Comscore Tracker

Tips Merawat Kaca Mobil di Musim Hujan

Biar perjalanan menjadi menyenangkan

Jakarta, IDN Times - Berkendara saat hujan seringkali merepotkan. Apalagi jika kaca depan mobilmu berjamur, membuat pandangan menjadi tidak jernih. 

Selain tidak nyaman, kondisi ini juga membahayakan, lho. Karena itu sangat penting merawat kaca depan mobil. Berikut tipsnya: 

1. Jangan mencuci kaca dengan sabun yang mengandung deterjen

Tips Merawat Kaca Mobil di Musim HujanUnsplash/Christian Wiediger

Merawat kaca salah satunya dengan membersihkannya secara rutin. Untuk itu kamu bisa menggunakan air atau sabun mandi. Jangan gunakan deterjen ya, karena kandungan pada deterjen justru bisa merusak lapisan kaca mobilmu. 

Baca Juga: Cek Bagian Dalam Mesin, Inilah 5 Tips Merawat Mobil Saat Musim Hujan

2. Jangan gunakan obat antijamur kaca sembarangan

Tips Merawat Kaca Mobil di Musim Hujanpinterest.com

Saat ini memang banyak obat antijamur kaca di pasaran. Namun pastikan kamu membeli produk yang tepat. Sebab, salah memilih produk, bisa-bisa bukan jamurnya yang hilang, melainkan kaca depanmu yang menjadi buram. 

3. Jangan sering dijemur

Tips Merawat Kaca Mobil di Musim HujanUnplash/why kei

Untuk menghindari kaca buram sebisa mungkin hindari mobil dari paparan sinar matahari langsung saat diparkir. Selain bisa membuat kaca menjadi buram, panas sinar matahari juga bisa menyebabkan karet-karet jendela mobil menjadi getas. 

4. Jangan biarkan air mengering di kaca mobil

Tips Merawat Kaca Mobil di Musim HujanUnsplash/Darwin Vegher

Jika mobilmu habis tersiram hujan, sebisa mungkin kaca mobilmu langsung dilap. Jangan biarkan air hujan mengering di kaca mobilmu, karena itu akan menimbulkan bercak yang sulit dihilangkan. 

5. Periksa karet wiper

Tips Merawat Kaca Mobil di Musim HujanUnsplash/@overdriv3

Karet wiper yang sudah getas bisa merusak kaca depan mobilmu. Karena itu pastikan kelenturan karet wiper. Kalau terpaksa, sebaiknya ganti karet wiper yang sudah getas.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Jamur & Minyak Kaca Mobil dengan 2-3 Batang Rokok

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya