Comscore Tracker

Pasar Mobil Bekas Bergeliat, OLX Autos: Banyak Showroom Mulai Buka

Semoga dunia otomotif kembali berkibar

Jakarta, IDN Times - Pandemik COVID-19 berimbas pada hampir semua sektor, termasuk sektor penjualan mobil bekas. Banyak showroom mobil bekas tutup karena anjloknya penjualan. Maklum saja, pandemik membuat masyarakat cenderung menahan uang mereka.

Namun setelah hampir delapan bulan pandemik mengobrak-abrik perekomian negeri ini, penjualan mobil bekas mulai bergeliat kembali. Hal ini terungkap dalam survei “Sentiment Monitoring Study” yang digelar OLX Autos belum lama ini.

Survei tersebut menyebutkan, tiga bulan setelah diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), ada peningkatan pada penjualan dan pembelian mobil bekas.

1. Showroom mobil bekas mulai kembali dibuka

Pasar Mobil Bekas Bergeliat, OLX Autos: Banyak Showroom Mulai BukaGoogle Maps

Survei tersebut menunjukkan beberapa faktor yang melatarbelakangi mulai bergeliatnya pasar mobil bekas. Salah satu adalah mulai beroperasinya lagi showroom-showroom mobil bekas yang sempat tutup.

Saat ini, menurut survei tersebut, sudah ada 62 persen showroom yang beroperasi. Bandingkan dengan pada masa PSBB, saat itu hanya 32 persen showroom yang buka.

Mulai banyaknya showroom yang beroperasi ini selaras dengan naiknya pembelian dan penjualan sepanjang Agustus 2020 yang tingkat kenaikannya mencapai 50 persen.

Selain itu, rata-rata barang tersedia (stock) yang ada di showroom juga berkurang 35 persen menjadi 4,2 (dari sebelumnya 6,5) pada Agustus 2020. Hal ini memperlihatkan adanya minat masyarakat untuk membeli mobil bekas.

"Survei kami menemukan permintaan mobil bekas mengalami peningkatan sebanyak 15 persen- 20 persen semenjak relaksasi PSBB," demikian pernyataan resmi OLX Autos.

Baca Juga: 5 Mobil MPV Bekas Ini Harganya Gak Sampai Rp50 juta

2. Warga mulai berniat membeli mobil

Pasar Mobil Bekas Bergeliat, OLX Autos: Banyak Showroom Mulai BukaGoogle Maps

Suvei juga juga menyebutkan sebanyak 52 persen responden memiliki keinginan untuk membeli mobil dibandingkan pada masa awal pandemi yang hanya mencapai 22 persen.

Sementara itu sebanyak 43 persen responden mulai memilih menggunakan mobil pribadi, dibandingkan dengan awal masa pandemi yang hanya 33 persen.

"Secara perlahan, kini showroom mulai buka sehingga memberikan pilihan lebih banyak bagi masyarakat yang ingin membeli mobil,” ujar Johnny Widodo, CEO OLX Autos Indonesia dalam keterangan tertulis.

3. Penjualan mobil bekas masih menghadapi tantangan

Pasar Mobil Bekas Bergeliat, OLX Autos: Banyak Showroom Mulai BukaDok IDN Times/Soulmate Auto

Namun, selain pasar yang membaik, industri mobil bekas juga menghadapi beberapa tantangan yang merupakan dampak dari masa pandemi.

Keterbatasan dana merupakan tantangan yang paling banyak dihadapi pelanggan. Survei menyebutkan sebanyak 58 persen responden terkendala dana, sementara 46 persen menyatakan mereka mengurangi dana sebesar 5 persen yang mereka miliki untuk membeli mobil.

Di sisi lain, penjual pun tidak mau mengurangi harga mobil bekas yang mereka jual. Sehingga hal ini lah yang menjadikan tantangan bagi masyarakat di industri pasar mobil bekas.

Baca Juga: Lagi Berburu Mobil Bekas? Begini Cara Mengecek Keaslian Odometer  

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya