Comscore Tracker

Imbas COVID-19, Pabrikan Mobil Menutup Sementara Pabrik Mereka  

Imbas domino virus corona

Jakarta, IDN Times - Wabah virus corona memukul semua sektor kehidupan, termasuk otomotif. Selain membuat pasar menjadi lesu, virus ini juga memaksa beberapa perusahaan menyetop sementara operasional pabrik mereka.

Pabrikan yang terpaksa menghentikan produksi mereka di Indonesia antara lain Honda dan Suzuki. Kedua perusahaan asal Jepang ini sama-sama menutup pabrik mereka selama 14 hari mulai 13 April mendatang.

1. Honda hentikan sementara pabrik mereka di Kawarang

Imbas COVID-19, Pabrikan Mobil Menutup Sementara Pabrik Mereka  Pabrik Honda Indonesia (ANTARA/HO)

PT Honda Prospect Motor (HPM) mengumumkan akan menghentikan operasional pabrik mereka di Karawang, Jawa Barat, selama 14 hari mulai 13 April 2020.

Pabrik yang bisa memproduksi 200 ribu unit per tahun tersebut memproduksi Honda Brio, Honda Mobilio, Honda BR-V, Honda HR-V, Honda CR-V, dan Honda Jazz.

“Dalam kondisi pasar yang sedang turun saat ini, sangat penting tetap menjaga level stok dan pasokan untuk konsumen agar tetap seimbang dengan permintaan pasar," kata Business Innovation and Marketing & Sales Director PT HPM, Yusak Billy seperti dikutip dari Antara.

Yusak Billy mengatakan, selama wabah virus corona, hanya lini produksi yang berhenti beroperasi. Sementara operasional lain di pabrik dan Head Office tetap berjalan. "Sesuai dengan aturan pemerintah saat ini," katanya.

2. Suzuki menghentikan operasional pabrik tiga pabrik hingga 24 April 2020

Imbas COVID-19, Pabrikan Mobil Menutup Sementara Pabrik Mereka  IDN Times/Dwi Agustiar

Sementara Suzuki Indonesia menghentikan produksi kendaraan mereka mulai 13 April 2020 sampai 24 April 2020. Keputusan sulit ini diambil untuk menyikapi wabah virus corona.

“Saat ini yang menjadi prioritas utama kami adalah kesehatan seluruh elemen perusahaan,” kata Seiji Itayama, President Director PT Suzuki Indomobil Motor/PT Suzuki Indomobil Sales, dalam siaran tertulis.

Penghentian operasional ini berlangsung di tiga lokasi pabrik Suzuki, yaitu di Cakung, Tambun, dan Cikarang.

Seiji Itayama mengatakan saat ini pihaknya fokus pada pelayanan after sales untuk pelanggan."Saya pastikan layanan after sales Suzuki akan tetap berjalan di masa yang berat ini,” kata Itayama.

Karena itu pelangga Suzuki tetap bisa mendapatkan layanan Home Service. Apabila kendaraan terpaksa harus dibawa ke bengkel, pelanggan bisa meminta layanan Pick Up Service.

3 Daihatsu juga menghentikan produksi mobil mereka

Imbas COVID-19, Pabrikan Mobil Menutup Sementara Pabrik Mereka  Daihatsu Gran Max (IDN Times/Dwi Agustiar)

Daihatsu saat ini telah menerapkan peraturan pemerintah tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dengan menghentikan produksi sementara dan seluruh outlet dan bengkel resmi di Jakarta sejak 10 April 2020.

4. Wuling lebih dulu bekukan pabrik di Cikarang

Imbas COVID-19, Pabrikan Mobil Menutup Sementara Pabrik Mereka  Dok. IDN Times/Aditya Perdana Putra

Sementara pabrikan mobil asal Tiongkok, Wuling, membekukan sementara pabrik mereka di Cikarang selama dua minggu sejak Senin 6 April 2020. Pabrik tersebut selama ini memproduksi empat jenis kendaraan, yaitu Confero, Cortez, Formo, dan Almaz.

Baca Juga: Menghidupkan Lagi BMW Lawas di Dealer Astra BMW Cilandak

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya