Comscore Tracker

Tertarik Beli Mobil Bekas? 5 Pengecekan Ini Wajib Kamu Lakukan

Jangan sampai kecewa setelah membeli

Semakin banyak merek mobil baru yang rilis di pasaran bikin kita bingung mau beli yang mana. Tiap merek menawarkan fitur baru yang semuanya menggiurkan. Tapi sebenarnya, mobil-mobil keluaran lama juga gak kalah menarik lho! Selain lebih murah, kita sekaligus mengurangi peredaran mobil baru di pasaran. Kasihan juga jalanan kalau makin padat dengan kehadiran mobil baru.

Nah, kalau kamu tertarik membeli mobil bekas, pastikan lima pengecekan di bawah ini sudah kamu lakukan sebelum membayar.

1. Pelajari asal-usul mobil.

Tertarik Beli Mobil Bekas? 5 Pengecekan Ini Wajib Kamu Lakukanpymnts.com

Jangan malu untuk menanyakan pada pemilik sebelumnya tentang riwayat mobil. Tanyakan kenapa mobil ini dijual, apakah pernah kecelakaan atau mengalami kerusakan yang agak parah. Ini penting untuk kamu ketahui, agar harga yang kamu bayarkan sebanding dengan kualitasnya.

2. Cek kelengkapan dan keaslian surat-surat.

Tertarik Beli Mobil Bekas? 5 Pengecekan Ini Wajib Kamu Lakukantoyotadisamarinda.com

Sebagai warga negara yang baik, kita harus mematuhi aturan perizinan yang sudah ditetapkan. Kendaraan yang resmi dan sah di mata hukum pasti dilengkapi BPKB dan STNK. Cek kelengkapan surat-surat dan cocokkan dengan nama pemilik. Jika ditemukan perbedaan, jangan sungkan menanyakan alasannya.

3. Lakukan test drive.

Tertarik Beli Mobil Bekas? 5 Pengecekan Ini Wajib Kamu Lakukanmomobil.id

Sebagai pembeli, kamu berhak melakukan test drive untuk memastikan kondisi mesin dan kenyamanan berkendara. Jika mobil tersebut menggunakan transmisi manual, rasakan bagaimana perpindahan giginya apakah halus atau agak berat. Perhatikan juga tarikan gas dan setirnya.

4. Periksa kondisi body dan mesin.

Tertarik Beli Mobil Bekas? 5 Pengecekan Ini Wajib Kamu Lakukandriving.ca

Kondisi body dan mesin tampak luar juga tak kalah pentingnya diperhatikan. Tanyakan pada pemilik lama apakah mobil ini sudah mengalami pengecatan ulang atau modifikasi eksterior. Bagian spare part yang bisa dicek dari tampak luarnya adalah ada tidaknya kebocoran dan keberadaan karat.

5. Periksa interior mobil.

Tertarik Beli Mobil Bekas? 5 Pengecekan Ini Wajib Kamu Lakukanjapanesevehicles.com

Pengecekan luar sudah, test drive dan kelengkapan surat beres, sekarang saatnya bagian dalam. Cek kondisi plafon, dashboard, karpet, serta karet pada pintu dan jendela. Fitur-fitur yang ada seperti AC dan tape juga wajib dicoba.

Setelah semua pengecekan sudah dilakukan, yang tak kalah penting adalah mencari tahu harga mobil tersebut di pasaran. Meski bekas, kamu tetap harus jeli dan teliti sampai ke urusan harga. Jangan sampai tertipu, tidak semua mobil bekas berharga murah dan tidak semua mobil 'lawas' pantas dihargai mahal. Happy shopping!

Dian Arthasalina Photo Verified Writer Dian Arthasalina

bukan orang penting, kecuali anda mementingkan saya. kadang-kadang ngoceh di instagram @arthasalina

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya