Comscore Tracker

Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Katana

Suzuki Katana kini dijual mulai Rp25 jutaan

Jakarta, IDN Times - Suzuki Katana menjadi SUV paling populer di tanah air. Body yang mungil namun tangguh membuat mobil satu ini jadi idaman para pencinta offroad. Apalagi harganya juga sangat menggiurkan. 

Tak mengejutkan jika Suzuki Katana selalu jadi buruan. Harga bekasnya pun stabil banget dan bahkan cenderung naik. Sebab mobil satu ini memang gak punya banyak kompetitor.

Nah, buat kamu yang lagi berburu Katana, berikut sekilas keunggulan dan kekurangan Suzuki Katana.   

1. Awal mula Suzuki Katana masuk ke Indonesia

Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Katanainstagram/babecabiita

SUV kompak berkapasitas 4 orang ini dipasarkan secara resmi oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) pada 1986 hingga 2005. Suzuki Katana hadir dalam dua pilihan tipe, yaitu GX dan DX. Hal yang membedakan Katana dengan Jimny adalah sistem penggeraknya hanya 4x2, sedangkan Jimny menggunakan sistem penggerak 4x4.

Suzuki mulai memberikan penyegaran untuk Katana pada 1993, walau secara tampilan versi facelift dan non-facelift masih terlihat mirip. Bedanya, pada Katana DX yang merupakan varian standarnya belum dilengkapi power steering, memakai pelek kaleng, dan bangku depan yang berhadapan. Sedangkan pada varian GX sudah power steering, AC, pelek alloy, dan jok belakang yang menghadap depan.

Baca Juga: 3 Alasan Jimny Lawas Masih Jadi Primadona 

2. Kelebihan dan kekurangan Suzuki Katana

Kelebihan dan Kekurangan Suzuki KatanaIlustrasi suzuki katana(unsplash/moto moto sc)

Suzuki Katana tentu saja memiliki kelebihan. Pertama, spare part mobil ini harganya masih murah dan banyak ditemui di pasaran. Selain itu, konsumsi bahan bakar mobil ini sangat irit, sehingga cocok digunakan saat menempuh perjalanan yang jauh. Tidak kalah penting juga, Suzuki Katana mudah untuk dirawat dan tidak rewel.

Namun, Suzuki Katana juga tidak lepas dari kekurangan. Suspensi yang digunakan mobil ini sangat keras, jadi kurang nyaman untuk dikendarai dalam waktu yang lama. Hal itu karena Suzuki Katana memang dirancang untuk melahap medan off-road, sehingga menggunakan per daun sebagai suspensinya. Ruang kabin yang sempit dan peredamannya yang kurang baik membuat pengalaman berkendara yang cukup buruk.

3. Berapa kisaran harga Suzuki Katana bekas?

Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Katanainstagram/babecabiita

Saat ini, Suzuki Katana bekas dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau, yaitu mulai dari Rp25 jutaan hingga Rp50 jutaan, tergantung kondisi fisik dan kelengkapan surat-suratnya.

Jika masih dalam kondisi mulus seperti baru, jarak tempuh masih rendah, bisa saja harganya naik berkali-kali lipat. Bahkan dengan kondisi mobil seperti itu harga Suzuki Katana bekas dapat mencapai angka Rp90 jutaan.

So, masih tertarik berburu Suzuki Katana bekas?

Baca Juga: Metamorfosis Suzuki Jimny, SUV Paling Legendaris di Indonesia

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya