Comscore Tracker

Saat Terjebak Macet, 5 Komponen Mobil Ini Bekerja Lebih Keras Loh!

Selalu perhatikan dan sering servis agar tidak cepat rusak

Jakarta, IDN Times – Macet sudah menjadi makanan sehari-hari bagi warga Jakarta dan sekitarnya. Bahkan tingkat kemacetan yang terjadi di ibu kota ini menyentuh hingga 53 persen dan menempati posisi ke-7 di dunia.

Selain bisa memicu stres, macet juga membuat waktu terbuang percuma, bahan bakar menjadi lebih boros dan yang pasti buang-buang waktu. Selain itu ada komponen mobil yang bekerja sangat keras ketika macet. Berikut ini 5 komponen tersebut.

1. Motor penggerak kipas elektrik bekerja lebih keras saat macet

Saat Terjebak Macet, 5 Komponen Mobil Ini Bekerja Lebih Keras Loh!Etags.com

Komponen yang paling bekerja keras saat macet, yaitu motor penggerak kipas elektrik. Proses pelepasan suhu panas menjadi tanggung jawab komponen ini. Suhu udara yang sangat panas di ruang mesin saat terjebak macet membuatnya harus bekerja ekstra. Berbeda saat mobil di jalanan senggang, kipas ini akan terbantu dengan tiupan udara yang masuk ke sistem dingin dan mesin.

Jika mobil kalian masih menggunakan kipas yang digerakkan putaran mesin V-belt, maka kalian harus sering perhatikan putaran mesin idle tidak terlalu rendah. Nah kalau perlu, kalian harus menambahkan kipas elektrik di bagian depan radiator dan kondensor AC.

Baca Juga: Gantikan Tren SUV, Mobil-mobil Mungil Ini akan Diproduksi

2. Mesin menjadi lebih cepat panas

Saat Terjebak Macet, 5 Komponen Mobil Ini Bekerja Lebih Keras Loh!unsplash.com/rawpixel

Saat macet pendingin mesin juga ikut bekerja keras lho! Untuk komponen ini kalian harus menjaga kebersihan dan kelurusan kisi-kisi kondensor AC dan radiator, serta karet atau busa penyekat yang terletak di antara keduanya.

Jangan disepelekan nih gaes, karena bagian ini sangat vital dalam proses pendinginan. Bagian ini dapat mengantarkan udara yang keluar melewati kisi-kisi tersebut. Alhasil mesin pun jadi lebih cepat panas apabila pendinginnya terlalu bekerja ekstra.

3. AC bisa jadi gak dingin lagi

Saat Terjebak Macet, 5 Komponen Mobil Ini Bekerja Lebih Keras Loh!Pixabay/n23club

Terjebak macet pasti kalian terus menghidupkan AC agar tidak kegerahan. Hal ini membuat AC jadi ikut bekerja keras. Dalam kondisi macet dan cuaca yang panas, thermoswitch akan memerintahkan kompresor terus bekerja sampai suhu di dalam kabin mencapai suhu yang diinginkan kalian.

Ini juga berpengaruh terhadap blower AC dan membuat evaporator menjadi banyak kotoran. Jika terus terjebak macet dapat mempengaruhi AC menjadi gak dingin lho!

4. Beban kopling menyalurkan tenaga ke roda menjadi sangat besar

Saat Terjebak Macet, 5 Komponen Mobil Ini Bekerja Lebih Keras Loh!nicoclub.com

Tak hanya terjadi untuk mobil transmisi manual, kopling pada transmisi matik pun jadi sangat bekerja keras akibat lalu lintas yang memaksa mobil untuk jalan dan berhenti secara terus menerus.

Hal ini membuat selip pada kopling sangat tinggi, bahkan mobil matik bekerja lebih keras daripada mobil manual. Selip yang begitu tinggi berdampak pada suhu kopling jadi meningkat dan beban untuk menyalurkan tenaga ke roda menjadi sangat besar dengan suhu lebih dari normal.

5. Kampas rem bisa cepat habis

Saat Terjebak Macet, 5 Komponen Mobil Ini Bekerja Lebih Keras Loh!Carfromjapan.com

Rem akan terus diinjak saat kondisi macet. Kondisi lalu lintas stop and go memaksa rem bekerja lebih sering lagi, apalagi untuk mobil bertransmisi matik. Mobil matik yang tanpa digas mampu terus bergerak maju membuat rem harus selalu diinjak untuk kendaraan tetap diam. Kondisi jalanan macet juga membuat kampas rem menjadi cepat habis karena sering diinjak.

Baca Juga: 5 Komponen Penyebab Mesin Mobil 'Overheat'

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya