Comscore Tracker

Daftar Lengkap Harga Mobil Listrik di Indonesia

Mobil-mobil listrik ini sudah dijual secara resmi oleh ATPM

Tren mobil listrik di Indonesia memang tak bisa lagi dibendung. Apalagi dua pabrikan, yakni Hyundai dan Nissan, sudah menjual mobil listrik mereka di tanah air. Bahkan Hyundai telah membangun pabrik di Cikarang untuk antara lain memproduksi mobil listrik.

Langkah kedua pabrikan tersebut juga bakal diikuti Wuling. Dalam waktu dekat pabrikan asal China ini juga akan merilis mobil listrik mereka di tanah air. Sehingga tren mobil listrik sejatinya sudah di depan mata.

Nah, berikut deretan mobil listrik yang sudah dijual secara resmi di Indonesia per Juli 2022 beserta dengan spesifikasi singkat dan harganya. Harga kami urutkan dari yang termurah hingga termahal. Cekidot. ya!

1. Hyundai Ioniq Electric

Daftar Lengkap Harga Mobil Listrik di IndonesiaHyundai ioniq yang sedang dicharge (hyundai.com)

Hyundai Ioniq Electric adalah mobil listrik sedan compact 5 pintu pertama yang dijual oleh Hyundai di Indonesia. Mobil ini memiliki tenaga 134 dk dan torsi 295 Nm yang disalurkan ke roda depan melewati transmisi single speed reduction gear. Baterai yang digunakan menggunakan teknologi Lithium-Ion berkapasitas 38,3 kWh dan mampu menmpuh jarak hingga 373 km.

Fitur keselamatan yang berstandar tinggi, hingga mendapatkan bintang 5 oleh Euro NCAP dalam crash test. Hyundai Ionqi Electric terdapat 2 varian, yaitu varian Prime dan Signature. Keduanya tidak ada bedanya dalam performa, jarak tempuh, dan kapasitas baterai, yang membedakanya ada pada lampu, yang mana versi signature sudah memiliki LED sedangkan versi prime masih mengginakan halogen projektor. Versi signature juga sudah memiliki wireless charging dan ventilated seat sedangkan versi prime belum.

Harga Hyundai Ioniq Electric pada bulan Juli 2022 :

  • Versi Prime Rp 682.000.000
  • Versi Signature Rp 723.000.000

Baca Juga: Perbedaan Mobil Listrik Hyundai Ioniq dan Hyundai Kona

2. Nissan Leaf

Daftar Lengkap Harga Mobil Listrik di Indonesiailustrasi nissan leaf (nissan.co.id)

Nissan Leaf adalah mobil listrik satu-satunya yang dijual oleh Nissan Indonesia. Mobil ini memiliki desain hatchback yang kompak dan memiliki 5 tempat duduk. Mobil ini memiliki tenaga 148 dk dan torsi 320 Nm yang disalurkan ke roda depat melewati transmisi automatic singgle speed gear reduction. Baterai yang digunakan berteknologi Lithium-Ion Polymer berkapasitas 40 kWh dan mampu menempuh jarak hingga 311 km.

Fitur keselamatan untuk Nissan Leaf sudah standar eropa, seperti ABS, BA, EBD, HSA, VSC, dan ke-4 roda sudah menggunakan rem cakram. Nissan Leaf mendapatkan bintang 5 oleh Euro NCAP dalam crash test 2018. Nissan Leaf memiliki 2 varian yaitu one tone dan dual tone. Keduanya memiliki perbedaan pada warnanya.

Harga Nissan Leaf pada bulan Juli 2022 :

  • One tone Rp 728.000.000
  • Dual tone Rp 730.000.000

3. Hyundai Kona Electric

Daftar Lengkap Harga Mobil Listrik di Indonesiailustrasi hyundai kona electric menggunakan plat nomor khusus mobil listrik (hyundai.com)

Hyundai Kona Electric diluncurkan di Indonesia pada tahun 2020 dan setahun kemudian mengalami facelift. Hyundai Kona Electric berbentuk crossover, 5 tempat duduk memiliki eksterior terlihat lebih clean dibanding model 2020. Mobil ini memiliki tenaga 134 dk dan torsi 395 Nm yang disalurkan ke roda depan melalui transmisi single speed. Baterai yang digunakan berteknologi Lithium-Ion Polymer berkapasitas 39,2 kWh yang mampu menempuh jarak hingga 345 km.

Fitur-fitur yang dimiliki sudah standar mobil mewah, sistem keselamatanya juga mendapat bintang 5 dari euro NCAP, tetapi ada fitur unggulan yang dimiliki oleh Hyundai Kona Electric, adalah Hyundai Smartsense, yaitu kumpulan perangkat keselamatan  yang berfungsi untuk mencegah kecelakaan. Misalnya ada fitur Forward-Collision Avoidance Assist (FCA) yang berfungsi untuk melakukan pengereman otomatis jika sistem memprediksi akan terjadi tabrakan.

Harga Hyundai Kona Electric pada bulan Juli 2022 adalah Rp 742.000.000.

4. Hyundai Ioniq 5

Daftar Lengkap Harga Mobil Listrik di IndonesiaHyundai ioniq 5 berada di pantai (unsplash.com/@hyundaimotorgroup)

Hyundai Ioniq 5 merupakan mobil listrik keluaran terbaru dari Hyundai di Indonesia, yang dirilis pada perhelatan IIMS (Indonesia International Motor Show) pada tanggal 31 Maret 2022 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat. Ioniq 5 berbentuk crossover yang dikembangkan menggunakan platform Hyundai E-GMP (Electric Global Modular Platform), yaitu sebuah platform yang dikusukan untuk mobil listrik buatan Hyundai Motor Group automobiles.

Ioniq 5 memiliki 2 tipe, yaitu Prime dan Signature. Setiap tipe tersebut terdapat varian yang berbeda lagi, yaitu standard range dan long range. Untuk performa standard range, memiliki tenaga 167 dk dan torsi 370 Nm dengan kapasitas baterai 58 kWh dan untuk performa long range memiliki tenaga 214 dk dan torsi 370 Nm dengan kapasitas baterai 72,6 kWh. Secara performa, tidak ada bedanya untuk kedua tipe Prime dan Signature, yang membedakan hanya pada fitur Hyundai smartsense yang hanya dijumpai ditipe Signature. Seluruh fitur yang dimiliki sama seperti ioniq electric dan kona electric, termasuk juga fitur keselamatanya juga mendapatkan bintang 5 dari Euro NCAP.

Harga Hyundai Ioniq 5 bulan Juli 2022 :

  • Prime standard range 58 kWh Rp 718.000.000
  • Prime long range 72,6 kwh Rp 759.000.000
  • Signature standard range 58 kWh Rp 778.000.000
  • Signature long range 72,6 kWh Rp. 829.000.000

5. Mini Electric

Daftar Lengkap Harga Mobil Listrik di IndonesiaMini electric (unplash.com/@martinkatler)

Mini Electric atau bisa disebut juga Mini Cooper SE adalah mobil listrik subcompact hatchback 3 pintu dan mobil listrik pertama yang dibuat oleh Mini. Drivetrain yang digunakan oleh Mini Electric sama seperti BMW i3. Mini Electric sekarang sudah berada digenerasi ke-3, yang terbarunya sudah diluncurkan di Indonesia pada 8 Juni 2022.

Mini Electric mempunyai tenaga 181 dk dan torsi 270 Nm yang disalurkan ke roda depan melalui transmisi single speed. Memiliki baterai berkapasitas 28,9 kWh yang memiliki jarak tempuh hingga 235 km. Mini Electeric tersedia 2 tipe, yaitu tipe biasa dan tipe collection, kedua tipe tersebut hanya memiliki perbedaan pada corak warnanya.

Harga Mini Electric bulan Juli 2022 :

  • Mini Electric Rp 945.000.000
  • Mini Electric Collection Rp 955.000.000

6. Lexus UX 300e

Daftar Lengkap Harga Mobil Listrik di IndonesiaLexus UX 300e (lexus.co.id)

Lexus UX 300e itu sendiri basisnya dari Lexus UX biasa yang dirubah ke mobil listrik, yang memiliki desain SUV crossover 5 pintu. UX 300e menggunakan platform terbaru toyota yaitu TNGA (Toyota New Global Architecture). UX memiliki kepanjangan, yaitu Urban Explorer.

UX 300e memiliki tenaga 201 dk dan torsi 300 Nm yang disalurkan ke roda depan lewat transmisi single speed. Baterinya menggunakan teknologi Lithium-Ion berkapasitas 54,3 kWh yang mampu menempuh jarak hingga 300 km. Selain itu juga, Toyota Indonesia memberikan garansi 8 tahun tanpa batasan km sejak pembelian untuk semua komponen mobil UX 300e.

Harga Lexus UX 300e bulan Juli 2022 adalah Rp 1.245.000.000.

Diantara ke-6 mobil diatas manakah yang kalian pertimbangkan untuk beli?. Perlu diingat bahwa harga diatas adalah harga OTR Jakarta bulan Juli 2022 yang mungkin akan berbeda disetiap daerahnya.

Baca Juga: Alasan Mobil Listrik Lebih Mahal dari Mobil Konvensional

IMRON FAIS Photo Writer IMRON FAIS

Saya hidup di dimensi ke 3

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya