Comscore Tracker

Ada Huruf S dan B di Tuas Transmisi Daihatsu Sirion, Ini Artinya

Beda dari Sirion generasi sebelumnya, nih

Jakarta, IDN Times - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) meluncurkan New Sirion awal Juni 2022. Banyak yang berubah di New Sirion, seperti eksterior, interior, hingga transmisinya. Bahkan mobil berjenis city car ini kini dibekali transmisi baru D-CVT yang diklaim bisa meningkatkan akselerasi menjadi lebih responsif.

Karena penggunaan transmisi baru D-CVT inilah yang membuat New Sirion tuas transmisinya berbeda dari versi sebelumnya. FYI, Transmisi matik Sirion sebelumnya punya simbol D4, 3, dan serta 2.

1. Ada huruf S dan B di New Sirion

Ada Huruf S dan B di Tuas Transmisi Daihatsu Sirion, Ini ArtinyaTuas transmisi Daihatsu New Sirion (Dok. ADM)

Sementara di New Sirion, kombinasi yang digunakan pada tuas transmisinya adalah P-R-N-D-S-B. Mungkin di antara kamu masih ada yang belum tahu arti dari huruf S dan B pada tuas tersebut.

Yang pertama huruf S adalah kependekan dari Sport yang menurut penjelasan Dendy Triyanto, Marketing Product 1 Dept. Head PT ADM), berguna saat di tanjakan atau menyalip. Sedangkan huruf B merupakan kependekan dari Braking atau pengereman.

"Kalau B itu digunakan pada saat turunan yang cukup curam, jadi membantu pengereman," kata Dendy beberapa waktu lalu di Kota Manado, Sulawesi Utara.

Baca Juga: Test Drive Daihatsu New Sirion, Dimanjakan Fitur-fitur Baru

2. S dan B sangat membantu di perjalanan

Ada Huruf S dan B di Tuas Transmisi Daihatsu Sirion, Ini ArtinyaMedia test drive Daihatsu New Sirion (IDN Times/Fadhliansyah)

Saat IDN Times berkesempatan menjajal Daihatsu New Sirion di Kota Manado kemarin (21-23/6/2022), memang cukup terasa perbedaan antara transmisi D dengan S. Ketika posisi tuas berada di S, mobil terasa lebih spontan dan akselerasinya semakin responsif.

Hal ini sangat membantu ketika menghadapi situasi jalan tertentu, seperti menyalip kendaraan di depan maupun melahap tanjakan. Begitu juga dengan tuas berada di posisi B, yang sangat membantu memberikan efek engine brake ketika melewati turunan. Dengan begitu kinerja rem mobil menjadi tidak terlalu berat, sekaligus bisa menghentikan mobil dengan sempurna di turunan ekstrem.

3. Transimisi D-CVT sudah dipakai di mobil Daihatsu lain

Ada Huruf S dan B di Tuas Transmisi Daihatsu Sirion, Ini ArtinyaMesin Daihatsu New Sirion (IDN Times/Fadhliansyah)

Transmisi D-CVT ini sebenarnya sudah hadir di Daihatsu Xenia dan Rocky, sebelum akhirnya disematkan juga pada New Sirion. Malah di Jepang transmisi D-CVT juga sudah sejak lama diaplikasikan pada mobil-mobil Kei Car Daihatsu.

Simpelnya, transmisi D-CVT atau Dual CVT ini mirip dengan CVT biasa, yang menggunakan primary pulley dan secondary pulley berikut dengan sabuk baja sebagai penghubungnya. Tetapi, ada tambahan komponen berupa planetary gear yang bisa mencegah kehilangan tenaga ketika putaran mesin sedang tinggi.

Baca Juga: New Sirion Minus Teknologi A.S.A, Ini Jawaban Daihatsu

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya