Comscore Tracker

Serba-Serbi Mobil 4WD, Apa Saja Sih Kelebihannya?

Buat kamu yang doyan melibas tanjakan curam

Jakarta, IDN Times - Bayak hal yang harus kamu perhatikan sebelum membeli mobil, seperti desain, mesin, dan sistem penggerak rodanya. Soal desain dan mesin, kamu bisa menyesuaikan dengan selera dan kebutuhan.

Misalkan kamu lebih sering beraktivitas sendiri atau berdua di dalam kota, maka kamu akan lebih membutuhkan mobil hatchback dengan kubikasi mesin yang tidak terlalu besar. Sehingga mobil tersebut menjadi efisien penggunannya.

Lalu bagaimana dengan sistem penggerak roda? Sistem penggerak roda terbagi menjadi dua, yakni 2WD (two wheel drive) dan 4WD (four wheel drive).

2WD banyak ditemukan pada mobil sedan dan MPV. Sedangkan sistem 4WD atau 4x4 biasa ditemukan pada mobil-mobil off-road. Kendaraan tipe ini cukup banyak diminati di Indonesia karena kontur jalan yang tidak sepenuhnya rata dan banyak yang terjal.

Berikut adalah fakta menarik lainnya seputar mobil 4WD.

1. Gak perlu cemas saat melihat tanjakan curam

Serba-Serbi Mobil 4WD, Apa Saja Sih Kelebihannya?PT MMKSI

Tanjakan terjal bisa menjadi sangat mengerikan. Tapi tidak jika kamu menggunakan mobil berpenggerak 4 roda. Sebab keempat roda mobil akan berputar sehingga menghasilkan tenaga dorong yang lebih besar dibandingkan mobil berpenggerak 2 roda.

Karena itu mobil berpenggerak 4 roda banyak digunakan di ajang off road. Sehingga, kalau daerah yang kamu lewati lebih banyak tanjakan terjal atau jalur off road, mobil berpenggerak 4 roda harus kamu pertimbangkan.

Baca Juga: Tiga Mobil SUV Pilihan: Pajero Sport, Fortuner, Isuzu MuX Paling Beda!

2. Mobil 4WD juga memiliki opsi 2WD

Serba-Serbi Mobil 4WD, Apa Saja Sih Kelebihannya?/www.popularmechanics.com

Setiap mobil 4WD biasanya dibekali dengan alat bernama transfer case. Alat ini fungsinya untuk membagi daya di antara kedua penggerak roda depan dan belakang.

Oleh karena itu, mobil 4WD bisa mengoperasikan gerak dua roda atau 2WD saja. Cara pakainya sederhana, cukup geser tuas atau tombol tertentu yang bisa digunakan.

3. Bagaimana tren pasar mobil 4WD?

Serba-Serbi Mobil 4WD, Apa Saja Sih Kelebihannya?IDN Times/Dwi Agustiar

Sebenarnya, penjualan unit mobil 4WD sudah menurun sejak 2014 silam. Salah satu alasannya karena harganya yang jauh lebih mahal dari mobil 2WD. Selain itu pajak tahunannya juga lumayan bikin meringis.

Tapi saat ini tren mobil 4WD mulai bergeliat lagi. Ini bisa dilihat dari banyaknya SUV modern berpenggerak 4 roda yang diluncurkan pabrikan otomotif. Salah satunya adalah Suzuki Jimny terbaru yang pembelinya bahkan harus antre bertahun-tahun.

Baca Juga: Suzuki Tutup Inden Jimny, Harga Bekasnya Kini Meroket

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya