Comscore Tracker

Ganteng dan Kaya Fitur, 5 Perbandingan City Hatchback RS dan Yaris

Keduanya digandrungi market anak muda, siapa yang lebih unggul?

Mobil hatchback tak pernah kehilangan popularitas, khususnya di kalangan anak muda. Alasannya, tentu karena mobil hatchback punya desain yang sporty serta bentuk yang compact. 

Bicara mobil hatchback, tentu dua nama yang paling akrab di telinga adalah Honda Jazz dan Toyota Yaris. Keduanya merupakan hatchback terlaris di pasar otomotif Indonesia. Namun, Honda Jazz sekarang sudah tidak lagi diproduksi dan digantikan dengan Honda City Hatchback RS sebagai rival baru Toyota Yaris. Lantas lebih unggul mana Toyota Yaris atau Honda City Hatchback? Berikut perbandingannya. 

1. Desain/Model

Ganteng dan Kaya Fitur, 5 Perbandingan City Hatchback RS dan Yarisfoto toyota yaris warna merah (instagram.com/newyaris.id)

Dari segi desain, mobil hatchback terkenal dengan desain yang menarik dan atraktif. Untuk Honda City Hatchback RS memiliki desain yang sporty, terlihat dari warna black glossy pada front upper grille, serta sporty allow wheels yang juga berwarna hitam. Ditambah dengan desain karakter yang tegas terlihat berkat tampilan lampu Full LED Headlight with Daytime Running Light (DRL), LED Foglight dan Rear Combi Light with LED light bars yang membuat mobil ini semakin menarik dilihat

Sementara itu Toyota Yaris punya desain khas. Toyota mengusung bahasa desain advance and emotional, yang mengincar segmen anak-anak muda. Hal ini dapat dilihat dari bagian eksterior, terutama di bagian lekukan desain yang memiliki sudut-sudut tajam yang menambah kesan sporty pada mobil ini. Didukung dengan headlamp dengan red ring, ada juga lampu LED DRL yang menyatu dengan grille membuat tampilan mobil ini semakin agresif.

2. Fitur

Ganteng dan Kaya Fitur, 5 Perbandingan City Hatchback RS dan Yarisfoto toyota yaris TRD (instagram.com/yaristuner)

Untuk fitur, Honda City Hatchback RS sudah dilengkapi berbagai fitur yang cukup canggih, seperti remote engine start yang bisa menyalakan mesin mobil dan AC secara otomatis dari luar menggunakan kunci. Honda City Hatchback RS merupakan mobil pertama di kelasnya yang punya fitur ini. Sebelumnya, fitur serupa hanya ada di mobil premium seperti Honda Accord, Honda Civic dan Honda CRV. Mobil ini juga punya fitur hill start assist, vehicle stability assist, dan multi-angle rear view camera yang dapat memandu kita saat mau parkir.


Sementara untuk rivalnya, Toyota Yaris, mengusung fitur anti-lock braking system (ABS), brake assist (BA), electronic braking distribution (EBD), serta vehicle stability control, untuk keamanan mobil ini juga sudah ada tujuh buah airbags di varian tertingginya, hingga hill start assist, yang berguna saat kita dalam perjalanan menanjak.

Keduanya juga sudah dilengkapi dengan kunci keyless, lengkap dengan peranti keselamatan aktif, serta paddle shift yang menambah kesan sporty dua mobil ini.

Baca Juga: Adu Gagah Double Cabin, Unggul Toyota Hilux atau Mitsubishi Triton?

3. Spesifikasi mesin

Ganteng dan Kaya Fitur, 5 Perbandingan City Hatchback RS dan Yarisfoto Honda city hatchback (instagram.com/hondacityhbd.id)

Untuk spesifikasi mesinnya, kedua mobil ini sama-sama mengunakan mesin 1.500 cc. Namun Honda City Hatchback RS punya tenaga mesin sedikit lebih besar. Tepatnya Honda City Hatchback RS didukung mesin 1.500 cc DOHC 4 silinder segaris, 16 katup i-VTEC yang membuat performanya mencapai 119,3 hp pada 6.600 rpm dan torsi maksimal di 145 Nm pada 4.300 rpm.


Sedangkan Toyota Yaris, mengandalkan mesin berkode 2NR-FE berkapasitas 1.496 cc dengan konfigurasi 4 silinder inline DOHC dual VVTi, dengan output tenaga sebesar 107 ps atau setara dengan 105 dk yang mampu menghasilkan torsi maksimum hingga 14,8 kgm atau setara 145 Nm.

4. Dimesnsi mobil

Ganteng dan Kaya Fitur, 5 Perbandingan City Hatchback RS dan Yarisfoto depan toyota yaris (instagram.con/toyotaid)

Untuk perbandingan selanjutnya adalah dimensi mobil. Untuk Honda City Hatchback RS memiliki panjang total 4.349 mm, lebar 1.748 mm, serta tinggi 1.488 mm dengan wheelbase 2.600 mm. Sedangkan Toyota Yaris memiliki panjang keseluruhan 4.145 mm, lebar 1.730 mm, tinggi 1.500 mm, dan wheelbase 2.550 mm. 

Artinya secara ukuran Honda City Hatchback RS sedikit lebih besar, tepatnya lebih panjang 204 mm dan lebih lebar 18 mm dari Toyota Yaris, namun untuk tinggi mobil keseluruhan Toyota Yaris lebih unggul, tepatnya lebih tinggi 12 mm dari Honda City hatchback RS.

5. Harga

Ganteng dan Kaya Fitur, 5 Perbandingan City Hatchback RS dan Yarisfoto honda city hatchback (instagram.com/hondacityhbd.id)

Untuk perbandingan harganya, kedua mobil berbeda-beda di setiap varianya
Untuk Honda City Hatchback RS, hanya terdapat 2 varian dengan harga :

  • RS CVT Rp 299 juta
  • RS MT Rp 289 juta

Sementara itu Toyota Yaris hadir hingga dengan 8 varian yang bisa kita pilih, dengan rentang harga :

  • G CVT 3 AB Rp 258,2 juta
  • G CVT 7 AB Rp 262,8 juta
  • G M/T 3 AB Rp 248, 3 juta
  • G M/T 7 AB Rp 252,9 juta
  • TRD CVT 3 AB Rp 279,5 juta
  • TRD CVT 7 AB Rp 284 juta
  • TRD M/T 3 AB Rp 268,8 juta
  • TRD M/T 7 AB Rp 273,4 juta

Jadi, untuk harga keseluruhan Toyota Yaris sedikit lebih murah dari Honda City Hatchback RS, namun, Honda City Hatchback RS punya output tenaga yang lebih besar. Jadi, menurumu siapa yang lebih baik? 

 

Baca Juga: Duel Sedan Premium Jepang, Pilih Toyota Camry atau Honda Accord?

Moh Solihul Anshori Photo Writer Moh Solihul Anshori

Menjadi lebih baik dari hari kemarin

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya