Comscore Tracker

Nissan Luncurkan Prototipe Mobil Z Proto 15 September Mendatang

Nissan lanjutkan sejarah mobil seri Z yang legendaris

Jakarta, IDN Times - Nissan siap meluncurkan prototipe mobil sports seri Z terbaru mereka, yakni Z Proto, pada 15 September mendatang. Z Proto adalah salah satu dari 12 mobil yang akan diperkenalkan Nissan hingga akhir 2021.

Ini menjadi mobil yang dinantikan para pecinta mobil sports Nissan, mengingat betapa legendarisnya seri Z mereka. Lewat Z Proto, Nissan menghidupkan kembali kekuatan mobil-mobil Z mereka dengan paduan teknologi terkini. 

1. Membawa DNA desain mobil-mobil Z terdahulu

Nissan belum membocorkan informasi detail tentang  Z Proto selain tanggal debut prototipenya.

Lewat unggahan Instagram, Senior Vice President Global Design for Nissan Motor, Alfonso Albaisa, menunjukkan sketsa desain bagian belakang Z Proto yang tampak membawa inspirasi dari 300ZX era 80-an.

Jika melihat siluet pada teaser Z Proto dan 11 mobil baru Nissan lainnya, mobil sports ini juga terlihat seperti perpaduan 350Z dan 370Z dengan sentuhan 240Z generasi pertama.

Baca Juga: Kurangi Kecemasan Pelanggan, Nissan Luncurkan Nissan Care

2. Diperkirakan membawa mesin serupa Infiniti Q50 dan Infiniti Q60

Nissan Luncurkan Prototipe Mobil Z Proto 15 September MendatangYoutube.com/Nissan

Nissan Z Proto dirumorkan membawa mesin V-6 3.0 liter dengan teknologi twin-turbo seperti yang ditemukan dari Infiniti Q50 dan Infiniti Q60 Red Sport 400. Karenanya, Z Proto diharapkan juga bisa menghasilkan tenaga setara 400 hp, menyesuaikan tebakan nama 400Z.

Kemungkinan Nissan juga akan membekali Z Proto dengan transmisi manual enam percepatan atau transmisi manual sembilan percepatan dan penggerak roda belakang (rear-wheel drive).

3. Nissan Z Proto melanjutkan sejarah yang telah berlangsung 51 tahun

Nissan Luncurkan Prototipe Mobil Z Proto 15 September MendatangYoutube.com/Nissan Z

Perjalanan mobil sports model Z berangkat sejak 51 tahun silam ketika Nissan merilis Fairlady Z pada 1969. Mobil ini ditenagai mesin 6 silinder. Nissan melanjutkan produksi seri Z dengan 280ZX pada 1978 dengan mesin serupa.

Nissan beralih ke mesin V-6 3.0 liter pada tahun 1984 dengan 300ZX. Model 300ZX diregenerasi pada 1989.

Memasuki era 2002, Nissan memperkenalkan 350Z bermesin V-6 3,5 liter. Nissan  melanjutkan perjalanan seri S hingga 2009 dengan 370Z. Dengan demikian, Nissan Z Proto ini akan menjadi babak baru bagi seri Z Nissan. 

Baca Juga: Mobil Listrik di Depan Mata, Nissan Segera Luncurkan Leaf di Indonesia

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya