Comscore Tracker

Ada Daihatsu Ayla Bermesin Listrik di GIIAS 2022, Yuk Intip Bocorannya

Kira-kira kapan nih dijualnya, ya?

Jakarta, IDN Times - Salah satu mobil yang menarik perhatian pengunjung di booth Daihatsu pada gelaran GIIAS 2020 adalah Ayla EV. Tapi harus diingat ya, sampai saat ini Ayla EV atau Ayla dengan tenaga 100 persen listrik ini masih dalam tahap konsep saja.

Dari bagian eksteriornya terlihat bentuk Ayla masih kelihatan jelas, walaupun ada beberapa desain yang diubah agar mobil terlihat jadi lebih futuristis. Seperti ada parametric pattern pada bagian bumper depan, warna satine silver pada warna bodi mobil, ditambah dengan aksen electric yellow yang menjadi representasi dari kendaraan listrik. Pada rodanya, Ayla EV menyematkan 17 inch Alloy Wheel yang kekinian.

1. Interior dan spek Ayla EV

Ada Daihatsu Ayla Bermesin Listrik di GIIAS 2022, Yuk Intip BocorannyaInterior Ayla EV (dok. ADM)

Masuk ke dalam interiornya, ada panel instrumen TFT berukuran 7-inci, desain jok baru, serta kaca spion yang memakai layar digital di sisi kanan-kiri dashboard yang bikin mobil ini terlihat lebih futuristis lagi.

Untuk spek teknisnya, Ayla EV dibekali motor listrik berdaya 60 kW dan baterai lithium-ion 32 kWh. Ayla EV dikembangkan oleh para engineer lokal dengan melakukan pengembangan pada bagian dan part tertentu seperti drivetrain, battery, under body, dan suspension.

Baca Juga: Deretan Mobil Listrik Imut di GIIAS 2022, Ada Daihatsu Ayla EV!

2. Alasan Daihatsu konversi Ayla menjadi listrik

Ada Daihatsu Ayla Bermesin Listrik di GIIAS 2022, Yuk Intip BocorannyaBuritan Daihatsu Ayla EV (IDN Times/Fadhliansyah)

Daihatsu Ayla dipilih untuk dikonversi karena merupakan mobil LCGC pertama yang didesain oleh engineer lokal, dan dibuat di Indonesia. Produksi Ayla melibatkan lebih dari 1.000 supplier lokal, serta mencapai kandungan lokal hingga 80 persen.

Daihatsu Ayla juga sangat diminati di Indonesia, dan sudah terjual lebih dari 255 ribu unit dari awal diluncurkan 2013 lalu sampai Juli 2022 kemarin.

"Dari Indonesia, Untuk Indonesia adalah visi utama kami. Daihatsu juga memulai pengembangan Baterai EV di pusat R&D sebagai wujud usaha kami menuju era elektrifikasi," kata Yasushi Kyoda, President Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

3. Daihatsu juga pamerkan Rocky e-smart

Ada Daihatsu Ayla Bermesin Listrik di GIIAS 2022, Yuk Intip BocorannyaDaihatsu Rocky hybrid (IDN Times/Fadhliansyah)

Sayangnya, belum ada informasi kapan Ayla versi listrik ini akan benar-benar dijual untuk umum. Pihak Daihatsu menyebut saat ini sedang melakukan studi lebih lanjut mengenai hal ini.

Selain Ayla EV, Daihatsu juga memamerkan Rocky e-smart, yang merupakan Rocku versi hybrid di GIIAS 2022. Rocky e-Smart dibekali mesin tiga silinder 1.197 cc WA-VEX yang bisa mengeluarkan tenaga maksimum 80 dk pada 5.600 rpm dan torsi 105 Nm pada 3.200-5.200 rpm, lalu mesin itu menjadi generator untuk motor listrik penggerak roda depan bertenaga 78 kW dan torsi 170 Nm.

Baca Juga: Punya Fitur Kekinian, Daihatsu Pede Ayla Jadi Mobil Tepat Milenial

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya