Comscore Tracker

Daftar Alat Penghemat BBM Terpopuler 

Diklaim bisa mengirit bensin

Jakarta, IDN Times - Banyak cara menyiasati kenaikan harga bensin, salah satunya dengan menggunakan alat penghemat bahan bakar. Alat ini bisa kamu beli di berbagai marketplace.

Biasanya setiap pembelian alat penghemat bahan bakar disertai petunjuk pemakaiannya, sehingga kamu bisa memasangnya sendiri. Jika tidak yakin, kamu bisa memasang alat tersebut di bengkel.

Nah, berikut alat-alat yang biasa digunakan untuk menghemat bahan bakar yang bisa kamu pertimbangkan. Tapi inget, penggunaan alat penghemat bahan bakar ini biasanya tidak direkomendasikan oleh pabrikan. Sehingga risiko apapun yang timbul dari penggunaan alat ini harus kamu tanggung sendiri.

1. Fuel Additive

Daftar Alat Penghemat BBM Terpopuler Ilustrasi isi bensin (seva.id)

Fuel additive merupakan salah satu alat penghemat BBM berbentuk cairan. Cara menggunakan fuel additive ini adalah dengan memasukkan ke dalam tangki bahan bakar. Pilihan fuel additive ini sangat banyak di pasar. Dan fuel additive ini diklaim bisa meningkatkan tingkat efisiensi bahan bakar kendaraan kamu gunakan.

Fuel additive ini bertujuan meningkatkan oktan bahan bakar. Penggunaanya juga berguna untuk mencegah korosi, merawat dan membersihkan sistem injektor, mengurangi emisi, bahkan menghemat bahan bakar.

Baca Juga: 10 Motor Paling Irit Bensin  

2. Minicon

Daftar Alat Penghemat BBM Terpopuler (Tokopedia)

Alat bernama Minicon ini umumnya dijual di harga Rp1 jutaan. Minicon bekerja seperti sebuah komputer kecil yang akan mengatur tegangan listrik untuk mengoptimalkan kebutuhan listrik semua komponen-komponen mobil.

Optimalnya pasokan listrik untuk komponen mobil, dapat meningkatkan kinerjanya. Hal ini dapat berdampak pada konsumsi BBM mobil yang lebih hemat. Minicon bisa kamu pasang di dalam kabin mobil dengan mengambil daya dari soket daya listrik di lighter.

Bila ingin menggunakan Minicon sebaiknya konsultasikan dulu dengan ahli sistem elektrik mobil sebelum menggunakan alat ini, untuk mengetahui lebih banyak apa bahaya Minicon serta kelebihannya.

3. BRQ

Daftar Alat Penghemat BBM Terpopuler BRQ (brq.co.id)

Alat penghemat BBM mobil jenis ini umumnya dipasang pada saluran bahan bakar ke mesin. Sehingga bahan bakar di tangki akan melewati BRQ sebelum masuk ke mesin. Bentuk BRQ mirip seperti fuel catalyst.

BRQ sendiri berfungsi untuk menghindari penurunan nilai oktan BBM, sehingga mesin mendapatkan pasokan bahan bakar sesuai kebutuhan oktannya. Hal ini diklaim dapat meningkatkan performa mesin dan juga menghemat konsumsi BBM mobil kamu.

Baca Juga: Harga Mobil Toyota Kijang Innova Bensin dan Diesel Terbaru

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya