Comscore Tracker

Toyota Jadi Mobil Terlaris di Dunia, Mengalahkan VW Dua Tahun Beruntun

Toyota sukses mengelola kelangkaan chip

Jakarta, IDN Times - Grup Toyota Motor Corp kembali menjadi produsen otomotif dengan penjualan terbanyak di dunia pada 2021. Penjualan mobil di China dan Amerika Serikat menjadi tulang punggung pabrikan asal Jepang ini.

Kyodo, media Jepang, menyebutkan Grup Toyota Motor Corp berhasil menjual hampir 10,5 juta unit kendaraan atau naik sebesar 10,1 persen dari penjualan mobil secara global pada 2021.   

1. Toyota jadi produsen mobil terlaris di dunia dua tahun berturut-turut

Toyota Jadi Mobil Terlaris di Dunia, Mengalahkan VW Dua Tahun Beruntun5 produk baru TOYOTA GAZOO Racing (Dok. Toyota)

Angka penjualan sebanyak 10,5 juta unit yang berhasil dibukukan Grup Toyota Motor Corp jauh di atas saingan terberat mereka, yakni Volkswagen (VW). Sebab pabrikan asal Jerman ini hanya berhasil menjual 8,9 juta unit kendaraan secara global sepanjang 2021.

Bahkan penjualan VW turun sebesar 5 persen dari tahun 2020. Satu lagi, penjualan 8,9 juta unit dalam setahun adalah penjualan terburuk VW dalam satu dekade terakhir. Dan ini kedua kalinya VW kalah bersaing dengan Toyota dalam panjualan mobil secara global.

Sebab penjualan yang dibukukan VW pada 2020 hanya sebanyak 9,3 juta unit, kalah banyak dari Toyota yang berhasil menjual hingga 9,5 juta unit pada tahun yang sama.

2. Pandemik membaik, krisis chip menggila

Toyota Jadi Mobil Terlaris di Dunia, Mengalahkan VW Dua Tahun BeruntunPT Astra Daihatsu Motor

Pasar otomotif dunia saat ini memang sedang babak belur. Setelah dihantam pandemik sepanjang 2020, mereka harus menghadapi krisis chip pada 2021. Padahal saat itu kondisi mereka saat itu belum benar-benar pulih dari imbas COVID-19.

Beberapa pabrikan ternama, termasuk Toyota, bahkan sempat menghentikan produksi mereka akibat kelangkaan chip. Beberapa pabrikan juga ada yang terpaksa membekukan pabrik mereka.

3. Kunci sukses Toyota

Toyota Jadi Mobil Terlaris di Dunia, Mengalahkan VW Dua Tahun Beruntunglobal.toyota

Toyota adalah salah satu produsen mobil yang berhasil bangkit dari pandemik COVID-19. Mereka juga berhasil mengelola kelangkaan chip pada 2021. Selain itu pabrikan asal matahari terbit ini juga sukses menjaga pasar mereka tetap stabil di Asia.

Baca Juga: 5 Mobil SUV Toyota Pilihan, Tangguh dan Mewah

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya