Comscore Tracker

Keunggulan Kia Sorento HEV, Mobil Hybrid Bertabur Fitur Canggih

Harganya di bawah Rp1 miliar

Jakarta, IDN Times - Selain dua mobil full listrik Kia Niro EV dan EV6 GT-Line, PT Kreta Indo Artha (KIA) juga memperkenalkan mobil dengan teknologi hybrid di ajang GIIAS 2022.

Mobil yang dimaksud ialah Kia Sorento HEV. Ini menandakan keseriusan KIA dalam mendukung target pemerintah untuk mewujudkan ekosistem otomotif yang berbasis low carbon emission.

"Kia Sorento berbasis teknologi hybrid, serta Kia Niro EV dan Kia EV6 yang merupakan Full BEV, kami hadirkan untuk menunjukkan teknologi elektrifikasi yang kami miliki telah siap untuk diperkenalkan di Tanah Air," kata Ario Soerjo, Marketing & Development Division Head KIA, Kamis (11/8/2022).

1. Desain eksterior Kia Sorento HEV

Keunggulan Kia Sorento HEV, Mobil Hybrid Bertabur Fitur CanggihBuritan Kia Sorento HEV (dok. KIA)

Melihat tampilannya, Kia Sorento HEV masih memiliki tampilan khas Kia dengan grille 'Tiger Nose'. Lampu utamanya memakai Dual Projection LED dengan High Beam Assist, lengkap dengan DRL yang juga dari LED. Di bawah grille ada air intake berukuran besar, yang menegaskan Sorento sebagai sebuah SUV.

Beralih ke belakang, lampu LED berbentuk vertikal terpasang di buritannya. Kesan tangguh di buritan diberikan lewat aksen silver pada bumper bagian bawah, yang terintegrasi dengan lampu kabut belakang, lubang knalpot ganda, serta under guard.

Baca Juga: Alasan Mobil Listrik Lebih Mahal dari Mobil Konvensional

2. Interior Sorento HEV

Keunggulan Kia Sorento HEV, Mobil Hybrid Bertabur Fitur CanggihInterior Kia Sorento HEV (dok. KIA)

Masuk ke dalam kabinnya, terasa lapang berkat adanya Panoramic Sunroof berukuran besar di atas. Selain kesan mewah juga bisa dilihat dari balutan kulit di sebagain besar interiornya, seperti pada lingkar setir, trim pintu, serta tempat duduknya.

Jok bagian depan dilengkapi ventilasi serta pengaturan elektrik dengan memori penyimpanan posisi. Pada baris kedua, ada jok captain seat yang pastinya bikin penumpang jadi lebih nyaman.

Pada area dashboard, ada head unit dan panel instrument yang sama-sama berukuran 12,3 inci. Head unit ini sudah termasuk konektivitas bluetooth, Apple CarPlay dan Android Auto. Kia juga menyematkan 12 speaker BOSE Premium di Sorento HEV ini.

3. Fitur safety dan spek mesin Sorento HEV

Keunggulan Kia Sorento HEV, Mobil Hybrid Bertabur Fitur CanggihRuang mesin Kia Sorento HEV (dok. Kia)

Dari sisi keselamatan, Hyundai menyematkan enam buah airbag dan fitur Advance Driver Assistance System (ADAS) yang terdiri dari Smart Cruise Control (SCC), Lane Following Assist (LFA), Lane Keeping Assist (LKA), Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA), Blind-Spot View Monitor (BVM), Safe Exit Warning (SEW), Manual Speed Limit Assist (MSLA), serta Forward Collision-Avoidance Assist (FCA) .

Urusan spesifikasi, Sorento HEV menggendong mesin Smartstream G1.6 T-Gdi, CVVD 4-silinder segaris berkapasitas 1,6 liter dengan turbocharger. Mesin ini diklaim punya tenaga maksimum sampai 179 PS dan torsi 264 Nm. Lalu ada motor listrik berdaya 44 kW, yang membuat kombinasi tenaga Sorento HEV mencapai 230 PS dan torsinya 350 Nm, yang disalurkan ke roda depan lewat transmisi otomatis 6-percepatan. Oya, Sorento HEV juga menggendong baterai lithium-ion berkapasitas 13 kWh.

Kabarnya, mobil ini sudah bisa dipesan dengan estimasi harga sekitar Rp900 jutaan. Kalau berminat, kamu bisa langsung datang ke booth Kia di GIIAS 2022, ya!

Baca Juga: OLX Autos Dorong Industri Otomotif Indonesia Lewat GIIAS 2022

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya