Comscore Tracker

Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Baleno

Suzuki Baleno dikenal sebagai sedan yang tangguh dan nyaman

Jakarta, IDN Times - Suzuki Baleno pertama kali meluncur pada 1995. Saat itu Suzuki Baleno menggantikan posisi Suzuki Esteem di segmen mobil sedan keluarga. Banyak fitur yang diusung Suzuki Baleno ketika itu, seperti power steering.

Suzuki Baleno mendapatkan penyegaran pada bagian depan dan interior pada 1999. Dua tahun kemudian muncul Baleno generasi terbaru, yakni Baleno Next-G. Sampai saat ini Baleno masih menjadi sedan idaman. Apalagi kini harga bekasnya sudah sangat menggiurkan.

Nah, berikut kelebihan dan kekurangan Suzuki Baleno:

Kelebihan Suzuki Baleno

1. Spare part mudah didapatkan

Kelebihan dan Kekurangan Suzuki BalenoSuzuki Baleno (AutoData24.com)

Salah satu kelebihan Suzuki Baleno adalah spare part yang mudah didapat dengan harga terjangkau. Jika mobil ini mengalami kerusakan, maka kita tidak perlu bingung memburu spare part yang dibutuhkan. 

Ini menjadi kecenderungan bagi pabrikan mobil asal Jepang yang menciptakan spare part dalam jumlah besar. Selain itu, tidak susah merawat mobil ini karena sebagian besar bengkel masih menerima perbaikan pada Suzuki Baleno.

Baca Juga: Suzuki Recall Jimny karena Oli Rembes

2. Mesin bandel dan tangguh

Kelebihan dan Kekurangan Suzuki BalenoSuzuki Baleno (Flickr)

Walau sempat mengalami penurunan mesin pada versi faceliftnya (dari 1.600 cc menjadi 1.500 cc) Suzuki Baleno tetap tidak rewel saat digunakan. Tarikan yang dihasilkan juga terbilang cukup memuaskan. Hal ini menjadi keuntungan tersendiri bagi pemiliknya.

Mesin dari Suzuki Baleno juga cenderung responsif, terlebih pada putaran bawahnya. Ini karena Suzuki Baleno menggunakan sistem SOHC yang membuat torsi puncak dapat terasa maksimal walau berada di putaran bawah. Dengan ini maka mobil ini juga bisa dikatakan hemat bahan bakar.

Kekurangan Suzuki Baleno

1. Desain kurang aerodinamis

Kelebihan dan Kekurangan Suzuki BalenoSuzuki Baleno (auto-data.net)

Kekurangan pertama dari Suzuki Baleno terletak pada bentuk bodinya yang kurang aerodinamis. Desain bodinya sedikit lebih tebal daripada sedan lain pada umumnya. 

Ini membuat saat mobil digunakan pada kecepatan tinggi akan terasa lebih berat karena harus melawan angin. Makanya bodi mobil ini terbilang kurang aerodinamis. 

2. Sistem peredaman kabin kurang baik

Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Balenocarvaganza.com

Suara klakson dan mesin kendaraan dari luar dapat mengganggu konsentrasi pengemudi. Nah, Suzuki Baleno tidak memiliki sistem peredaman dalam kabin yang baik. 

Ini dapat dibuktikan dengan adanya suara-suara bising yang berasal dari luar masuk ke dalam kabin mobil. Sistem peredaman yang kurang baik membuat kenyamanan pengendara saat di jalanan menjadi berkurang.

Baca Juga: Daftar Lengkap Harga Honda Brio Baru dan Bekas

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya