Comscore Tracker

Lampu ABS Tiba-tiba Menyala, Curigai Bagian-bagian Ini

Cepat dicek sebelum timbul masalah lebih besar

Jakarta, IDN Times - Kendaraan masa kini biasanya telah dilengkapi sistem pengereman Anti-lock Braking System (ABS). Dengan sistem pengereman ini, ban gak akan terkunci saat pedal rem diijak. Sehingga pengemudi akan lebih aman.

Tapi semakin canggih teknologinya, permasalahan yang menyertainya juga biasanya semakin banyak. Nah, salah satu masalah yang umum terjadi pada pengereman ABS adalah munculnya lampu ABS di dashboard.

Hmm..kira-kira kenapa lampu ABS itu menyala, ya?

1. Minyak rem berkurang

Lampu ABS Tiba-tiba Menyala, Curigai Bagian-bagian Inicommons.wikimedia.org

Minyak rem banyak berhubungan dengan pengendalian tekanan pengereman dalam sistem pengereman ABS. Minyak rem ini tersimpan di dalam sebuah wadah.

Terkadang, bisa terjadi kebocoran dari wadah penyimpanan minyak rem dan menyebabkan ketersediaannya menipis. Ketika terjadi kebocoran minyak rem, salah satu dampaknya adalah udara masuk ke sistem pengereman.

Baca Juga: Jangan Menghina Rem Tromol, Ini 3 Kelebihannya Dibanding Rem Cakram!  

2. Masalah pada sistem kecepatan

Lampu ABS Tiba-tiba Menyala, Curigai Bagian-bagian Inicommons.wikimedia.org

Ada sensor kecepatan yang dipasang di setiap hub roda untuk menghitung laju pergerakan roda. Informasi kecepatan tersebut kemudian dikirimkan ke sistem ABS.

Jika ditemukan salah satu roda bergerak terlalu lambat, sistem ABS akan meningkatkan tekanan minyak rem agar roda dapat bergerak dengan kecepatan seharusnya.

Namun, jika ada masalah dengan sensor kecepatan, sistem ABS akan mendeteksinya dan menyebabkan lampu peringatan menyala di dasbor.

3. Modul ABS berkarat

Lampu ABS Tiba-tiba Menyala, Curigai Bagian-bagian Inicommons.wikimedia.org

Modul ABS bisa mengalami karat setelah beberapa saat. Ini merupakan salah satu penyebab paling umum dari masalah di sistem ABS.

Modul ABS yang berkarat tak bisa memperoleh informasi dari sensor kecepatan roda. Alhasil, lampu ABS menyala di dasbor. Biasanya jika karat di modul ABS sudah parah, pemilik harus menggantinya dengan yang baru.

4. Performa pompa hidrolik menurun

Lampu ABS Tiba-tiba Menyala, Curigai Bagian-bagian Iniabsunit.com

Jika ada satu roda pada mobil yang bergerak dengan kecepatan berbeda dari roda lainnya,
maka sensor kecepatan roda mendeteksi hal ini dan kemudian memberi tahu sistem ABS.

Jika ini terjadi, sistem akan mengaktifkan pompa hidrolik untuk meningkatkan jumlah tekanan minyak rem. Ini akan memungkinkan roda mempertahankan daya cengkeramannya saat  menyentuh tanah.

Sayangnya, kualitas pompa hidrolik bisa menurun setelah bertahun-tahun digunakan.
Hal ini tentunya akan menyebabkan lampu ABS menyala, yang mengindikasikan pemilik harus segera mengganti pompa hidrolik tersebut.

Baca Juga: 3 Alasan Piringan Rem Cakram Sengaja Dibuat Berlubang, Sudah Tahu?

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya