Comscore Tracker

Bersaing Di Kelas SUV, Pilih Pajero Sport atau Toyota Fortuner?

Persaingan SUV semakin ketat

Jakarta, IDN TIMES - Persaingan mobil di kelas SUV semakin memanas. Setelah setahun lalu Toyota meluncurkan Fortuner terbaru, tahun ini giliran Mitsubishi mengeluarkan Pajero Sport Facelift 2021 di bulan Februari silam.

Keduanya merupakan SUV yang tangguh. Masing-masing memiliki keunggulannya tersendiri dalam hal tampilan, fitur, dan spesifikasi mesin. Mana yang kamu pilih, Toyota Fortuner atau Mitsubishi Pajero Sport? Berikut adalah perbandingan antara kedua mobil tersebut.

1. Dari tampilan luar, keduanya punya desain yang berkarakter

Bersaing Di Kelas SUV, Pilih Pajero Sport atau Toyota Fortuner?Toyota Thailand

Toyota Fortuner memiliki berbagai pembaruan desain jika dibandingkan pendahulunya. Dari depan dapat terlihat grille dan garnish pada lampu LED. Kemudian juga terlihat pula pembaruan tampilan pada bagian bumper depan dan LED headlamp yang lebih meruncing.

Sedangkan Mitsubishi Pajero Sport 2021 punya tampilan yang gagah dengan memertahankan lekukan khas pada bagian bodinya. Kemudian, Mitsubishi Pajero Sport dilengkapi dengan lampu LED Active Cornering untuk membantu pengemudi di jalan yang minim pencahayaan.

Kedua mobil ini memiliki fitur kick sensor dan power back door yang dapat membuka pintu secara otomatis.

Baca Juga: Tiga Mobil SUV Pilihan: Pajero Sport, Fortuner, Isuzu MuX Paling Beda!

2. Fitur kedua mobil ini sama canggihnya

Bersaing Di Kelas SUV, Pilih Pajero Sport atau Toyota Fortuner?mitsubishi-motors.co.id

Mitsubishi Pajero Sport 2021 sudah bisa terkoneksi dengan ponsel milikmu menggunakan aplikasi Mitsubishi Remote Control. Kamu bisa mengoperasikan berbagai fungsi mobil ini seperti menggunakan power tail gate, mencari posisi mobil yang terparkir, dan fungsi lainnya.i

MitsubishiPajero Sport juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan seperti Forward Collison Mitigation (FCM), Ultrasonic Miss-acceleration Mitigation System (UMS), dan masih banyak lagi. Semuanya didukung oleh teknologi Reinforced Impact Safety Evolution (RISE).

Fitur milik Toyota Fortuner juga tidak kalah menarik. Pasalnya mobil ini punya fitur Blind Spot Detection (BSD) untuk mendeteksi objek di area blind spot kendaraan, Lane Departure Warning (LDW) untuk mendeteksi jalan yang sedang dilalui, Moving Object Detection (MOD) untuk mendetksi objek yang bergerak di sekitar mobil, dan masih banyak lagi. Semuanya dapat dilihat di surround monitor mobil ini.

3. Namun, spesifikasi mesin kedua mobil ini berbeda

Bersaing Di Kelas SUV, Pilih Pajero Sport atau Toyota Fortuner?Instagram : indra_fathan

Toyota Fortuner 2020 hadir dalam dua varian mesin, yaitu bensin dan diesel. Untuk spesifikasi varian bensin, mobil ini dilengkapi dengan mesin 2TR-FE berkapasitas 2.700 cc empat silinder segaris yang bisa menghasilkan tenaga maksimum sebesar 163 PS pada 3.400 rpm dan torsi maksimal 242,2 Nm pada 4.000 rpm. Sedangkan untuk versi dieselnya sendiri, mobil ini memiliki mesin 2 GD-FTV empat silinder segaris 2.393 cc yang bisa menghasilkan tenaga maksimum 149,6 PS pada 3.400 rpm dan torsi 400 Nm pada 1.600-2.000 rpm. Keduanya hadir dengan pilihan transmisi manual dan otomatis enam percepatan.

Sedangkan untuk Mitsubishi Pajero Sport 2021 hanya dilengkapi dengan satu pilihan mesin, yaitu mesin diesel 4N15 berkapasitas 2.4 liter VGT-Intercooler. Mobil ini bisa menghasilkan tenaga maksimum sebesar 181 PS pada 3.500 rpm dan torsi maksimal 430 Nm pada 2.500 rpm. Mobil ini hadir dengan transmisi manual dan otomatis dengan sport sequential.

4. Bagaimana dengan harganya?

Bersaing Di Kelas SUV, Pilih Pajero Sport atau Toyota Fortuner?mitsubishi-motors.com

HimUntuk Mitsubishi Pajero Sport 2021 sendiri dibanderol mulai dari Rp 502,8 juta untuk tipe Exceed 4x2 M/T hingga Rp 733,7 juta untuk tipe Dakar Ultimate 4x4 A/T. Sedangkan Toyota Fortuner 2020 dibanderol mulai dari Rp 509,9 juta untuk tipe 4x2 2.4 G M/T hingga Rp 709,5 juta untuk tipe 4x4 2.4 VRZ A/T diesel.

Jadi, apa pilihanmu? Toyota Fortuner atau Mitsubishi Pajero Sport?

Baca Juga: Bingung Pilih MPV atau SUV? Cek Dulu 4 Poin Ini

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya