Comscore Tracker

Dua Pabrikan Mobil Asal China Siap Serbu Indonesia

Chery dan BYD akan masuk Indonesia

Jakarta, IDN Times - Persaingan pabrikan otomotif nasional sepertinya akan semakin sengit tahun depan. Sebab dua pabrikan asal China, yakni Chery dan BYD, akan meramaikan pasar mobil tanah air.

"Yang sudah mau bermain di Indonesia, hingga saat ini yang sudah siap adalah Chery. Mereka sudah ada pembicaraan sebelumnya," kata Sekretaris Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Kukuh Kumara, seperti dikutip dari ANTARA, Minggu (26/12/2021).

1. Meramaikan pasar SUV

Dua Pabrikan Mobil Asal China Siap Serbu Indonesiabestcarweb.jp

Chery kemungkinan akan menggarap pasar mobil sport utility vehicle (SUV). Sementara  BYD yang berkonsenstrasi pada kendaraan listrik. Dua segmen ini bukan pasar yang gampang. Sebab pasar SUV tanah air kini dikuasai dua pemain kuat, yakni Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport.

Sementara pasar mobil listrik masih dirintis. BYD juga harus bersaing ketat dengan dua pabrikan yang telah lebih dulu bermain di pasar mobil listrik tanah air, yakni Nissan dan Hyundai.  

"Sama dengan Chery, BYD juga sudah memiliki niat yang bulat untuk masuk ke Indonesia untuk produksi," kata dia.

Baca Juga: Almaz Dominasi Penjualan Wuling di GIIAS 2021

2. Pasar mobil nasional menggiurkan

Dua Pabrikan Mobil Asal China Siap Serbu IndonesiaDok. IDN Times

Kukuh Kumara mengatakan hadirnya kedua pabrikan otomotif asal China ini membuktikan pasar otomotif tanah air masih sangat menggiurkan. Gaikindo mencatat penjualan mobil baru nasional mencapai 790. 524 unit (Januari - November), naik 66,5 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Kenaikan juga ditorehkan pada lini produksi kendaraan bermotor sebesar 61,4 persen.

3. Semakin banyak pabrikan otomotif China bermain di tanah air

Dua Pabrikan Mobil Asal China Siap Serbu IndonesiaWuling Motors

Kehadiran Chery dan BYD akan menambah ramai pabrikan China yang bermain di pasar otomotif tanah air. Saat sudah ada tiga pabrikan China yang bertarung di pasar mobil Indonesia, yaitu Wuling, DFSK dan MG.

Semoga masuknya Chery dan BYD akan membuat persaingan mobil di Indonesia menjadi semakin kompetitif, ya!

Baca Juga: Daftar Harga Wuling Almaz Baru dan Bekas, Serta Keunggulannya

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya