bahan bakar sesuai dengan SOP yang berlaku, dengan tidak menggoyangkan kendaraan dan menunggu hingga proses pengisian selesai. Karena menggoyangkan kendaraan saat pengisian bahan bakar tidak tertulis di SOP.

Selain menghindari kejadian yang tidak diinginkan, hal ini juga bertujuan untuk tidak membuang tenaga secara sia-sia untuk menggoyangkan mobil tersebut.

Baca Juga: Daftar Harga BBM 2020 Pertamina Terbaru di Wilayah Jawa Tengah dan DIY

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya