Comscore Tracker

Jenis-jenis Mobil Pemadam Kebakaran 

Beda jenis, beda fungsinya lho

Jakarta, IDN Times - Kalau ada mobil yang paling dinanti saat terjadi kebakaran, mobil tersebut pastilah berwarna merah dengan selang panjang di bagian belakang. Yup, mobil merah ini tak lain adalah mobil pemadam kebakaran.  

Selain disertai selang yang panjang, mobil ini juga dilengkapi mesin pompa air dan sirine yang suaranya bisa membangunkan tidur orang sekompleks. Tapi tahu gak sih kalau mobil pemadam kebakaran itu ternyata banyak jenisnya. 

Nah, berikut jenis-jenis mobil kebakaran yang perlu kamu tahu.

1. Turntable Tender and Snorkel

Jenis-jenis Mobil Pemadam Kebakaran Mobil pemadam kebakaran turntable tender and snorkel (agenpemadamapi.com)

Turntable tender and snorkel adalah jenis kendaraan pemadam kebakaran yang berukuran lebih besar dari mobil pemadam lainnya, lantaran membawa tangga yang juga sama besarnya.

Tangga tersebut secara otomatis dapat naik dan turun agar pemadam kebakaran bisa mencapai ketinggian tertentu. Kendaraan ini umumnya dibawa untuk mencapai area gedung tinggi agar bisa mengevakuasi para korban kebakaran.

Baca Juga: Deretan Ambulans Terunik di Dunia, Fiturnya Bikin Kagum!

2. Foam Tender Truck

Jenis-jenis Mobil Pemadam Kebakaran Mobil pemadam kebakaran foam tender truck

Foam Tender Truck adalah sebutan bagi kendaraan pemadam kebakaran yang dilengkapi dengan bahan pemadam jenis foam atau busa. Tidak semua jenis kebakaran dapat dipadamkan menggunakan air. Jadi, kendaraan ini punya peranan yang penting dalam membantu memadamkan api yang berasal dari bahan-bahan tertentu.

3. Dry Chemical Tender

Jenis-jenis Mobil Pemadam Kebakaran Dry Chemical Tender (indiamart.com)

Kendaraan pemadam selanjutnya adalh Dry Chemical Tender atau mobil pemadam yang menggunakan tepung kimia. Kebakaran dapat terjadi karena korsleting listrik sehingga tidak mungkin menyiramnya dengan air biasa. Maka dari itu, kendaraan ini hadir untuk memadamkan api menggunakan tepung kimia.

4. Light Fire Tender

Jenis-jenis Mobil Pemadam Kebakaran Kendaraan pemadam kebakaran ringan (indonesian.commercialfiretrucks.com)

Sesuai namanya, Light Fire Tender memiliki ukuran yang lebih kecil dan ringkas dari kendaraan pemadam lainnya. Ini bertujuan agar tim pemadam bisa mencapai area kebakaran di pemukiman padat penduduk yang tidak memungkinkan kendaraan besar untuk mengaksesnya. Mobil ini memuat peralatan yang ringkas untuk kebutuhan memadamkan api dalam skala yang tidak terlalu besar.

Baca Juga: Mobil Harian Bermesin Balap, Banderolnya Rp50 Jutaan

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya