Comscore Tracker

Toyota Siapkan Fortuner Hybrid, Kapan Diluncurkan?

Kabarnya akan diluncurkan pertama di Thailand

Jakarta, IDN Times - Setelah ada rumor bahwa Toyota sedang mengerjakan mesin diesel dengan teknologi hybrid, kali ini terbongkar kalau teknologi yang disematkan adalah mild-hybrid. Mengutip Rushlane (27/5/2022), Fortuner menjadi SUV pertama Toyota yang dibekali mesin diesel mild-hybrid ini.

Kabarnya Fortuner mild-hybrid akan diluncurkan tahun 2023 mendatang di Thailand, baru menyusul ke negara-negara Asia lainnya. Secara ubahan eksterior diduga tak banyak berubah dari generasi sebelumnya, hanya saja logo Toyota di depan kini diberikan aksen biru. Logo Toyota berwarna biru ini adalah simbol kendaraan elektrifikasi.

Baca Juga: 5 SUV Terlaris Februari 2022, Pajero Sport atau Toyota Fortuner?

1. Spesifikasi Toyota Fortuner mild-hybrid

Toyota Siapkan Fortuner Hybrid, Kapan Diluncurkan?Toyota Fortuner mild-hybrid meluncur tahun depan (headlightmagazine)

Dikabarkan juga Toyota Fortuner mild-hybrid ini memakai platform TNGA-F, seperti yang digunakan pada Lexus LX 600, Toyota Land Cruiser 300, Toyota Sequoia dan Tundra di Amerika Serikat.

Bagian mesinnya, Fortuner 2023 ini akan memakai mesin diesel kode 1GD-FTV 2.8L turbocharger. Mesin ini yang kemudian dikombinasikan dengan teknologi mild-hybrid, lewat alternator khusus yang kemungkinan sama dengan kepunyaan mild-hybrid pada mobil Suzuki, yaitu integrated starter generator (ISG).

2. Mesin akan lebih bertenaga dibanding generasi sebelumnya

Toyota Siapkan Fortuner Hybrid, Kapan Diluncurkan?

Walaupun detail seperti tenaga, torsi, dan yang lainnya masih belum diketahui, tetapi mesin 2.8L pada generasi mild-hybrid nanti diharapkan bisa mengeluarkan output tenaga yang lebih baik dari yang sudah ada.

Sebagai informasi, saat ini mesin 1GD-FTV pada Fortuner bisa mengeluarkan tenaga maksimal 201 dk dan torsi maksimal 500 Nm. Mesin ini dikombinasikan dengan transmisi otomatis 6-percepatan dengan sequential shift dan paddle shift.

3. Kelebihan teknologi mild-hybrid pada Fortuner

Toyota Siapkan Fortuner Hybrid, Kapan Diluncurkan?Toyota Fortuner GR (Dok. Toyota Indonesia)

Alternator yang terpasang pada Fortuner mild-hybrid, bisa memberikan berbagai keuntungan saat digunakan. Seperti bisa mengumpulkan energi kinetik saat pengereman, bisa memberikan tambahan torsi saat akselerasi, dan membuat konsumsi bahan bakar lebih efisien berkat sistem auto-start/stop.

Fitur-fitur modern juga akan disematkan pada Toyota Fortuner mild-hybrid, seperti layar infotainment sentuh dengan ukuran besar, Vehicle Stability Control (VSC), sunroof, Electric Power Steering (ESP), dan yang lainnya.

Baca Juga: Toyota Fortuner Diekspor ke Australia, Jokowi: Bukti Kualitas SDM Kita

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya