Comscore Tracker

Mobil Gampang Panas? Kenali 5 Penyebabnya

#AutakAtik Poin nomor 3 jangan diremehin, guys

Keadaan panas pada sebuah mesin memang memiliki puncaknya tersendiri yang biasa disebut dengan overheating, dan biasanya pada keadaan ini mesin akan berhenti berfungsi dan tidak akan bisa dinyalakan. Dan yang lebih berbahaya lagi jika pemiliki mobil memaksakan untuk menghidupkan mesin mobil, hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada komponen mesin menjadi lebih parah.

Sebagai pemilik mobil, kita perlu mengetahui berbagai penyebab yang menyebabkan mobil tersebut menjadi overheating. Lantas apa saja penyebabnya? Berikut kita simak ulasan di bawah ini.

1. Kipas radiator tidak berfungsi secara normal

Mobil Gampang Panas? Kenali 5 Penyebabnyayoutube.com

Kipas radiator merupakan salah satu komponen yang cukup vital pada sektor sistem pendingin di mesin mobil, sehingga jika fungsinya tidak berkerja secara semestinya hal ini dapat menyebabkan panas berlebih pada mesin yang diakibatkan oleh kipas radiator yang tidak berputar. Untuk pemeriksaan dapat kita amati saat mobil dirasa dalam keadaan panas, jika kipas radiator tidak bekerja dan berputar maka perlu dikonsultasikan ke bengkel terdekat.

2. Selang radiator yang tersumbat

Mobil Gampang Panas? Kenali 5 Penyebabnyamymechanic.ru

Pada bagian komponen radiator tentu terdapat beberapa selang yang berfungsi untuk melakukan sirkulasi air pendingin agar bisa berputar untuk mendinginkan mesin, maka jika terjadi tekukan pada selang yang menyebabkan selang tersumbat tentu hal ini akan berpengaruh pada sistem pendingin di mesin mobil tersebut.

3. Air radiator yang tidak sesuai standar

Mobil Gampang Panas? Kenali 5 Penyebabnyabillsqualityautocare.com

Sepintas mengisi air radiator dengan air biasa memang bisa dilakukan pada saat kondisi darurat, namun hal ini tidak dapat dibiarkan begitu saja, kita harus melakukan penggantian dengan water coolant yang memang direkomendasikan untuk radiator tersebut.

4. Thermostat rusak

Mobil Gampang Panas? Kenali 5 Penyebabnyateamcronin.org

Thermostat merupakan salah satu komponen yang bertindak untuk mengambil keputusan, dimana saat thermostat membaca suhu pada mesin dan berada di titik panas maka komponen ini akan mengirim instruksi kepada dinamo radiator sehingga kipas radiator akan berputar dan melakukan tugasnya untuk melakukan pendinginan pada mesin.

5. Oli yang tidak standar

Mobil Gampang Panas? Kenali 5 Penyebabnyaautotrend.it

Tidak hanya pada sektor pendingin saja, dimana oli juga memiliki peran penting terhadap daya tahan panas pada mesin. Penggunaan oli yang tidak standar juga dapat mengakibatkan overheating pada mesin, sehingga sebagai pemilik mobil seharusnya kita bisa mengupayakan oli yang standar bagi mesin mobil kita.

Itulah kelima penyebab overheating pada mobil, semoga melalui ulasan pada artikel ini dapat menjadi acuan kita untuk melakukan perawatan dan perbaikan pada sektor sistem pendingin di mesin mobil.

Noto Photo Verified Writer Noto

Writing is art

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You