Comscore Tracker

Jangan Asal, 6 Tips yang Harus Diperhatikan Dalam Membeli Mobil Bekas

Biar gak kecewa nantinya

Membeli mobil bekas biasanya jadi pilihan bagi mereka yang membutuhkan mobil tapi memiliki budget terbatas. Bukan tanpa alasan, tak sedikit mobil bekas yang memiliki tampilan dan performa layaknya mobil baru. Akan tetapi, membeli mobil bekas juga tidak boleh asal-asalan. Sebab salah, bukannya hemat, kamu malah bisa rugi karena salah membeli mobil.

Untuk itu, buat kamu yang hendak membeli mobil bekas, di bawah ini ada beberapa pertimbangan yang wajib kamu perhatikan agar kamu bisa mendapatkan mobil yang berkualitas.

1. Buat daftar mobil apa saja yang ingin kamu beli beserta rincian spesifikasinya

Jangan Asal, 6 Tips yang Harus Diperhatikan Dalam Membeli Mobil Bekasunsplash.com/Dan Gold

Pertama-tama, kamu perlu membuat daftar mobil apa saja yang sekiranya kamu inginkan dan sesuai dengan budget yang kamu miliki. Setelah itu, carilah informasi terkait mobil yang ada dalam wishlist-mu, berupa rincian spesifikasinya, kekurangan, dan kelebihannya.

Setelah melakukan survei dan menimbang matang-matang, pastikan kamu sudah bisa menentukan satu atau dua tipe mobil yang benar-benar worth to buy sesuai dengan kebutuhan dan budget yang kamu miliki.

2. Cari sebanyak-banyaknya informasi seputar harga mobil yang kamu inginkan di pasaran, tapi jangan sampai tergiur harga yang tidak masuk akal

Jangan Asal, 6 Tips yang Harus Diperhatikan Dalam Membeli Mobil Bekasunsplash.com/Darius Soodmand

Setelah mendapat tipe mobil yang rencananya akan kamu beli, jangan buru-buru mendatangi showroom untuk memilih-milih mobil. Cek dulu daftar harga mobil yang hendak kamu beli, baik harga baru maupun bekas secara online.

Cari informasi sebanyak mungkin untuk mengetahui berapa harga wajar mobil yang hendak kamu beli tersebut di pasaran. Dengan begitu, harapannya kamu akan mendapatkan harga terbaik, tapi jangan mudah tergiur dengan iklan yang menawarkan mobil dengan harga di bawah batas wajar.

3. Jangan lupa ajak orang yang paham perihal mobil untuk memeriksa kendaraan beserta surat-suratnya

Jangan Asal, 6 Tips yang Harus Diperhatikan Dalam Membeli Mobil Bekasunsplash.com/Jorge Zapata

Jika akhirnya kamu memutuskan untuk membeli mobil bekas di luar showroom, segera hubungi penjualnya, pertimbangkan untuk menghubungi penjual yang berjarak paling dekat dengan rumahmu atau yang menawarkan harga terbaik. Selain itu, jangan lupa pula membawa serta mekanik atau orang yang mengerti betul tentang mobil, terlebih jika ini adalah pertama kalinya kamu membeli mobil atau kamu tidak terlalu paham perihal mobil.

Tapi jika kamu sudah sangat ahli masalah permobilan, kamu mungkin tidak perlu jasa mekanik untuk membantumu mengecek kondisi mobil. Yang pasti, selain mengecek eksterior, interior, dan mesin mobil, jangan lupa pula untuk mengecek kelengkapan surat-surat dan catatan servis kendaraan; apakah servis dilakukan secara rutin dan lengkap, sebab servis kendaraan sangat memengaruhi kualitas dan performa kendaraan.

Baca Juga: 5 Perusahaan Mobil Terkenal Ini Awalnya Gak Bikin Mobil

4. Perhatikan waktu yang tepat untuk melakukan pengecekan, jangan lupa juga untuk melakukan test drive

Jangan Asal, 6 Tips yang Harus Diperhatikan Dalam Membeli Mobil Bekasunsplash.com/Artur Aldyrkhanov

Pastikan kamu tidak melakukan pengecekan pada malam hari. Sebab, pada malam hari pencahayaan sangat terbatas, sehingga terdapat risiko ada bagian-bagian yang terlewat. Selain itu, jangan melakukan pengecekan saat kamu atau si penjual sedang terburu-buru, karena hal ini akan membuat kamu tidak mengecek bagian-bagian mobil secara detail, yang tentunya akan merugikan kamu sebagai pihak pembeli.

Jangan lupa pula untuk melakukan test drive secara langsung. Test drive wajib dilakukan agar kamu mengetahui kondisi mobil yang sebenarnya. Selain itu, jangan hanya melakukan test drive dalam jarak dekat, sebab beberapa komponen tidak dapat kamu ketahui kondisinya jika kamu hanya melakukan test drive dalam jarak dekat. Jadi, lakukanlah test drive dalam jarak cukup jauh.

5. Jangan terburu-buru, tawar harga mobil tersebut untuk mendapatkan harga terbaik

Jangan Asal, 6 Tips yang Harus Diperhatikan Dalam Membeli Mobil Bekasunsplash.com/Tyler B

Setelah melakukan langkah-langkah di atas dan merasa mobil yang sudah kamu cek pantas dibeli, kamu bisa melakukan penawaran. Perlu diingat, jangan terlalu gembira dulu karena merasa tinggal selangkah untuk mendapatkan mobil yang kamu inginkan. Tetap pertimbangkan kekurangan dan kelebihan mobil, serta tentunya budget yang kamu punya.

Jangan buru-buru panik saat penjual mengatakan sudah ada pembeli lain yang menawar dengan harga lebih tinggi. Sebab, ada juga penjual yang berbohong dengan berkata demikian agar pembeli panik dan buru-buru mengiyakan harga yang ditawarkan penjual.

6. Tetap hati-hati terhadap penipuan, pastikan kamu hanya melakukan transaksi secara langsung dengan penjual

Jangan Asal, 6 Tips yang Harus Diperhatikan Dalam Membeli Mobil Bekasunsplash.com/Dan Gold

Nah, setelah melakukan proses tawar menawar dan mendapatkan harga yang kalian sepakati, kamu bisa membayar dan membawa pulang mobil tersebut beserta kelengkapannya.

Perlu diperhatikan, jika kamu melakukan pencarian secara online dan berniat melakukan pembelian melalui perseorangan, jangan mau mentransfer uang apa pun yang diminta penjual, misalnya dengan embel-embel sebagai tanda jadi, jika kamu belum pernah bertemu langsung dengan si penjual ataupun melihat langsung barang yang ia jual.

Dan kalaupun kamu berniat membeli mobil melalui showroom, pastikan kamu melakukan pembayaran melalui kasir resmi dan mendapatkan kuitansi pembayaran resmi pula.

Demikian tadi beberapa tips yang bisa kamu terapkan sebelum membeli mobil agar tidak tertipu dan kecewa. Semoga tips di atas bermanfaat untukmu!

Baca Juga: Bekas Tapi Lebih Berkelas, 5 Mobil SUV Ini Seharga Renault Triber 

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya