Comscore Tracker

5 Komparasi Juke Vs. HR-V, Sama-Sama Usung Konsep Crossover

Bukan produk baru, tapi masih ramai dilirik

Seseorang dalam memilih sebuah mobil, tentu mempunyai kriterianya tersendiri. Ada yang mempertimbangkan harganya, fungsinya, dan desain mobil itu sendiri. Bicara soal desain mobil, mobil jenis crossover tentu layak untuk dipertimbangkan. Dengan perpaduan sebuah SUV dan MPV membuatnya banyak diminati anak muda. 

Di Indonesia ada banyak jenis crossover yang bisa dipilih. Seperti Nissan Juke atau Honda HR-V, sebagai produk yang cukup populer di Indonesia. Keduanya sama-sama punya desain atraktif yang mampu membawa tren baru bagi otomotif di Indonesia. 

Nah, bagi kalian yang ingin tahu spesifikasi keduanya lebih lanjut. Berikut komparasi Nissan Juke dan Honda HR-V. 

1. Desain

5 Komparasi Juke Vs. HR-V, Sama-Sama Usung Konsep Crossoverilustrasi Honda HR-V (instagram.com/ribeiroautomoveis)

Untuk desain, kedua mobil sama-sama punya konsep menarik. Untuk Nissan Juke hadir dengan dimensi yang lebih besar dan postur yang lebih atletis. Dipadukan dengan velg berukuran 19 inci, dan desain floating roof ala mobil coupe. Untuk mempertahankan ciri khas generasi sebelumnya, bentuk lampu depan tetap dibuat bundar dengan upgrade teknologi LED. Untuk memanjakan konsumen, disediakan juga 11 pilihan warna.

Sementara itu Honda HR-V hadir dengan bahasa desain dynamic cross  yang solid, dengan karakter garis tajam dan kurva pada mobil. Sehingga menciptakan aerodinamika yang lebih baik. Agar menambah kesan SUV, mobil ini dilengkapi dengan over fender yang tegas. Untuk menambah kenyamanan berkendara, mobil ini juga telah dilengkapi teknologi LED Headlamp dan LED day time running light.

2. Fitur

5 Komparasi Juke Vs. HR-V, Sama-Sama Usung Konsep Crossoverilustrasi Nissan juke (instagram.com/jukeclub)

Selanjutnya untuk fitur kedua mobil. Untuk Nissan Juke, hadir dengan fitur seperti Projector Headlamp, Rear Combination Lamp (With LED Signature), Engine Start/Stop Button, Dual Airbag, ABS, EBD, Brake Assist, Side Door Impact Beam, Rear Sensor, Rear view camera dan Alarm (with Shock Sensor).

Tak Mau kalah Honda HR-V juga telah dilengkapi berbagai fitur, seperti 6 airbag untuk varian Prestige. Electronic Parking Brake, Auto Brake Hold, serta teknologi G-CON+ACE TM dengan Side Impact Beam, yang mampu meredam benturan berlebih saat terjadi kecalakaan. Tak, hanya itu. Ada juga fitur Emergency Stop Signal (ESS), Hill Start Asist dan fitur pengereman (ABS, EBD, dan BA).

3. Spesifikasi mesin

5 Komparasi Juke Vs. HR-V, Sama-Sama Usung Konsep Crossoverilustrasi Honda HR-V (instagram.com/skygns_chao)

Selanjutnya untuk spesifikasi mesin, Nissan Juke hadir dengan mesin berkode HR15DE, dengan kapasitas 1.500 cc, yang juga dipakai di Nissan Grand Livina. Mesin ini mampu mengeluarkan tenaga maksimal hingga 114 HP, pada putaran  6.000 rpm dan torsi puncak di 148 Nm. Yang dipasangkan dengan transmisi otomatis X-tronic CVT yang halus dan irit bahan bakar. 

Tak mau kalah, Mobil dari Honda ini ditawarkan dengan 2 tipe mesin sekaligus. Yang pertama tipe 1.5L SOHC i-VTEC, mesin ini terdapat pada HRV tipe S, tipe S CVT, dan tipe E CVT. Yang mampu mengeluarkan tenaga sebesar 120 PS pada 6.600 rpm dan torsi mencapai 145 Nm. Sedangkan mesin, 1.8L SOHC i-VTEC terdapat pada HR-V tipe Prestige. Mesin ini mampu mengeluarkan tenaga sebesar 139 PS pada 6.500 rpm, serta torsi sebesar 169 Nm.

4. Dimensi mobil

5 Komparasi Juke Vs. HR-V, Sama-Sama Usung Konsep Crossoverilustrasi Nissan juke (instagram.com/gabrylt92)

Selanjutnya untuk dimensinya. Nissan Juke mempunyai Panjang 4.135 mm, Lebar 1.765 mm, dan Tinggi mencapai 1.565 mm. Sementara itu untuk wheelbase yang dimiliki sebesar 2.530 mm, dengan ground clearance 178 mm. 

Sementara itu rivalnya. Honda HR-V mempunyai panjang kesuluruhan 4.294 mm, Lebar 1.772 mm, dan tinggi mencapai 1.580 mm. Jarak sumbu roda relatif lebih panjang yaitu 2.610 mm, yang membuatnya memiliki radius putar 5,3 meter. 

5. Harga

5 Komparasi Juke Vs. HR-V, Sama-Sama Usung Konsep Crossoverilustrasi Honda HR-V (instagram.com/ribeiroautomoveis)

Untuk harga pasti kedua mobil. Tergantung varian yang dipilih, untuk Nissan Juke ditawarkan dengan 4 varian. Sedangkan Honda HR-V sedikit lebih banyak, dengan pilihan 5 varian.

Harga Nissan Juke :

  • Nissan Juke Facelift CVT RX Black Interior Rp. 282, 6 juta
  • Nissan Juke Facelift CVT RX Red Interior Rp. 291,6 juta
  • Nissan Juke Facelift CVT Revolt Black Interior Rp. 301,6 juta
  • Nissan Juke Facelift CVT Revolt Red Interior Rp. 310,6 juta

Harga Honda HR-V :

  • Honda HRV 1.5L S  Rp. 294,7 Juta
  • Honda HRV 1.5L S CVT  Rp. 305 Juta
  • Honda HRV 1.5L E CVT  Rp. 327,4 Juta
  • Honda HRV 1.5L E CVT Special Edition  Rp. 344,6 Juta
  • Honda HRV 1.8L Prestige Rp. 409,8 Juta

Keduanya sama-sama punya desain menarik dan fitur yang lengkap. Apalagi jika melihat harganya yang sudah terjangkau karena keduanya merupakan produk lama. Nah, menurut kalian mana yang lebih baik dari keduanya? 

Moh Solihul Anshori Photo Verified Writer Moh Solihul Anshori

Menjadi lebih baik dari hari kemarin

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya