Comscore Tracker

Kenapa Mobil SUV Laris Manis? Ini Tiga Alasannya

Bukan sekedar karena desainnya lebih macho, lho!

Jakarta, IDN Times - Mobil-mobil bergenre SUV memang tengah naik daun. Ini bisa dilihat dari sesaknya pasar SUV di tanah air. Bahkan, bisa dibilang, hampir semua pabrikan mobil memiliki produk SUV.

Sebut saja Toyota dengan Fortunernya, Mitsubishi dengan Pajero Sportsnya, Nissan dengan Trailblazernya, Honda dengan CRV, serta Chevrolet dengan Captivanya.

Bahkan belakangan muncul dua pabrikan asal Tiongkok yang juga bermain di pasar SUV, yakni Wuling SUV dan DFSK Glory 580. Wuling SUV belum hadir di tanah air. Namun paling lambat tahun depan SUV buatan Tiongkok ini sudah akan mengaspal di tanah air.

Lantas apa sih yang membuat mobil-mobil SUV laku bak kacang goreng padahal harganya gak bisa dibilang murah? 

1. SUV cocok dengan kondisi jalan di Indonesia

Kenapa Mobil SUV Laris Manis? Ini Tiga AlasannyaUnsplash/Glen Carrie

Sebenarnya SUV ini kurang begitu cocok di jalanan perkotaan yang macet. Sebab mesin besar yang digendong rata-rata mobil SUV membuatnya lebih banyak mengonsumsi bahan bakar. Percuma aja kan mesin besar tapi gak bisa lari karena terjebak macet?

Tapi banyak orang memiliki pertimbangan lain kenapa mereka membeli SUV, salah satunya karena kondisi aspal di Indonesia yang masih banyak lubangnya.

Selain itu polisi tidur yang banyak bertebaran juga menjadi alasan lain kenapa mobil-mobil SUV ini laris manis. Dan jangan lupakan genangan air yang kerap memenuhi permukaan jalan. Nah, mobil-mobil SUV yang memiliki ground clearance cukup tinggi cukup aman untuk melibas genangan air tersebut.

Baca Juga: GIIAS 2018: Deretan SUV Ini Bisa Jadi Pajero dan Fortuner Killer!

2. SUV bisa jadi teman berpetualang yang menyenangkan

Kenapa Mobil SUV Laris Manis? Ini Tiga AlasannyaUnsplash/Mads Schmidt

Meskipun pemerintah sedang getol membangun infrastruktur jalan, namun belum semua jalan telah diaspal atau beton. Masih banyak jalan, terutama di daerah pedesaan, yang masih berupa tanah becek atau batu. Karena itu tak mungkin menggunakan mobil jenis sedan di daerah tersebut.

Sementara, dengan SUV, medan-medan berlumpur atau berbatu bisa dilibas dengan mudah. 

Oya, sasis SUV rata-rata juga didesain dan dibuat lebih kokoh. Sehingga aman untuk diajak melibas medan-medan sulit. Bisa dibilang SUV ini bisa jadi teman yang menyenangkan untuk diajak berpetualang!

3. Desain lebih macho, tentu saja!

Kenapa Mobil SUV Laris Manis? Ini Tiga Alasannyathemotorreport.com

Faktor lain kenapa banyak orang memilih SUV adalah desainnya yang cowok banget. Lihat saja desain Toyota Fortuner atau Mitsubishi Pajero Sports yang masukin abis. Atau silakan tengok desain Isuzu MU-X yang gagak dan 'berotot'. So, dengan naik SUV, tingkat kemachoanmu bisa naik hingga 10 persen, lh

Baca Juga: GIIAS 2018: Suzuki Jimny Jadi Bintang, Bakal Dibandrol Berapa, Ya?

Topic:

  • Dwi Agustiar

Just For You