Comscore Tracker

Ngiler VW Beetle, Kombi atau Safari? Kenali Dulu Karakteristiknya!

Mulai dari untuk di kota hingga naik-naik gunung

Jakarta, IDN Times - Keunikan mobil Volkswagen (VW) klasik begitu populer di Indonesia. Terlepas usianya sudah puluhan tahun dan harganya relatif mahal, VW klasik jenis Beetle, Kombi, dan Safari masih dicari pecinta mobil. 

Masing-masing jenis tersebut memiliki karakteristik dan peruntukan yang berbeda, lho! Anggota Departemen Olahraga dan Rekreasi VW Club Yogyakarta, Andi Susanto, mengurai masing-masing karakterisik ketiga VW hits di Indonesia untuk membantumu. 

1. VW Beetle

Ngiler VW Beetle, Kombi atau Safari? Kenali Dulu Karakteristiknya!instagram.com/Jogja Volkswagen Festival @ jogjavwfestival

Andi mengatakan  mobil VW paling ikonik ini punya karakter yang cocok banget untuk menemani wara-wiri di wilayah perkotaan.

Selain itu, kalau kamu ingat film 'Herbie: Fully Loaded’, di mana seorang perempuan ikut balapan dengan VW Beetle, itu bukan hal yang tidak mungkin, lho. Karena Andi juga mengatakan Beetle bisa banget diandalkan untuk balapan.

“Lincah di jalan macet, sangat cocok digunakan di perkotaan. Banyak digunakan untuk race atau balapan," papar Andi kepada IDN Times, Senin 10 Agustus 2020 lalu.

Produksi VW Beetle generasi pertama yang klasik ini sudah dihentikan sejak tahun 2003. Alhasil, yang tersisa untuk dibeli adalah versi tangan kedua alias bekas. 

Andi mengatakan harga Beetle selain dipengaruhi kondisi kendaraan juga tahun produksi karena faktor kelangkaan.

“Yang dicari para pencinta VW adalah kelangkaan dari jenis kendaraan itu sendiri. Beetle tahun 1950 sampai 1956 harga pasarannya tinggi,” katanya.

Hal ini bisa dilihat ketika kamu mencari Beetle klasik di situs jual beli seperti OLX. VW Beetle keluaran 1964 dibanderol Rp149 juta. Harganya Rp49 juta lebih mahal dibanding Beetle keluaran 1973. Kebayang kan berapa harga Beetle tahun 50-an kalau masuk daftar?

 

Baca Juga: Lucu dan Menggemaskan, Daihatsu WaiWai Ini Mirip Banget VW Combi 

2. VW Kombi

Ngiler VW Beetle, Kombi atau Safari? Kenali Dulu Karakteristiknya!Facebook.com/Jogjakarta Volkswagen Festival

VW Kombi mengambil bentuk mobil van dengan interior yang luas. Menurut Andi, VW Kombi ini cocok untuk dijadikan mobil keluarga. Interiornya bisa untuk menampung lebih banyak orang dan barang semisal ingin tamasya. “Dari bentuknya sudah kelihatan kalau interior luas, cocok buat mobil keluarga,” ucapnya.

Perlu diketahui bahwa VW Kombi ini memiliki banyak varian, yaitu campervan, double cabin, pickup, dan samba. 

VW Kombi yang ditemukan di Indonesia biasanya adalah hasil produksi Jerman atau Brazil. Andi mengatakan Kombi produksi Jerman dan Brazil punya perbedaan yang cukup signifikan.

Serupa dengan Beetle, semakin tua usia Kombi, semakin mahal harganya dibanding Kombi klasik dengan usia lebih muda.

“Kombi tahun 1949 sampai 1966 lebih tinggi harganya dari yang tahun 1968 sampai 1979, tetapi harga juga melihat kondisi kendaraan tersebut,” kata Andi.

Mencari VW Kombi tahun 40-an sampai 60-an hari ini tidak mudah. Umumnya VW Kombi di OLX adalah keluaran tahun 70-an sampai 80-an. Termurahnya adalah Rp45 juta untuk keluaran 1980.

3. VW Safari

Ngiler VW Beetle, Kombi atau Safari? Kenali Dulu Karakteristiknya!instagram.com/VW Club Yogyakarta @vwclubyogyakarta

Kalau kamu mencari mobil VW untuk mendukung jiwa petualangmu, VW Safari adalah jawabannya. Menurut Andi, VW Safari ini ibarat Jeep-nya VW. 

VW Safari ini masuk ke dalam mobil convertible. Jadi, gak hanya meningkatkan daya tarik, tapi juga kamu lebih puas maksimal dengan trip yang ditempuh bersama VW Safari.

“Sangat cocok untuk berpetualang di pegunungan ataupun pantai. Dengan atap yang bisa dibuka menambah daya tarik mengendarainya,” Andi menguraikan.

Andi mengatakan, dari ketiga VW klasik yang banyak ditemui di jalanan tanah air, VW Safari-lah yang trennya sedang meningkat. “Saat ini lagi tren Safari. Jadi ya Safari sedang diburu dan harga pasaran sekarang melambung tinggi,” terangnya.

Mungkin kamu juga ingin memiliki VW Safari, harga kisarannya di OLX mulai Rp110 juta hingga Rp250 juta.

Baca Juga: Termasuk VW Beetle, 7 Mobil Ini Tutup Usia Mulai 2020

Topic:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya