Comscore Tracker

Jangan Sampai Salah Pilih, Ini 3 Jenis Ban Mobil yang Wajib Kamu Tahu 

Salah satunya adalah ban tubeless

Jakarta, IDN TIMES - Ban menjadi komponen vital dalam sistem penggerak mobil. Jika ban yang digunakan tidak sesuai dengan spesifikasi mobil atau medan yang dilalui, maka mobil akan mendapatkan kendala nantinya.

Karena itu kamu wajib tahu jenis-jenis ban agar tidak salah pilih. Sebab salah memilih ban itu seperti salah memilih kostum. Nah, berikut tiga jenis ban yang wajib kamu tahu.

1. Ban Radial

Jangan Sampai Salah Pilih, Ini 3 Jenis Ban Mobil yang Wajib Kamu Tahu Pexels/Gerd Altmann

Ban radial menjadi salah satu ban mobil yang biasa dipakai dalam kegiatan sehari-hari. Ban jenis ini memiliki ciri khas lapisan seratnya yang menyilang pada lingkar ban. Fungsi dari ban ini adalah untuk meningkatkan kenyamanan pengemudi selama berkendara.

Ban radial hanya dirancang untuk kendaraan penumpang dan truk yang ringan. Ini tidak akan cocok untuk digunakan pada truk berat seperti tronton, karena tidak akan kuat menahan bebannya.

Baca Juga: Rotasi Ban Mobil Wajib Dilakukan, Bisa Mencegah Ban Aus Sebelah 

2. Ban Bias

Jangan Sampai Salah Pilih, Ini 3 Jenis Ban Mobil yang Wajib Kamu Tahu instagram.com/aceitdriving

Ban bias menjadi sering digunakan pada mobil zaman sekarang. Ban bias menjadi salah satu jenis ban mobil terbaik lantaran terbuat dari lembaran cord yang digunakan pada rangka ban tersebut.

Ketika bersentuhan dengan aspal,  panas yang dihasilkan akan terpusat di bagian tengah ban. Hal ini karena ban akan tertekan ke arah depan dan belakang saat bersentuhan dengan jalanan.

3. Ban Tubeless

Jangan Sampai Salah Pilih, Ini 3 Jenis Ban Mobil yang Wajib Kamu Tahu Pixabay/AutoPhotography

Terakhir adalah ban tubeless. Siapa sih yang belum mendengar ban tubeless? Ban jenis ini sangat digemari oleh banyak orang karena memiliki ketahanan udara yang baik sehingga ban tidak akan mudah kempes.

Daya tahan ini disebabkan oleh cairan anti bocor yang ditambahkan saat ban pertama kali dipasangkan pada kendaraan tersebut. Bahkan saat ban tubeless tertusuk kerikil atau paku, ban tersebut tidak langusng kempes seketika.

Baca Juga: Perlukah Mengurangi Tekanan Angin Ban di Musim Hujan?

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya