Comscore Tracker

5 Etika Saat Mengendarai Mobil, Wajib Diketahui Semua Pengendara

Kadang masih banyak orang yang lupa

Dalam berkendara kita perlu memerhatikan kenyamanan dan keselamatan orang lain, karena jalanan adalah milik umum sehingga kita perlu berbagi dan bersikap baik kepada sesama pengguna jalan. Terkadang banyak pengguna jalan khususnya pengguna mobil yang lupa bagaimana sebaiknya beretika saat di jalan.

Nah, di artikel ini akan dibahas apa saja etika yang diperlukan seorang pengendara mobil saat melaju di jalanan. Yuk, simak!

1. Memberikan ruang gerak untuk pengendara lain

5 Etika Saat Mengendarai Mobil, Wajib Diketahui Semua PengendaraDigitaltrends.com

Jalan raya digunakan oleh banyak orang sehingga kamu nggak bisa semena-mena dalam menggunakannya. Berilah jalan kepada orang lain yang ingin mendahului. Patuhilah marka jalan agar orang lain nggak kebingungan saat berada di dekat kendaraanmu. Jangan pula berhenti sembarangan yang bisa mengganggu pengguna jalan lain untuk lewat.

2. Bunyikan klakson pada tempatnya

5 Etika Saat Mengendarai Mobil, Wajib Diketahui Semua PengendaraWorldwidemarketnow.com

Klakson diciptakan untuk membantu komunikasi antar pengendara dengan orang lain yang ada di luar kendaraannya. Namun pada kenyataannya, kita sering berlebihan dalam menggunakan klakson.

Seperti di lampu merah contohnya, saat lampu berubah menjadi hijau, orang-orang berlomba-lomba untuk membunyikan klakson agar bisa segera lewat. Padahal butuh waktu untuk berjalan saat lampu mulai hijau.

Dalam menggunakan klakson juga sebaiknya diatur kekencangan suaranya dari cara kita menekan tombol agar nggak mengganggu dan menimbulkan prasangka orang lain jika dibunyikan terlalu keras.

3. Hindari penggunaan aksesori yang mengganggu

5 Etika Saat Mengendarai Mobil, Wajib Diketahui Semua PengendaraCarcrushing.com

Aksesori yang berlebihan seperti memasang stiker yang mengganggu, spoiler ekstra besar hingga penggunaan lampu yang diubah warnanya tidak baik untuk pengguna jalan lain. Karena selain tidak sesuai dengan rekomendasi pabrikan mobil, juga bisa membahayakan pengguna jalan lainnya lho.

Penggunaan aksesori yang berlebihan bisa mengalihkan konsentrasi orang lain dan menimbulkan kecelakaan. Jadi gunakan aksesori mobil sewajarnya, ya.

Baca Juga: 5 Perlengkapan yang Wajib Digunakan Sebelum Mengendarai Motor

4. Menggunakan rem dengan cara yang bijak

5 Etika Saat Mengendarai Mobil, Wajib Diketahui Semua PengendaraGetjerry.com

Rem diciptakan untuk mengurangi kecepatan, sehingga melakukan rem mendadak agar mobil segera berhenti adalah hal yang kurang baik bagi mobil dan bagi kendaraan lain. Rem mendadak bisa menyebabkan kecelakaan karena respon pengendara lain yang membutuhkan waktu lebih lama untuk melakukan pengereman juga.

Sehingga sebaiknya kamu melakukan pengereman dari jarak yang cukup aman sebelum berhenti ke tempat yang kamu tuju.

5. Tidak melakukan hal lain selama mengemudi

5 Etika Saat Mengendarai Mobil, Wajib Diketahui Semua PengendaraFreepik.com/freepik

Menggunakan ponsel, memakai makeup, mencari barang di laci dashboard hingga menonton video sambil menyetir adalah hal yang berbahaya jika dilakukan. Sebaiknya jangan lakukan hal lain saat menyetir, berkonsentrasilah ke jalan karena ada banyak hal-hal yang nggak bisa kita perkirakan yang bakal terjadi jika kamu lengah.

Menggunakan ponsel saat lampu merah juga kurang baik, karena konsentrasimu terganggu dan bisa membuat kamu nggak sadar jika lampunya sudah berubah menjadi hijau.

Itulah etika-etika yang perlu kamu ketahui dan perlu kamu terapkan saat mengendarai mobil. Yuk, bersama-sama menjadi pengendara yang sadar dan peduli kepada pengguna jalan lainnya!

Baca Juga: Aman di Jalan, Ini 5 Tips Mengendarai Mobil Bagi Perempuan Hamil

Rijalu Ahimsa Photo Community Writer Rijalu Ahimsa

Member IDN Times Community ini sudah tidak malu-malu lagi menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You