Comscore Tracker

Servis di BMW Astra, Progres Mobil Bisa Dipantau Lewat Gawai

Protokol kesehatan diberlakukan secara ketat

Jakarta, IDN Times - Untuk meningkatkan rasa aman konsumen dan karyawan, BMW Astra melakukan peningkatan standar layanan di showroom mengikuti protokol kesehatan.

Program optimalisasi ini bertajuk "Saling Menjaga Bersama BMW Astra" dan merupakan pengembangan dari protokol kesehatan showroom BMW Astra yang diluncurkan bulan Juli lalu, yaitu "A New Day at BMW Astra".

CEO BMW Astra Fredy Hardjaja mengatakan bahwa BMW Astra selalu bertekad untuk bisa memaksimalkan standar layanan agar para stakeholder tidak khawatir selama berada showroom saat pandemi.

"Embrio untuk saling menjaga telah ada ketika kami meluncurkan A New Day at BMW Astra. Tetapi kami membutuhkan waktu selama tiga bulan untuk memperkuat konsep ini dan juga untuk mendatangkan fasilitas dan peralatan yang kami butuhkan untuk saling menjaga bersama BMW Astra," ucapnya saat press conference virtual, Kamis (15/10).

BMW Astra menghadirkan sejumlah fasilitas dan peralatan mutakhir agar konsumen dan karyawan semakin merasa aman selama berada di area showroom BMW Astra.

1. BMW Astra hadirkan mesin touchless serbaguna di showroom

Servis di BMW Astra, Progres Mobil Bisa Dipantau Lewat GawaiBMW Astra

Salah satu strategi BMW Astra untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan terkait dengan protokol kesehatan adalah menempatkan mesin serbaguna di showroom mereka.

Mesin ini dioperasikan secara touchless dan memiliki kemampuan untuk mengukur suhu, mendeteksi apakah seseorang mengenakan masker
atau tidak, absensi karyawan, check-in dengan QR Code, hingga auto spray sanitizer.

Mesin ini adalah hasil kustomisasi BMW Astra agar bisa mengakomodir pemenuhan protokol kesehatan selama masa pandemi dengan sedikit
mungkin interaksi antar manusia di area showroom.

Baca Juga: Menghidupkan Lagi BMW Lawas di Dealer Astra BMW Cilandak

2. Konsumen bisa pantau progres pengerjaan mobil secara real time lewat monitor

Servis di BMW Astra, Progres Mobil Bisa Dipantau Lewat GawaiBMW Astra

BMW Astra juga menyediakan monitor di ruang tunggu showroom agar konsumen bisa memonitor progres servis kendaraan mereka secara real time. Tak hanya lewat monitor, konsumen juga bisa memantau progres lewat aplikasi di gawai.

Sebelumnya, konsumen harus bertanya kepada service advisor tentang sejauh mana progres pengerjaan kendaraan mereka. Fredy mengatakan interaksi konsumen dan service advisor bisa dihilangkan untuk masa pandemi ini.

"Jadi Bapak dan Ibu sekalian bisa melihat sudah sampai di mana prosesnya dan kira-kira sudah akan selesai apa belum. Semuanya akan dapat dilihat dengan baik. Dan ini juga satu tujuan kami adalah kami berusaha untuk meminimalkan interaksi pelanggan dengan karyawan dalam situasi pandemi seperti saat ini," ujar Fredy.

3. Fogging disinfetkan gratis

Servis di BMW Astra, Progres Mobil Bisa Dipantau Lewat GawaiBMW Astra

BMW Astra ingin menjamin keamanan dan kenyamanan dari sisi konsumen dan karyawan. BMW Astra akan mem-fogging ruang kabin dengan disinfektan. Sebelumnya, aplikasi fogging diaplikasikan lewat penyemprotan dengan kaleng.

Fogging ini dilakukan dua kali, yaitu sebelum montir melakukan servis dan saat mobil hendak diserahkan kembali ke konsumen. Durasi fogging didasarkan pada ukuran ruang kabin mobil, tapi rata-rata selama 3-5 menit.

Konsumen tidak perlu mengkhawatirkan apakah cairan disinfektan yang digunakan berbahaya tau tidak. BMW Astra menggunakan cairan disinfektan bersertifikasi Food Grade mengikuti rekomendasi United States Environmental Protection.

Biaya yang dikeluarkan BMW Astra untuk fogging disinfektan adalah Rp600 ribu per unit kendaraan. Namun, BMW Astra memastikan bahwa konsumen sama sekali tidak dikenakan biaya untuk layanan fogging disinfektan alias gratis.

Baca Juga: 5 Tip Merawat Mobil Nganggur Selama WFH dari BMW Astra

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya