Comscore Tracker

Sejarah Panjang SUV Chevrolet, Ada yang Dianggap Mobil Dinas Agen CIA

Chevrolet merilis SUV pertama mereka pada 1935

Jakarta, IDN Times - Dunia otomotif saat ini sedang mengindap demam mobil Sport Utility Vehicle (SUV). Hampir semua pabrikan berlomba-lomba menciptakan SUV terbaik.

Mitsubishi misalnya punya Pajero Sports. Sementara Honda dan Toyota menciptakan CR-V dan Fortuner. Adapun Suzuki memiliki Grand Vitara dan Jimny.

Pabrikan Amerika, Chevrolet, pun tak kalah gesit dengan menghadirkan dua SUV kekinian, yakni Trailblazer dan Trax.

Banyak yang gak tahu jika Chevrolet merupakan salah satu pioner di dunia SUV. Bahkan merekalah yang menularkan demam SUV di dunia otomotif. Nah, berikut sepak terjang Chevrolet di dunia SUV.

1. Chevrolet memperkenalkan Suburban Carryall

Sejarah Panjang SUV Chevrolet, Ada yang Dianggap Mobil Dinas Agen CIAGM Heritage Center

Chevrolet membuat kejutan saat meluncurkan Suburban Carryall pada 1935. Ini adalah SUV pertama yang pernah diproduksi pabrikan otomotif asal Amerika Serikat tersebut.

Suburban Carryall dibangun di atas sasis truk. Mobil ini memiliki dua kabin memanjang dengan tiga baris kursi, membuatnya mampu mengangkut 8 penumpang sekaligus.

Sampai saat ini Chevrolet masih memproduksi Suburban, menjadikannya sebagai nama yang paling lama digunakan dalam industri otomotif. Bisa dibilang Suburban adalah pionir SUV.

Baca Juga: Ini 5 Fitur Keselamatan The New Chevrolet Trailblazer

2. Chevrolet memproduksi SUV kedua mereka

Sejarah Panjang SUV Chevrolet, Ada yang Dianggap Mobil Dinas Agen CIAdrive.png

Kesuksesan Suburban membuat Chevrolet memproduksi SUV kedua mereka, yakni K5 Blazer. Ini adalah SUV Chevrolet yang pertama menggunakan nama Blazer.

Diluncurkan pada tahun 1969, K5 memiliki jarak sumbu roda lebih pendek dibandingkan dengan Suburban. Bagian atasnya dapat dilepas untuk membuatnya menjadi konvertibel. Mobil ini menggabungkan kemampuan off-road dengan fitur-fitur mewah saat itu.

Gak mengherankan jika K5 menjadi inspirasi bagi generasi penggemar kegiatan outdoor lifestyle untuk menikmati petualangan di berbagai medan off-road.

K5 adalah salah satu kendaraan pertama di industri otomotif yang digambarkan sebagai “sport utility vehicle” dalam dunia periklanan dan menjadikan sebuah kesuksesan besar bagi Chevrolet.

3. Chevrolet S-10 Blazer diperkenalkan

Sejarah Panjang SUV Chevrolet, Ada yang Dianggap Mobil Dinas Agen CIAMotor Authority

Untuk menjaga denyut kesuksesan K5, Chevrolet merilis model baru, yakni S-10 Blazer (atau Blazer), pada 1982.

Tak seperti K5, S-10 Blazer tampil lebih kompak. Pada tahun 1995, model ini memenangkan penghargaan Truck of the Year yang diselenggarakan oleh Motor Trend.

4. Trailblazer pertama kali diluncurkan

Sejarah Panjang SUV Chevrolet, Ada yang Dianggap Mobil Dinas Agen CIAMoiBibiki

Dominasi Chevrolet di dunia SUV semakin kuat saat mereka memperkenalkan Trailblazer pada tahun 1999. Mobil ini langsung menyabet penghargaan North American Truck of the Year.

Saat ini, generasi baru Trailblazer banyak terjual di berbagai belahan dunia. Baru-baru ini, Chevrolet memperkenalkan kembali Blazer sebagai midsize crossover untuk pasar Amerika Utara.

5. Chevrolet Tahoe yang banyak menghiasi film Hollywood

Sejarah Panjang SUV Chevrolet, Ada yang Dianggap Mobil Dinas Agen CIADok. IDN Times

Chevrolet juga memiliki SUV Tahoe yang legendaris. Mobil ini diperkenalkan pertama kali pada tahun 1995. Desainnya mirip Chevrolet Suburban namun dengan ukuran lebih pendek.

Kehadiran Tahoe ternyata disambut dengan sangat antusias oleh publik otomotif dunia. Bahkan mobil ini sering muncul di film-film Hollywood sebagai kendaraan dinas agen-agen rahasia AS, seperti yang digunakan oleh Samuel L. Jackson yang berperan sebagai Nick Fury dalam film Marvel.

Memasuki era 2000an, Chevrolet semakin mendominasi dunia SUV dengan menghadirkan berbagai SUV, seperti Traverse, Equinox, Trailblazer dan Trax.

Topic:

  • Dwi Agustiar

Just For You