Comscore Tracker

Toyota Rush vs Raize, Ini Kekurangan dan Kelebihannya

Keduanya menyasar segmen pasar yang berbeda

Jakarta, IDN Times - Ada mobil SUV Toyota yang saat ini sedang naik daun, yakni Rush dan Raize. Keduanya masuk dalam kategori compact SUV yang cocok digunakan di perkotaan. Walau berada di segmen yang sama namun kedua mobil ini berbeda, baik dari segi desain maupun spesifikasi mesin.

Apa saja perbedaan di antara Rush dan Raize? Yuk, kita bedah! 

1. Tingkat konsumsi bahan bakar

Toyota Rush vs Raize, Ini Kekurangan dan Kelebihannyacarguide.ph

Pertama dari segi konsumsi bahan bakarnya. Saat menempuh jarak sejauh 200 kilometer, tingkat konsumsi bahan bakar Toyota Rush mencapai angka 11,4 kpl. Sedangkan Toyota Raize bisa menempuh jarak 150 kilometer dengan konsumsi bahan bakar sebesar 14,7 kpl.

Tingkat konsumsi bahan bakar keduanya masih tergolong sesuai hasil uji internal kedua mobil yang berkisar antara 13,8 hingga 18 kpl.

Baca Juga: Kenapa Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Pakai Mesin Tiga Silinder?

2. Spesifikasi mesin

Toyota Rush vs Raize, Ini Kekurangan dan Kelebihannyamotor1.com

Selanjutnya, kita akan membandingkan spesifikasi kedua SUV buatan Toyota ini. Pertama, Toyota Rush dibekali mesin 2NR-VE 1.5 L yang punya kemampuan akselerasi dari 0-100 km/jam hanya 11 hingga 12 detik saja. Berkat mesin Dual VVT-i, Rush mampu menghasilkan tenaga hingga 104 PS dan torsi sebesar 13,9 kgm. Daya yang dihasilkan mesin disaluran ke roda depan melalui pilihan transmisi manual 5-percepatan atau otomatis 4-percepatan.

Untuk Toyota Raize sendiri sudah dilengkapi dua pilihan mesin, yaitu 1.0 liter turbo dan 1.2 liter Naturally Aspirated (NA). Tipe pertama mengusung varian mesin 1KR-VET 3 silinder Turbo, In-line 12 Valve DOHC plus CVT. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 96,6 Hp per 6.000 rpm dan torsi 140 Nm per 2.400 hingga 4.000 rpm. Sedangkan untuk tipe kedua mengusung mesin 1.2 liter NA berkode WA-VE 3 silinder dan mampu menghasilkan tenaga maksimal 86 tk dan torsi 112,7 Nm.

3. Harga dan target pasar

Toyota Rush vs Raize, Ini Kekurangan dan KelebihannyaUc Browser

Berdasarkan segmen pasarnya, Toyota Rush lebih menyasar pada keluarga muda yang membutuhkan kendaraan dengan tempat duduk yang lebih banyak. Sedangkan untuk Toyota Raize sendiri mengisi segmen pasar anak muda yang memiliki jiwa petualang.

Untuk harganya sendiri, Toyota Rush 2021 dibanderol mulai dari Rp 240,5 juta hingga varian termahalnya Rp 260,8 juta. Sementara itu, Toyota Raize tipe terendahnya dibanderol Rp 202,7 juta dan untuk tipe tertingginya Rp 265,9 juta. Harga keduanya merupakan OTR DKI Jakarta ya. 

Jadi, apakah kamu sudah memutuskan untuk membawa pulang Toyota Rush atau Raize?

Baca Juga: Begini Canggihnya Fitur Radar dan Sensor di Toyota Raize

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya