Comscore Tracker

Cara Setting Audio Mobil Biar Serasa di Konser

Gampang dan gak ribet

Jakarta, IDN Times - Fitur hiburan seperti audio sangat dibutuhkan pengemudi untuk menemani selama perjalanan. Namun tak mudah dalam mengatur audio, tapi juga tak sulit. Yang pasti suara yang jelas dan jernih tentunya akan lebih enak untuk didengar.

So, bagaimana cara mengatur setting audio pada mobil? Redaksi IDN Times akan memberi tipsnya biar suara audio lebih mantap dan serasa di konser.

1. Setting audio ke posisi 0

Cara Setting Audio Mobil Biar Serasa di KonserIlustrasi Pengaturan Audio Mobil (unsplash.com/Leon)

Nah, tahap awal dalam mengatur audio adalah dengan mengubah semua setting audio ke posisi 0. Caranya adalah dengan masuk ke head unit lalu pilih menu setting audio.

Setelah mengatur ke posisi 0, maka akan mudah dalam mengatur audio lainnya seperti mengatur bass, treble, balance, dan fader. Namun pada tahap ini, disarankan untuk menutup semua kaca mobil dan posisikan duduk di bangku pengemudi agar dapat mendengarkan settingan suara yang lebih jelas.

2. Atur audio agar balance

Cara Setting Audio Mobil Biar Serasa di Konserunsplash.com/Erik Mclean

Umumnya, pada kondisi balance 0, suara speaker sebelah kanan depan akan terdengar lebih kuat. Sebab, speaker sebelah kanan depan lebih dekat dengan telinga, sehingga suara yang dihasilkan lebih cepat sampai ke telinga dibandingkan speaker sebelah kiri. 

Agar suara terdengar sama rata atau seimbang, setting semaksimal mungkin. Apabila sudah seimbang, suara vokal penyanyi bisa kamu dengar dari bagian tengah depan.  Namun, jika audio mobil kamu sudah menggunakan tweeter di pilar A, suara vokal penyanyi akan terdengar dari arah depan kamu.

Baca Juga: 5 Produk Speaker Portable untuk Party, Kualitas Audio Dahsyat!

3. Pengaturan fader

Cara Setting Audio Mobil Biar Serasa di KonserIlustrasi Pengaturan Suara Audio Mobil (unsplash.com/am)

Cara setting audio selanjutnya adalah melakukan pengaturan suara yang dikeluarkan antara bagian depan dan belakang. Pada tahap pengaturan ini, pilih menu fader yang berada di head unit.

Patut diketahui, bila pada mobil menggunakan speaker berbentuk oval, maka suara yang dihasilkan biasanya terdengar lebih ngebass atau rendah jika dibandingkan dengan speaker berbentuk bulat. 

Masalahnya adalah saat Fader dalam posisi 0, maka suara bass akan terdengar jelas dari arah belakang. Solusi agar keempat suara yang keluar dari speaker terdengar seimbang dari posisi kursi pengemudi, kamu bisa mengurangi besaran suara dari bagian depan hingga suara speaker belakang dan depan benar-benar seimbang. 

Baca Juga: 7 Tips Merawat Audio Mobil, Agar Kualitas Suara Tetap Jos!

4. Atur pengaturan bass dan treble

Cara Setting Audio Mobil Biar Serasa di KonserIlustrasi Sistem Audio Mobil (unsplash.com/James Penner)

Langkah terakhir dalam pengaturan audio mobil adalah mengatur suara bass (rendah) dan suara treble (tinggi). Pada beberapa head unit ada yang menyediakan pengaturan suara middle (sedang).

Pada pengaturan ini, kamu bisa melakukannya sesuai selera. Namun, cobalah untuk mengatur dari suara tinggi dulu dan diikuti suara tengah, setelah itu baru mengatur suara rendah. Aturlah hingga suara yang dihasilkan terdengar enak dan selaras antara nada tinggi dan rendahnya. 

Topic:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya