Comscore Tracker

Honda WR-V vs Hyundai Creta, Unggul Mana?

Memiliki banyak kemiripan

Jakarta, IDN Times - Honda belum lama ini meluncurkan mobil SUV terbarunya, yakni Honda WR-V pada November lalu. Dengan hadirnya mobil ini, menambah jajaran lini SUV di pasar Indonesia yang terus bersaing. Salah satunya adalah Hyundai Creta.

Honda WR-V yang digadang-gadang menjadi salah satu pesaing Hyundai Creta di kelas SUV ini patut diperhatikan. Maka dari itu, IDN Times kali ini akan membandingkan kedua mobil tersebut. Berikut ulasannya.

Baca Juga: Hyundai Venue N Line Meluncur, Kok Mirip Creta?

1. Perbandingan dimensi

Honda WR-V vs Hyundai Creta, Unggul Mana?Hyundai Creta. (IDN Times/Dwi Agustiar)

Hyundai Creta memiliki dimensi yang lebih besar bila dibandingkan dengan Honda WR-V. Creta memiliki panjang 4.315 mm dan lebar 1.790 mm serta tinggi 1.630 mm dengan jarak sumbu roda berukuran 2.610 mm.

Sedangkan untuk Honda WR-V, memiliki dimensi panjang 2.485 mm. Lalu, lebarnya memiliki ukuran 1.780 mm dan tinggi 1.608 mm dengan jarak sumbu roda berukuran 2.485 mm.

Baca Juga: Daftar Aksesori Resmi Hyundai Stargazer, Ioniq 5 dan Creta

2. Performa mesin

Honda WR-V vs Hyundai Creta, Unggul Mana?Honda WR-V dipamerkan di ajang GIIAS The Series Semarang 2022 di Marina Convention Center Semarang, 23-27 November 2022. (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Berbicara soal dapur pacu, sebenarnya kedua mobil ini memiliki ukuran silinder yang sama, yakni 1.498cc 4 Silinder. Walaupun memiliki mesin yang sama, namun tenaga yang dihasilkan berbeda lho.

Honda WR-V dapat memuntahkan tenaga sampai 121 PS pada 6.500 rpm dengan torsi 145 Nm pada 4.300 rpm. Sedangkan Hyundai Creta dapat menghasilkan tenaga sebesar 115 PS pada 6.300 rpm dengan torsi maksimum 143 Nm pada 4.500 rpm.

Baca Juga: Daftar Aksesori Resmi Hyundai Stargazer, Ioniq 5 dan Creta

3. Fitur hiburan dan keselamatan

Honda WR-V vs Hyundai Creta, Unggul Mana?Honda WR-V dashboard (dok. Honda)

Selain berbagi hal yang sama dalam mesin, ternyata kedua mobil ini juga memiliki kemiripan pada fitur hiburan dan keselamatannya lho. 

Pada fitur keselamatannya, kedua mobil ini sudah dilengkapi sensor parkir, antilock braking, brake assist, airbag system, dan child safety locks. Yang membedakan hanyalah pada Hyundai Creta yang hanya memiliki 2 airbags pada bagian depannya saja.

Untuk bagian hiburan, Honda WR-V dilengkapi dengan 7 inch capacitive touchscreen display audio, AM/FM Radio, bluetooth, hands-free telephone,voice command switch, USB player, dan smartphone connection.

Sedangkan Hyundai Creta memiliki 8-inch Touch Display with AM/FM Radio, WAV/MP3/WMA supported audio format, bluetooth audio, dan smartphone integration (wireless).

4. Perbandingan harga

Honda WR-V vs Hyundai Creta, Unggul Mana?Hyundai CRETA kini hadir di dealer resmi Hyundai Lampung Jalan ZA Pagar Alam Nomor 3 Labuhan Ratu, Kota Bandar Lampung. (IDN Times/Martin L Tobing).

Dengan perbandingan spesifikasi tersebut, Honda WR-V yang bertransmisi automatic CVT dibanderol dengan harga Rp271,9 juta hingga Rp309,9 juta.

Untuk pesaingnya, Hyundai Creta yang bertransmisi manual ditawarkan dengan harga lebih tinggi daripada WR-V, yakni Rp288 juta hingga Rp404 juta.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya