5 Tips Simpel Merawat Bumper Mobil, Antisipasi Utama Kecelakaan

Jangan diabaikan ya?

Selain untuk memperindah bagian depan mobil, bumper juga memiliki fungsi utama menyelamatkan bagian depan dari tubrukan yang berpotensi menimbulkan kecelakaan. Penting diperhatikan, merawat bumper tentu saja menjadi kewajiban setiap pengendara agar tetap aman berkendara. Jika tak dirawat secara intensif, maka potensi bagian depan mobil tergores bisa lebih besar.

Nah, berikut ini beberapa trik simpel bagaimana cara merawat bumper mobil agar tetap awet dan layak pakai.

1. Jangan memaksakan diri melintasi medan jalan yang buruk dan berbahaya

5 Tips Simpel Merawat Bumper Mobil, Antisipasi Utama Kecelakaanksa.motory.com

Jika tidak benar-benar terpaksa, sebaiknya hindari medan atau zona jalan raya yang buruk dan membahayakan. Potensi bumper bertubrukan dengan kendaraan atau benda-benda terdekat bisa lebih besar saat kamu melintasi medan jalan yang buruk. Jadi, usahakan selalu melintasi jalan raya yang aman dan terbebas dari gangguan apapun agar bumper tetap aman.

2. Cek dan kencangkan secara rutin sekrup, mur dan baut agar tidak renggang dan berpotensi dol

5 Tips Simpel Merawat Bumper Mobil, Antisipasi Utama Kecelakaangoldsun.in

Apalagi jika mobil sering digunakan di jalan dengan tingkat goncangan yang cukup tinggi, maka sekrup-sekrup bumper pun biasanya akan merenggang tak terduga. Untuk mengatasinya, cek secara rutin dan kencangkan bagian sekrup, mur, baut dan lainnya agar bumper tetap dalam posisi yang pas dan tetap. Dengan rutin melakukan pengecekan mur dan baut, maka potensi sekrup renggang dan dol pun bisa diminimalisir dengan segera.

Baca Juga: Benarkah Mobil SUV Mudah Terguling? Ini Penjelasannya

3. Agar tetap terlihat kinclong dan menarik, jangan lupa memoles dengan polesan khusus bumper

5 Tips Simpel Merawat Bumper Mobil, Antisipasi Utama Kecelakaanolx.co.id

Karena letaknya di depan, bumper mobil biasanya akan cepat kusam jika tidak dirawat dengan baik. Selain rajin dibersihkan, kamu juga perlu memoles bumper mobil dengan pemoles khusus yang banyak tersedia di pasaran. Selain bumper mobil akan awet, permukaannya pun sudah pasti akan tetap kinclong dan menyejukkan mata.

4. Jangan melakukan modifikasi bumper terlalu ekstrem sehingga tak sesuai spesifikasi

5 Tips Simpel Merawat Bumper Mobil, Antisipasi Utama Kecelakaanpolyvance.com

Ingat ya, jangan karena alasan ingin modifikasi, kamu mengganti bumper mobil yang spesifikasinya tidak sesuai dengan ketentuan. Posisi bumper yang terlalu atas atau terlalu rendah juga mempengaruhi kenyamanan dan keamanan berkendara. Boleh sih melakukan modifikasi agar terlihat keren, namun jangan sampai melenceng jauh dari ketentuan dan spesifikasinya.

5. Hindari polisi tidur yang terlalu rapat dan tinggi

5 Tips Simpel Merawat Bumper Mobil, Antisipasi Utama Kecelakaanpittman.ie

Terutama ketika melintasi jalan sempit, kamu pasti menemukan banyak polisi tidur yang jaraknya rapat dan tinggi. Keberadaan polisi tidur dengan jarak yang dekat dan tinggi akan membuat bumper mobil cepat mengalami kerusakan karena terkena goncangan yang terlalu sering. Jadi, sebisa mungkin hindari jalan raya yang memiliki banyak polisi tidur ya?

Merawat bumper artinya kamu merawat mobil seutuhnya agar bisa tetap digunakan dengan aman dan nyaman.

Baca Juga: 5 Pantangan Mobil Matik, Perhatikan Ya Biar Transmisi Gak Jebol

Iip Afifullah Photo Verified Writer Iip Afifullah

Someone

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You