Comscore Tracker

Berkendara Tetap Aman, Ini 5 Tips Menghindari Ranjau Paku di Jalan

Biar keselamatan terjaga

Entah sengaja disebar atau tidak, paku-paku yang bertebaran di jalan raya memang memberikan ketidaknyamanan bagi banyak pengendara. Selain membahayakan keselamatan, keberadaan paku-paku tersebut biasanya menjadi awal terjadinya kejahatan. Jika tidak waspada dan hati-hati, ban yang terkena ranjau paku di jalan raya bisa saja dialami oleh banyak orang.

Nah, berikut ini beberapa tips aman agar kamu terhindar dari ranjau paku yang ditebarkan di jalan raya oleh pihak-pihak tak bertanggung jawab;

1. Jangan nekat menerobos kubangan jalan

Berkendara Tetap Aman, Ini 5 Tips Menghindari Ranjau Paku di Jalandriving.ca

Terutama di area jalan raya yang belum tersentuh program pemerintah, tentu kamu harus hati-hati saat melintas kubangan di setiap sisi jalan. Ranjau paku biasanya sengaja ditebarkan pada kubangan yang sudah tergenang air agar keberadaannya tidak terlihat oleh pengendara. Selain berpotensi ban gembos, mobil yang menerobos kubangan pun akan mengalami goncangan yang juga berdampak buruk bagi bagian-bagian mobil lainnya.

2. Maksimalkan fungsi lampu pada malam hari

Berkendara Tetap Aman, Ini 5 Tips Menghindari Ranjau Paku di JalanPixabay.com/Free-Photos

Jika berkendara pada malam hari, usahakan memaksimalkan fungsi lampu agar pandangan di depan jalan raya bisa tetap terjaga. Karena paku bentuknya kecil dan sulit terdeteksi, kamu perlu mewaspadai keberadaannya dengan sorotan lampu di depan mobil. Hindari sisi-sisi jalan yang berpotensi disebarnya ranjau paku di jalan raya.

Baca Juga: 5 Tips Menyalip Kendaraan Menurut Undang-undang, Sudah Patuh Belum?

3. Hindari melintas di area kiri jalan raya

Berkendara Tetap Aman, Ini 5 Tips Menghindari Ranjau Paku di JalanPixabay.com/cocoparisienne

Ingat ya, para penebar ranjau biasanya melakukan aksinya tanpa diketahui banyak orang. Mereka biasanya melakukan tebar ranjau sambil berjalan santai di sisi kiri jalan raya. Untuk menghindari ranjau paku, hindari melintas di area kiri jalan raya. Sebaiknya, pilihlah area di tengah atau sisi kanan jalan raya agar keselamatan ban bisa terjaga.

4. Jangan melindas barang-barang sampah yang tercecer di jalan raya

Berkendara Tetap Aman, Ini 5 Tips Menghindari Ranjau Paku di Jalangermistoncitynews.co.za

Selain di dalam kubangan dan sisi kiri jalan raya, pelaku kejahatan juga biasanya menebar ranjau di dalam tumpukan sampah yang tercecer di jalan raya. Kamu yang terbiasa melindas sampah ringan di jalan raya sebaiknya berhati-hati dan tetap waspada ya? Kebanyakan tak disadari banyak pengendara, ban gembos di jalan raya tak bisa dihindari saat kamu nekat melindas sampah-sampah ringan yang tercecer di tengah jalan.

5. Jangan lupa membawa ban cadangan

Berkendara Tetap Aman, Ini 5 Tips Menghindari Ranjau Paku di Jalanautoblog.com

Ingat ini, jangan lupa juga membawa ban serep jika ingin melakukan perjalanan jauh ya? Karena kamu tidak bisa memprediksi apa yang akan terjadi di jalan raya, kamu perlu melakukan antisipasi dengan menyiapkan ban cadangan. Ketika ban gembos karena ranjau paku di jalan raya, kamu tinggal menggantinya dengan ban serep.

Jadi, tetap waspada ya guys?

Baca Juga: 5 Pantangan Mobil Matik, Perhatikan Ya Biar Transmisi Gak Jebol

Iip Afifullah Photo Verified Writer Iip Afifullah

Someone

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You