Comscore Tracker

Mengenal xEV Center, Fasilitas Belajar Toyota Khusus Elektrifikasi

Dibangun untuk menyambut era kendaraan elektrifikasi

Jakarta, IDN Times - PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) hari ini (19/5/2022) meresmikan "xEV Center", yang merupakan fasilitas pembelajaran dan pengembangan kapabilitas elektrifikasi serta energi hijau. Peresmian ini dilakukan oleh jajaran Kementerian Perindustrian RI.

Indonesia memang memasuki momentum peralihan transportasi rendah emisi yang lebih ramah lingkungan. Presiden Joko Widodo juga telah mengesahkan Peraturan Presiden (Perpres) tentang Nilai Ekonomi Karbon (NEK), yang akan menurunkan emisi karbon sebesar 41 persen dengan dukungan internasional pada tahun 2030.

"Di tengah upaya Pemerintah mewujudkan kendaraan ramah lingkungan, pembangunan xEV Center oleh TMMIN berperan penting dalam mendidik dan menginspirasi masyarakat, termasuk generasi berikutnya, untuk berinovasi dan mengembangkan teknologi kendaraan elektrifikasi di tanah air," ujar Menteri Perindustrian RI Agus Gumiwang Kartasasmita dalam siaran resmi.

Baca Juga: Mengenal Toyota Sports 800, Supercar Pertama Toyota 

1. xEV Center merupakan upaya Toyota menyambut era elektrifikasi

Mengenal xEV Center, Fasilitas Belajar Toyota Khusus ElektrifikasiIlustrasi mobil listrik Toyota (Dok. TMMIN)

Industri otomotif memiliki peran dalam menyebarkan pengetahuan kepada publik secara mendalam, akan pentingnya transformasi Indonesia menuju era elektrifikasi. Warih Andang Tjahjono Presiden Direktur PT TMMIN mengatakan, xEV Center ini adalah wujud nyata kolaborasi dan sinergi positif triple helix antara pemerintah, akademisi, dan industri otomotif.

"Kami mendukung penuh pemerintah dalam upaya berkelanjutan dalam mencapai target netralitas karbon, karenanya xEV Center kami kembangkan sebagai bagian dari ekosistem era elektrifikasi melalui advokasi publik mengenai ragam pilihan dan teknologi elektrifikasi," ucap Warih.

Baca Juga: Toyota Innova Terbakar di Pintu Tol ITERA, Arus Kendaraan Sempat Macet

2. xEV Center akan menjadi fasilitas edukasi publik

Mengenal xEV Center, Fasilitas Belajar Toyota Khusus ElektrifikasixEV Center akan menjadi fasilitas pembelajaran kendaraan elektrifikasi (Dok. TMMIN)

xEV Center ini dibangun di lokasi pabrik TMMIN Karawang 3 dengan luas 600 meter persegi. Bentuk arsiteturnya punya pola Triangle Shape yang terinspirasi dari kolaborasi triple helix. Huruf x di depan EV yang merupakan kepanjangan elektrifikasi, merupakan wujud ragam teknologi elektrifikasi yang sudah ada seperti hybrid, battery, plug in dan juga fuell cell.

Rencananya xEV Center ini akan menjadi fasilitas edukasi yang bisa diakses dengan mudah oleh seluruh publik, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya mencapai lingkungan yang lebih hijau.

Baca Juga: Toyota Innova Hycross, Generasi Baru Innova Bermesin Hybrid?

3. Fasilitas yang ada di xEV Center

Mengenal xEV Center, Fasilitas Belajar Toyota Khusus ElektrifikasiBangunan xEV Center di Karawang (Dok. TMMIN)

Pada fase pertama, xEV Center berfokus untuk menyajikan berbagai informasi mengenai elektrifikasi dengan berbagai fasilitas di antaranya 1. HEV, PHEV, BEV Showcase & Driving Experience, 2. xEV Cut Body, 3. xEV Main Component (Battery, Power Control Unit (PCU), Transaxle), dan 4. Outdoor Charging Station.

Langkah selanjutnya, xEV Center akan meningkatkan fasilitasnya sebagai Toyota Capability Center dengan perluasan area Eco-Renewable Energy and Research, lalu akan diikuti dengan area Mobility. Dengan fokus utama bagi elektrifikasi teknologi di tahap pertama, fokus pada energi hijau menjadi target di fase kedua, sedangkan Mobility akan menjadi fokus di fase ketiga.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya