Comscore Tracker

Mengenal Mitsubishi Colt L300, Mobil Pikap Tahan Banting!

Mobil andalan diberbagai situasi dan kondisi

Jakarta, IDN Times - Tak keliru jika Mitsubishi Colt L300 disebut sebagai mobil pikap legendaris di Indonesia. Bahkan popularitas mobil ini belum tergantikan sejak kemunculannya pada 1980-an silam. Ini berkat ketangguhan mesin dan perawatannya yang sangat murah dan mudah. 

Selain itu desain kotak dan gril depannya juga sangat ikonik. Tak mengejutkan jika L300 masih menjadi promadona di pasar mobil pikap. Nah, berikut beberapa fakta menarik tentang L300 yang legendaris.

1. Colt L300 menjadi kendaraan serba bisa

Mengenal Mitsubishi Colt L300, Mobil Pikap Tahan Banting!Commons.wikimedia.org

Mitsubishi Colt L300 biasa digunakan untuk keperluan mengangkut barang atau jasa. Mobil ini juga diandalkan untuk antar jemput penumpang, biasanya menjadi travel antar kota. Tidak lupa juga kalau Colt L300 dipakai sebagai mobil angkutan kota (angkot), namun mulai tergantikan oleh Daihatsu Gran Max atau Suzuki APV.

Ukuran mobil ini terbilang proporsional sebagai angkutan barang dan penumpang. Untuk varian minibus, kabinnya cukup memuat sebanyak 10 hingga 12 orang penumpang. Namun jika ingin digunakan sebagai mobil travel eksekutif, maka kapasitasnya menyusut jadi 8 hingga 10 orang penumpang saja.

Sementara itu pada varian pick up, dimensinya memiliki panjang 4.170 mm, lebar 1.700 mm, dan tinggi 1.845 mm. Ukuran baknya cukup luas, dengan panjang 2.425 mm, lebar 1.440 mm, dan tinggi 1.380 mm. Memang, pada dasarnya Colt L300 di rancang menjadi kendaraan pengangkut barang.

Baca Juga: Bertahan Hampir Empat Dekade, Ini Kunci Sukses Mitsubishi Colt L300

2. Interior tidak banyak berubah sejak awal peluncurannya

Mengenal Mitsubishi Colt L300, Mobil Pikap Tahan Banting!Mitsubishi Colt L300 (IDN Times/Muhammad Imam Birawa)

Sejak awal kemunculannya di tahun 80-an hingga generasi terbarunya di tahun 2019 kemarin, interior Colt L300 nampak tidak membawa pembaruan yang berarti. Kendaraan ini hanya mengandalkan dimensi yang lapang dengan fitur yang sederhana. Untuk urusan kenyamanan, Mitsubishi tetap menyediakan AC Double Blower, reclining seat, dan tentu saja head unit untuk memutar CD atau MP3 player.

Untuk penyimpanan barang varian minibusnya terbilang cukup sempit, karena terdesak keberadaan kursi bagian belakang. Namun biasanya, pihak karoseri membuatkan pintu belakang untuk dapat menyimpan barang.

3. Terkenal akan mesinnya yang bandel

Mengenal Mitsubishi Colt L300, Mobil Pikap Tahan Banting!pinterest.com

Hingga saat ini, Colt L300 selalu diandalkan lantaran mesinnya yang bandel. Mobil ini dibekali mesin tipe 4D56 berkapasitas 2.477 cc SOHC 12 valve (4-silinder inline). Dengan mesin seperti ini, Colt L300 bisa menghasilkan tenaga sebesar 74 Ps per 4.200 rpm dan torsi maksimal 142 Nm per 2.500 rpm.

Tenaga dan torsinya yang gahar ini membuat konsumsi bahan bakar Colt L300 yang cukup banyak. Apalagi saat membawa muatan yang banyak dan melaju di jalan menanjak. 

Baca Juga: 5 Mobil Double Cabin Pilihan, Tangguh Tapi Stylish Banget

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya