Comscore Tracker

Tol Cisumdawu Mulai Beroperasi Hari Ini, Ridwan Kamil: Gratis 2 Pekan 

Ada tiga keuntungan dari Tol Cisumdawu nih

Jakarta, IDN Times - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memastikan Tol Cisumdawu Seksi 1 mulai beroperasi hari ini, Selasa (25/1/2022). Tol tersebut akan digratiskan selama 2 minggu ke depan.

"Tol Cisumdawu Seksi 1 akan mulai beroperasi besok Selasa tanpa tarif sekitar 2 minggu ke depan sebagai bagian dari sosialisasi kepada masyarakat," kata Ridwan Kamil dalam keterangan tertulis, Senin (24/1/2022).

1. Tol Cisumdawu akan percepat pergerakan arus barang

Tol Cisumdawu Mulai Beroperasi Hari Ini, Ridwan Kamil: Gratis 2 Pekan Ilustrasi Tol Cisumdawu (dok. Kementerian PUPR)

Ridwan Kamil menyampaikan apresiasi atas beroperasinya Tol Cisumdawu Seksi Cileunyi-Pamulihan. Menurutnya, kehadiran Tol Cisumdawu akan mempercepat pergerakan arus barang dan jasa dari Jawa Barat wilayah selatan menuju utara atau sebaliknya.

Tol Cisumdawu juga merupakan salah satu tol terindah di Indonesia dengan pemandangan dataran tinggi di Jawa Barat.

"Jadi daya sangat optimistis tahun 2022 ini ekonomi akan bangkit salah satunya dengan dibukanya Tol Cisumdawu Seksi 1," kata Ridwan Kamil.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit mengatakan berdasarkan hasil uji coba, Tol Seksi Cileunyi - Pamulihan dapat memangkas waktu tempuh dari sebelumnya via Jalan Raya Bandung - Cirebon membutuhkan sekitar 60 menit menjadi sekitar 15 menit.

Baca Juga: Tol Cisumdawu Ditagetkan Rampung Pertengahan 2022, Ini Progresnya

2. Tol Cisumdawu bisa bantu pengembangan ekonomi

Tol Cisumdawu Mulai Beroperasi Hari Ini, Ridwan Kamil: Gratis 2 Pekan Ilustrasi Tol Cisumdawu (dok. Kementerian PUPR)

Pada kesempatan yang sama, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan penyelesaian pembangunan Jalan Tol Cisumdawu sangat penting untuk efektivitas operasional Bandara Kertajati, Pelabuhan Patimban, serta pengembangan ekonomi kawasan Ciayu Majakuning dan Kawasan Rebana Jawa Barat.

"Saya apresiasi upaya-upaya yang telah dilakukan oleh Ditjen Bina Marga dan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) dalam rangka percepatan penyelesaian Tol Cisumdawu," kata Basuki.

3. Tol Cisumdawu memangkas waktu perjalanan hingga 50 persen

Tol Cisumdawu Mulai Beroperasi Hari Ini, Ridwan Kamil: Gratis 2 Pekan Ilustrasi Tol Cisumdawu (dok. Kementerian PUPR)

Danang menambahkan apabila seluruh ruas Tol Cisumdawu beroperasi dan terkoneksi dengan Akses Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati manfaatnya yang dirasakan akan semakin besar. Jarak dan waktu tempuh perjalanan dari wilayah Bandung ke Bandara Kertajati secara signifikan terpangkas hingga 50 persen.

"Kalau saat ini jarak dari Bandung ke Bandara Kertajati sekitar 160-180 km, sedangkan dengan adanya Tol Cisumdawu menjadi sekitar 60 km. Harapannya Bandung menuju Kertajati bisa 1 jam," ujar Danang.

Baca Juga: 3 Alasan Truk Sering Memicu Kecelakaan

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya