Comscore Tracker

Dipamerkan di GIIAS 2019, Nissan Leaf Siap mengaspal pada 2020

Nissan Leaf diklaim sebagai mobil listrik terlaris di dunia

Jakarta, IDN Times - Kabar baik untuk para penggemar otomotif: Nissan Leaf (Leading, Environmentally Friendly, Affordable, Family) akan meluncur di jalanan tanah air pada 2020.  

PT. Nissan Motor Indonesia mengumumkan Leaf mengumumkan rencana peluncuran Nissan LEAF di pameran otomotif GAIKINDO International Indonesia Auto Show (GIIAS) 2019 yang digelar di ICE BSD, Serpong, Tangerang, 18-28 Juli 2019.

1. Nissan Indonesia masih menunggu regulasi dari pemerintah

Dipamerkan di GIIAS 2019, Nissan Leaf Siap mengaspal pada 2020nissanusa.com

General Manager, Product Communications PT. Nissan Motor Indonesia Hana Maharani mengatakan pihaknya masih menunggu regulasi mobil listrik dari pemerintah Indonesia. Setelah itu baru pihaknya bisa mengumumkan harga mobil ini.

"Kami masih menunggu regulasi terlebih dahulu. Kami belum bisa menyebut harga karena belum dihitung penentuannya," kata Hana kepada IDN Times. Untuk tahap pertama, mobil ini nanti rencananya akan didatangkan secara utuh dari Jepang atau CBU (Completely Built Up).

Andai ingin memperkirakan harga Nissan Leaf di Indonesia, bisa saja kita berpatokan pada harga mobil tersebut di Jepang. Nissan Leaf di Negeri Sakura dibanderol dengan harga ¥3.150.360 yen, atau dibandingkan dengan mata uang Indonesia, Nissan Leaf ada di kisaran Rp400 jutaan.

Jika diasumsikan masuk pajak mobil mewah bisa jadi harganya tak kurang dari Rp600 juta.

Baca Juga: DFSK Glory E3, Mobil Listrik yang Bisa Digas Hingga 405 Km!

2. Nissan Leaf diklaim jadi mobil listrik paling laris di dunia

Dipamerkan di GIIAS 2019, Nissan Leaf Siap mengaspal pada 2020IDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Hana pun optimistis mobil listrik ini bakal diterima dengan baik di Indonesia. Sebab, lanjut dia, Nissan Leaf mendapatkan apresiasi cukup tinggi saat dijual di negara lain. Bahkan, ia berani mengklaim bahwa mobil listrik tersebut merupakan yang terlaris di dunia.

"Mobil ini adalah mobil listrik paling laris di dunia. Mobil ini kan sudah dijual sejak 2010, Nissan Leaf ini sudah terjual sekitar 400 ribu unit," ujar Hana lagi.

3. Nissan Leaf bisa mengisi baterai hanya dalam waktu 40 menit

Dipamerkan di GIIAS 2019, Nissan Leaf Siap mengaspal pada 2020IDN Times/Ilyas Listianto Mujib

Setiap kali baterai Nissan LEAF diisi penuh, jangkauan tempuh mobil ini bisa mencapai 400 km. Untuk pengisian daya, jika baterai diisi normal di rumah akan memakan waktu 16 jam (3 kW) atau 8 jam (6 kW). Namun, bisa juga dengan alternatif pengisian cepat sampai 80% dalam waktu 40 menit.

Sedangkan untuk E-powertrain baru yang dipasang di Nissan Leaf sendiri mampu mengeluarkan daya sebesar 110 kW dan torsi 320 Nm.

Baca Juga: Mobil Masa Depan Toyota Mejeng di GIIAS 2019, Desainnya Unik Banget!

Topic:

  • Dwi Agustiar

Just For You