Comscore Tracker

Deretan Ambulans Terunik di Dunia, Fiturnya Bikin Kagum!

Kebanyakan dimiliki oleh negara Dubai

Jakarta, IDN Times - Di masa pandemik COVID-19, ambulans menjadi kendaraan yang paling banyak dicari. Sebab ribuan orang setiap hari terinfeksi virus corona. Sementara jumlah ambulans sangat terbatas.

Karena itu ada beberapa mobil biasa yang kemudian disulap menjadi ambulans demi bisa mengangkut pasien. Kebutuhan mendesak sering kali memang membuat orang jadi kreatif. Karena itu tak mengherankan jika kini ada Suzuki APV atau GranMax yang mendadak jadi ambulans.

Biasanya ambulans memang berjenis MPV atau minibus. Tapi ada lho ambulans yang gak biasa desainnya. Nah, berikut beberapa ambulans yang sangat unik yang mungkin gak pernah kamu bayangkan sebelumnya.

1. Ambulans tercepat di dunia

Deretan Ambulans Terunik di Dunia, Fiturnya Bikin Kagum!Ambulans tercepat Dubai (lifebeyondsportmedia.com)

Dubai menjadi salah satu negara terkaya di dunia. Bagaimana tidak, mereka mampu menggelontorkan dana untuk memodifikasi mobil sport menjadi ambulans tercepat di dunia. Tujuannya untuk meningkatkan respons saat terjadi keadaan darurat.

Ambulans ini menggunakan mobil Lotus Evora dengan kecepatan mencapai 185 mph atau sekitar 300 km/jam. Ambulans ini mampu menjangkau pasien dalam waktu tiga hingga empat menit, kalau tidak macet ya. Mobil senilai Rp 1,7 miliar ini digunakan oleh 50 paramedis yang sudah dilatih khusus.

Baca Juga: Bukan Motor MotoGP, Ini Deretan Motor Tercepat di Dunia! 

2. Ambulans terbesar di dunia

Deretan Ambulans Terunik di Dunia, Fiturnya Bikin Kagum!Ambulans terbesar Dubai (newatlas.com)

Selain punya ambulans tercepat, ternyata Dubai punya ambulans terbesar menggunakan Mercedes-Benz Citaro Bus dengan panjang mencapai 18 meter. Ambulans ini dioperasikan langsung oleh Pusat Layanan Ambulans Pemerintah Dubai. 

Ambulans yang dirancang oleh Martin von Bergh ini mampu mengankut pasien sebanyak 44 orang loh. Di dalamnya terdapat ruang operasi, ruang ICU, ruang radiografi, dan apotik yang saling terintegerasi.

3. Ambulans terkecil di dunia

Deretan Ambulans Terunik di Dunia, Fiturnya Bikin Kagum!Ambulans terkecil di dunia (autox.com)

Masih dari Dubai, kali ini negara yang tergabung dalam Uni Emirat Arab itu menghadirkan ambulans terkecil di dunia. Meski dimensinya kecil tapi ambulans ini mampu melintasi jalan off-road. Menggunakan enam roda, ternyata fasilitas yang dihadirkan juga tidak kalah lengkapnya. Ambulans ini mampu mengangkut satu pasien dan dua tenaga medis.

Dengan adanya ambulans kecil ini, diharapkan mampu mengurangi tingkat kematian akibat kecelakaan kendaraan saat off-road atau saat berada di padang pasir. Sebab, ambulans biasa tidak bisa bergerak di medan off-road.

4. Ambulans termewah di dunia

Deretan Ambulans Terunik di Dunia, Fiturnya Bikin Kagum!Ambulans termewah (crainsnewyork.com)

Ambulans termewah di dunia dimiliki oleh Platinum Ambulance. Fasilitas yang dihadirkan pun sangat lengkap, seperti Wi-Fi, TV satelit, bar, jacuzzi, yang dibaluti dengan kayu mahoni.

Ambulans ini menggunakan mobil limousine yang memiliki ban dan sasis yang lebar untuk meregangkan mobil. Harga sewanya pun sangat mahal. Jika ingin menyewanya, kamu akan dikenai biaya sekitar Rp 4,9 juta per jamnya.

Kalau ada di Indonesia, biaya sewa ambulans-ambulans tersebut dicover BPJS Kesehatan gak ya? 

Baca Juga: Mobil-mobil Keren Ini Terpaksa Disuntik Mati, Sayang Banget..

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya