Comscore Tracker

Deretan Lawan Berat All New Honda BR-V

Toyota Rush dan Mitsubishi Xpander bakal jadi lawan serius

Jakarta, IDN Times - PT Honda Prospect Motor (HPM) meluncurkan All New Honda BR-V pada Selasa (21/9/2022). Mobil hasil kawin silang MPV dengan SUV ini hadir dengan desain yang sangat fresh dan sporty.

Bahkan varian tertinggi All New Honda BR-V dibekali fitur canggih Honda SENSINGTM yang selama ini hanya ada di mobil-mobil premium Honda, seperti New Honda Odyssey, All New Honda Accord dan New Honda CR-V.

Keunggulan lain All New Honda BR-V ada di jantung pacunya. Mobil tujuh penumpang ini menggendong mesin 1.5L DOHC i-VTEC yang bisa menghasilkan tenaga 121 PS pada 6.600 rpm dan torsi maksimum 145 Nm pada 4.300 rpm.

Mesin tersebut dipadukan dengan sistem transmisi CVT yang lembut namun agresif. Selain itu Honda juga mengklaim mobil ini sangat irit bahan bakar.

Belum ada informasi resmi berapa mobil ini akan dibanderol. Namun kabar yang beredar All New Honda BR-V akan dijual mulai Rp260 jutaan.

Kalau angka ini benar, maka pasar LMPV dan LSUV bakalan panas. Sebab persaingan di segmen ini sudah sangat sengit. Nah, berikut lawan-lawan yang akan dihadapi All New Honda BR-V di pasar otomotif tanah air

1. Toyota Rush dan Daihatsu Terios

Deretan Lawan Berat All New Honda BR-Vtoyota.astra.co.id

Lawan terberat All New Honda BR-V adalah duo Toyota Rush dan Daihasu Terios. Sebab kedua mobil LMPV ini telah lama mendominasi pasar mobil tanah air. Nama besar Toyota dan Daihatsu agaknya menjadi faktor terbesar kesuksesan Rush dan Terios.

Selain itu Rush dan Terios juga dikenal tangguh, baik mesin maupun kaki-kakinya. Kelebihan lain dua mobil kembar ini ada pada sistem penggerak roda belakangnya (RWD). Sistem penggerak ini dianggap lebih handal saat melibas tanjakan curam.

Saat ini Toyota Rush dibanderol Rp 259,4-Rp280,9 juta sementara Daihatsu Terios dijual mulai Rp205,1-Rp 262,9 juta. Range harga yang sangat lebar di antara kedua mobil ini menjadi senjata mematikan lainnya.  

Baca Juga: Daftar Semua Varian All New Honda BR-V

2. Mitsubishi Xpander

Deretan Lawan Berat All New Honda BR-VIDN Times/Dwi Agustiar

Lawan berat lain yang harus dihadapi All New Honda BR-V adalah Mitsubishi Xpander. Mobil ini langsung menjadi primadona begitu dirilis pertama kali pada 2017. Bahkan penjualan Xpander sempat mengalahkan Terios dan Rush.

Suspensi yang nyaman dan tarikan mesin yang agresif menjadi keunggulan Xpander. Selain itu desain yang sporty dan agresif menjadi poin lebih dari mobil tujuh penumpang ini. Dan jangan lupakan brand Mitsubishi yang sangat legendaris.

Saat ini Xpander memiliki berapa varian, yakni Xpander dan Xpander Cross. Xpander dibanderol mulai Rp234,46-Rp 274,82 juta sementara Xpander Cross dijual mulai Rp259,54-Rp 312,65 juta.

3. Nissan Livina

Deretan Lawan Berat All New Honda BR-Vnissan.co.id

Mobil satu ini merupakan kembaran dari Mitsubishi Xpander. Sehingga mesin dan sasisnya tak berbeda jauh. Perbedaan paling mencolok antara Xpander dan Livina adalah desain eksteriornya. Sementara kenyaman dan fitur-fiturnya tidak jauh berbeda. Saat ini Nissan Livina dijual Rp224,3-Rp283,4 juta on the road Jakarta. 

4. Suzuki XL7

Deretan Lawan Berat All New Honda BR-VInstagram/suzukixl7.id

Lawan lain yang harus dihadapi All New Honda BR-V adalah Suzuki XL7. Dibandingkan Toyota Rush, Daihatsu Terios, Xpander, dan Nissan Livina, XL7 terbilang baru. Namun gebrakan mobil ini lumayan membuat pabrikan lain ketar ketir.

Sebab desain XL7 sangat kekinian dengan kenyamanan yang tidak jauh berbeda dengan Ertiga. Mobil ini juga dikenal sangat irit bahan bakar. Kelebihan lain XL7 ada pada finishing produknya yang lumayan rapih.

Saat ini Suzuki XL7 dibanderol Rp236,15-Rp272,73 juta.

Baca Juga: Spesifikasi Lengkap All New Honda BR-V 

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya